Bunda Wajib Tahu, 9 Tips Traveling untuk Bayi MPASI

tips traveling bayi mpasi

Libur telah tiba dan Anda pasti memiliki rencana traveling yang ingin direalisasikan. Namun, liburan kali ini berbeda karena Anda akan ditemani bayi yang sedang memasuki masa MPASI-nya. Bagi Anda yang pertama kali menjadi orang tua, tentu hal ini cukup merepotkan karena banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tidak perlu khawatir karena Anda cukup mengikuti tips traveling bayi MPASI yang akan dijelaskan di dalam artikel ini.

Bukan hanya traveling, tuntutan ibu yang sering bekerja tentu membuat Anda bingung dalam mempersiapkan MPASI untuk si kecil. Kami mengerti kekhawatiran Anda, jadi bacalah artikel 7 Tips MPASI Working Mom Anti Ribet supaya lebih praktis dalam mempersiapkan makanan si kecil. Jangan lupa untuk menggunakan Kalkulator Gizi agar Anda bisa menghitung porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum traveling bersama si kecil yang sedang berada dalam masa MPASI? Cari tahu selengkapnya di artikel ini.

Bolehkah Bayi Dibawa Perjalanan Jauh?

Masih banyak orang tua yang ragu membawa bayinya untuk perjalanan jauh. Padahal, boleh saja membawa bayi traveling asalkan usianya sudah menginjak satu bulan atau berat badannya mencapai 4 kilogram. Namun, para pakar sepakat bahwa usia terbaik membawa bayi keluar rumah adalah setelah mencapai usia tiga hingga enam bulan karena sistem kekebalan tubuhnya telah terbentuk sempurna. Selain itu, bayi juga sudah mendapatkan sejumlah vaksinasi wajib pada usia tersebut.

Bayi yang masih muda rentan terinfeksi kuman dari lingkungan sekitarnya, terutama dari orang yang berkumpul di tempat umum. Bayi juga masih sensitif terhadap perubahan suhu lingkungan sehingga tidak bisa berada di lingkungan yang terlalu panas, lembap, atau dingin. Bagi bayi prematur, usia menjadi 2-3 bulan merupakan waktu yang tepat untuk diajak traveling asalkan memiliki kondisi kesehatan yang stabil dan tidak mengalami gangguan paru atau jantung.

Baca juga: Ini Dia Bunda, 13 Rekomendasi Alat Makan MPASI untuk Bayi

Tips Traveling Bayi yang Sedang MPASI

tips menyiapkan MPASI saat travelling

Apakah bayi Anda sudah memenuhi syarat perjalanan jauh yang telah disebutkan di atas? Jika ya, lakukan saja tips traveling untuk bayi MPASI dalam daftar berikut ini.

1. Bawa Peralatan MPASI yang Dibutuhkan

Tips MPASI saat traveling yang pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan MPASI seperti piring, gelas, sendok, dan garpu wajib dibawa saat sedang berlibur.

Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan camilan atau finger food untuk dinikmati oleh si kecil selama perjalanan. Jika diperlukan, Anda bisa membawa kursi makan portabel untuk bayi supaya si kecil tetap bisa makan dengan tenang.

2. Langsung Beli Bahan Makanan MPASI

Sesampainya di tempat tujuan, segeralah mengunjungi pasar atau supermarket untuk membeli bahan makanan MPASI. Langkah ini tentu lebih praktis daripada membawa bahan makanan MPASI dari rumah. Traveling merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan beragam makanan pada bayi. Namun, jangan memperkenalkan terlalu banyak rasa dan jenis makanan karena bisa meningkatkan risiko alergi pada bayi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak mengenai frekuensi pengenalan makanan baru yang bisa diterapkan.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

3. Jangan Lupa Membawa Tisu Basah

Tentu Anda merasa waswas apabila tempat makan yang ingin dikunjungi kurang steril sehingga tidak aman untuk bayi. Jangan khawatir, Anda bisa membawa tisu basah untuk membersihkan area makan terlebih dahulu. Pilihlah tisu basah yang mengandung fungsi antibakteri agar bisa membersihkan meja dengan lebih optimal.

4. Lakukan Riset Jika Berlibur ke Luar Negeri

Pertanyaannya, bagaimana jika Anda memutuskan untuk berlibur ke luar negeri? Lakukan riset terlebih dahulu mengenai bahan makanan yang tersedia dan lokasi yang tepat untuk membelinya. Pastikan Anda memiliki informasi yang lengkap tentang bahan makanan MPASI sebelum berangkat. Anda bisa bergabung ke forum untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat dan sesuai dengan pengalaman nyata.

Baca juga: 6 Tips MPASI Saat Bepergian Anti Ribet

5. Tempatkan MPASI di Tempat yang Tepat

Pastinya Anda tidak ingin MPASI yang dibawa tumpah dan mengotori barang-barang lainnya. Solusinya, Anda perlu menempatkan MPASI di area yang tepat. Pertama, gunakan wadah makanan yang sesuai dengan ukuran bekal yang dibawa. Pastikan pula untuk memosisikan bekal tersebut dengan benar agar makanan di dalamnya tidak tumpah. Lebih ideal jika Anda menggunakan tas khusus untuk menyimpan bekal makanan.

6. Cobalah MPASI Beku Dan Buah Buahan

Anda dapat membawa buah-buahan segar DAN MPASI yang sudah dibekukan dengan cara memasaknya terlebih dahulu di rumah dan menyimpannya dalam wadah tertutup di kulkas.

Selama perjalanan, simpan MPASI beku dalam cooler bag bersama es batu, dan setibanya di tujuan, Anda bisa merendamnya dalam air selama 10-20 menit atau menghangatkannya di microwave. Untuk buah-buahan, bawa jenis yang cocok untuk dijadikan bubur puree, seperti pisang dan alpukat, dan simpan dalam kotak makan bersih, apabila bayi Anda belum belum mengonsumsi makanan padat.

Baca juga: 7 Tips agar Bayi Mau Makan MPASI buatan Bunda, Cek Yuk!

7. Cobalah Membawa Finger Food

Makanan finger food dalam bentuk buah dan sayur merupakan opsi MPASI yang praktis untuk traveling. Selain itu, makanan finger food lebih sehat untuk si kecil asalkan porsinya cukup agar tidak kelaparan jika terjadi keterlambatan dalam perjalanan.

8. Sediakan Makanan Instan sebagai Alternatif

Apabila tidak sempat menyiapkan MPASI, jangan khawatir. Anda bisa membeli makanan instan yang bisa diperoleh di supermarket. Namun, pastikan makanan instan tersebut sudah terjamin keamanannya. Tetaplah mengusahakan untuk membawa MPASI buatan sendiri agar lebih keamanan dan kualitas bahan-bahannya tetap terjaga dengan baik.

9. Tetaplah Optimis dan Jangan Stres

Wajar saja jika Anda merasa khawatir atau cemas ketika membawa si kecil yang sedang MPASI traveling. Hilangkan rasa cemas tersebut dan tetaplah optimis. Lagi pula, bayi selalu belajar makan sendiri tanpa mengenal tempat, jadi Anda hanya fokus mempersiapkan MPASI untuk si kecil. Liburan pun menjadi lebih menyenangkan ketika Anda merasa rileks dan tenang ketika membawa si kecil.

Cara Menyimpan MPASI Tanpa Kulkas

Cara Menyimpan MPASI Tanpa Kulkas

Salah satu pertanyaan yang menghantui benak Anda adalah bagaimana cara menyimpan MPASI tanpa kulkas? Lakukan empat cara di bawah ini supaya MPASI tetap awet selama perjalanan berlangsung.

1. Gunakan Toples Plastik atau Termos

MPASI yang dibuat bisa disimpan dalam toples plastik atau termos. Namun, bahan plastik yang digunakan harus bebas BPA dan memiliki tutup yang kedap udara. Perlu diingat bahwa makanan yang disimpan dalam toples plastik hanya bisa bertahan selama tujuh jam di suhu ruangan. 

2. Gunakan Pouch

Selain toples plastik, Anda juga bisa menggunakan pouch yang praktis untuk dibawa bepergian. Pasalnya, Anda bisa mengambil beberapa sendok makan terlebih dahulu dari pouch dan sisanya bisa disimpan lagi untuk dimakan berikutnya. Selain itu, pouch juga memiliki tampilan transparan sehingga memudahkan untuk mengingat jenis makanan yang disimpan. Pastikan untuk mencantumkan waktu kedaluwarsa pada pouch tersebut, maksimum 7 jam sejak masa penyajian.

3. Pastikan Wadah dan Alat Makan Bersih dan Kering

Ketika menyajikan MPASI, tetaplah menjaga peralatan makan yang digunakan tetap bersih dan kering. Sebelum digunakan, Anda bisa membersihkan peralatan makan terlebih dahulu dengan spons atau alat pembersih khusus. Selain itu, pastikan untuk memisahkan alat-alat tersebut dari bahan makanan mentah dan matang.

Baca juga: 6 Cara Menyimpan MPASI yang Benar, Jangan Sampai Salah!

4. Kenali Karakteristik Makanan

Anda juga harus mengenali karakteristik bahan makanan agar bisa disimpan dengan cara yang tepat. Beberapa jenis makanan bisa disimpan lebih lama, sementara jenis makanan yang lain lebih disarankan untuk segera dihabiskan karena bisa mengubah rasa, aroma, tekstur, dan gizi yang terkandung di dalamnya.

Telur, nasi, kentang, tahu, dan beberapa jenis buah seperti melon, pepaya, pisang, alpukat, dan anggur, jika disimpan terlalu lama akan mengubah rasa dan warnanya. Jadi, hindari membuat stok dari bahan-bahan tersebut dan berikan untuk satu kali makan saja pada bayi.

Rekomendasi MPASI Bayi saat Traveling

Rekomendasi MPASI Bayi Saat Traveling

Pertanyaannya, menu MPASI apa yang ideal untuk dibawa pada saat traveling? Ikuti lima rekomendasi di bawah ini.

1. Sayur Rebus

Anda bisa membawa sayuran rebus sebagai alternatif bekal saat bepergian karena lebih tahan lama dan pastinya sehat untuk si kecil. Beberapa sayuran yang dapat digunakan adalah brokoli, wortel, buncis, kembang kol, kacang hijau, kacang polong dan ubi karena sayuran tersebut tidak mudah membusuk. Anda bisa melengkapinya dengan daging karena makanan ini juga bisa bertahan lama.

2. Kentang dan Telur Rebus

Kentang dan telur rebus yang mengandung karbohidrat dan vitamin yang baik untuk bayi juga bisa dijadikan pilihan makanan agar bayi tetap bugar selama traveling. Sebelum diberikan kepada bayi, makanan ini sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu agar lebih mudah ditelan.

3. Jus Buah

Anda juga bisa membawa jus buah untuk mengatasi rasa lapar pada bayi selama perjalanan jauh. Beberapa jenis buah yang dapat dijadikan jus adalah apel, melon, alpukat, dan pepaya. Simpan jus buah di dalam botol susu agar si kecil lebih mudah meminumnya.

4. Sereal

Sereal juga bisa menjadi pilihan MPASI untuk bayi yang berusia 1 tahun karena kaya gizi. Bawalah beberapa kotak sereal dengan varian yang berbeda agar bayi tidak merasa bosan. Penyajiannya pun mudah, sehingga Anda tidak akan repot dalam menghidangkannya.

5. Food Powder Crystal of the Sea

Shrimp Powder Box of 10 Sachets

MPASI yang dibuat akan lebih lezat dengan tambahan food powder dari Crystal of the Sea. Food powder juga tersedia dalam bentuk sachet sehingga lebih mudah dicampurkan ke MPASI ketika perjalanan jauh, seperti Shrimp Powder Box of 10 Sachets. Ukurannya yang kecil juga tidak memakan tempat sehingga praktis dibawa ke mana pun. Segera dapatkan produknya hanya di website Crystal of the Sea!

Itulah tips traveling bayi MPASI yang bisa Anda terapkan. Selamat berlibur dan semoga si kecil selalu sehat!

Produk Crystal Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-bayi/batas-usia-aman-bagi-bayi-untuk-dibawa-bepergian
  • https://temanggung.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-2614986057/6-cara-menyimpan-mpasi-tanpa-kulkas-dengan-mudah
  • https://www.finansialku.com/mpasi/
  • https://www.wandermustfamily.com/weaning-while-travelling-our-top-tips/
  • https://www.yummy.co.id/artikel/nutrisi/cara-menyimpan-mpasi-tanpa-kulkas
  • https://merries.co.id/community-parenting/tumbuh-kembang/libur-telah-tiba-begini-tips-menyiapkan-mpasi-saat-traveling
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Kesehatan tulang memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Tulang bukan hanya …

Tidak terasa si kecil sudah tujuh bulan hadir di kehidupan Anda. Sebagai seorang ibu, …

Mengatasi alergi pada anak bisa menjadi tantangan besar bagi setiap orang tua. Bayangkan, Anda …