Ini Dia Bunda Rekomendasi Alat Makan MPASI untuk Bayi

Rekomendasi Alat Makan MPASI

Persiapan dan pemilihan alat makan menjadi hal yang tak bisa diabaikan ketika bayi Anda memasuki fase MPASI. Pertanyaannya, sudahkah Anda mengetahui pentingnya memiliki alat makan MPASI yang tepat? Rekomendasi alat makan MPASI yang dibutuhkan tidak hanya sekadar sendok, garpu, botol minum, dan mangkuk. Orang tua harus mempersiapkan peralatan makan MPASI yang terbuat dari bahan yang aman untuk kesehatan bayi Anda.

Sebelum mengulas daftar rekomendasi alat makan MPASI, Anda bisa membaca artikel 6 Tips MPASI Saat Bepergian Anti Ribet sebagai bentuk persiapan untuk menyambut liburan nanti. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Kalkulator Gizidari Crystal of the Sea untuk mengetahui kandungan gizi dari MPASI yang akan diberikan untuk si kecil.

Selain menu MPASI yang tepat dan sesuai usia si kecil, Anda juga harus memilih alat makan dengan bahan yang baik dan tidak menimbulkan risiko kesehatan. Pemilihan alat makan yang salah dapat menyebabkan si kecil mengalami keracunan atau alergi makanan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih alat makan dari bahan yang aman dan mudah dibersihkan. 

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Anda mungkin bingung memilih yang terbaik dengan banyaknya pilihan alat makan MPASI yang tersedia di pasaran. Jangan khawatir, Crystal of the Sea akan memberikan rekomendasi alat makan MPASI terbaik yang memudahkan proses pemberian makanan untuk bayi Anda. Mari kita lihat deretan alat makan MPASI terbaik di artikel ini!

Rekomendasi Alat Makan MPASI yang Wajib Dimiliki

set peralatan makan (feeding set) bayi MPASI

Pemilihan alat makan MPASI untuk bayi juga harus memperhatikan bahan dari jenis barang yang akan dibeli. Tubuh bayi berusia 6 bulan masih sensitif sehingga Anda harus jeli dalam memilih alat makan yang tepat. Berikut barisan rekomendasi alat makan MPASI yang wajib Anda miliki di rumah.

1. Piring dan Mangkuk Makan

Usahakan untuk memilih piring yang dilengkapi suction. Piring makan akan terus melekat pada meja makan sehingga tidak mudah terbalik atau terjatuh saat si kecil sedang makan. Untuk mangkuk, pilihlah yang memiliki cekungan dalam agar makanannya tidak mudah tumpah. Piring dan mangkuk juga harus memiliki sertifikasi BPA free yang aman digunakan bersama makanan bayi.

Baca juga: 10 Resep MPASI 1 Tahun Anti GTM, Lezat, Bergizi dan Anak Suka

2. Sendok dan Garpu

Peralatan makan bayi sendok dan garpu

Peralatan makan berikutnya yang harus Anda miliki adalah sendok dan garpu. Pilihlah sendok dan garpu yang memiliki pegangan yang nyaman dan dirancang agar sesuai dengan mulut bayi.

Pastikan sendok dan garpu yang digunakan cukup lembut untuk gusi agar si kecil tidak kesakitan. Anda juga dapat memilih sendok dan garpu yang terbuat dari stainless steel food-grade agar aman untuk si buah hati.

3. Botol Minum Ergonomis

Bayi berusia 6 bulan sebaiknya dilengkapi dengan botol minum dengan bentuk dot pada bagian ujungnya. Botol minum ergonomis memiliki handle atau pegangan pada kedua sisinya untuk memudahkan buah hati Anda ketika minum. Si kecil pun dapat belajar minum sendiri sekaligus mengembangkan kemampuan motoriknya dengan botol minum ergonomis.

Baca juga: 11 Rekomendasi Buku MPASI Terbaik untuk Panduan Anda

4. Celemek Silikon

Celemek makan yang ideal untuk bayi yang memasuki fase MPASI sebaiknya terbuat dari material silikon dan katun. Selain itu, bagian bawah celemeknya harus dilengkapi kantung atau cekungan untuk menjaga makanan supaya tidak tercecer ke lantai. Pastikan celemek tersebut dilengkapi kancing atau strap yang mudah diatur. Anda juga bisa membeli 2-3 celemek untuk cadangan.

5. Kursi Makan (High Chair)

Baby high chair merupakan salah satu peralatan makan MPASI yang tidak boleh dilewatkan supaya si kecil belajar makan sendiri. Selain itu, si kecil juga tidak akan ketergantungan karena Anda sering memberikannya MPASI sambil digendong. Pilihlah high chair yang mudah dibersihkan dan tidak terbuat dari kain karena sulit untuk dibersihkan sehingga menjadi sarang berkumpulnya kuman dan bakteri. Pastikan ketinggian dan jarak antara kursi dengan mejanya tidak terlalu lebar agar lebih mudah menjangkau makanannya.

6. Lunch Box

Peralatan makan bayi lunch box

Alat makan MPASI ini wajib dimiliki ketika keluarga sedang bepergian. Pilihlah tempat makan dengan bentuk yang unik dan warna yang cerah supaya si kecil tetap mau makan meski sedang lelah akibat perjalanan jauh. Bagian dalam lunch box sebaiknya dibuat bersekat untuk memisahkan bahan MPASI yang akan diberikan supaya tidak tercampur.

Baca juga: 15 Rekomendasi MPASI untuk Bayi 6 Bulan

7. Botol Sendok

Pada awal masa MPASI, Anda bisa menggunakan botol sendok untuk mempermudah menyuapi si kecil. Botol sendok juga cukup praktis karena makanan mudah keluar ketika ditekan sekali. Alat makan MPASI ini memang menguntungkan karena makanan tidak akan tercecer. Namun, jangan sering menggunakan botol MPASI supaya si kecil bisa belajar makan sendiri dengan sendok dan garpu.

8. Squeeze Feeder

Squeeze feeder adalah alat makan MPASI yang berbentuk seperti dot, tetapi bagian ujungnya mirip seperti sendok. Peralatan ini wajib dimiliki supaya si kecil belajar makan sendiri. Alat makan ini bisa diisi dengan puree buah atau sayur sehingga mudah mengalir ke mulut si kecil. Pilih squeeze feeder yang terbuat dari bahan silikon dan bentuknya pas ketika digenggam oleh si kecil.

Baca juga: 7 Tips MPASI Working Mom Anti Ribet

9. Blender MPASI

Bukan hanya alat makan, Anda juga perlu memperlengkapi diri dengan alat masak yang aman untuk membuat MPASI. Pilih blender dengan mata pisau yang cukup tajam supaya makanan yang dibuat memiliki tekstur halus sehingga mudah dicerna oleh bayi. Blender juga harus dilengkapi sendok supaya Anda bisa menakar porsi MPASI yang akan diberikan untuk si kecil.

10. Food Maker

Food maker berguna untuk menumbuk dan menyaring makanan agar tidak ada bahan MPASI yang terlalu keras sehingga si kecil tersedak. Alat makan ini juga bisa mengatur tekstur MPASI yang ingin dibuat sesuai dengan usia si kecil. Jadi, Anda bisa terus menggunakannya sampai si kecil berusia 2 tahun. Anda bisa menemukan food maker berukuran kecil sehingga praktis dibawa ketika hendak bepergian.

11. Slow Cooker

Feeding set slow cooker

Untuk memasak MPASI, Anda perlu menggunakan slow cooker daripada peralatan masak yang biasa digunakan. Slow cooker sangat cocok untuk membuat menu MPASI yang bisa disantap dari pagi hingga siang. Alat masak ini juga lebih efektif dalam menghaluskan bahan makanan sehingga si kecil bisa menyantapnya dengan mudah.

Baca juga: 13 Menu MPASI 11 Bulan yang Bergizi untuk Si Kecil

12. Sterilizer

Alat makan MPASI yang digunakan tidak cukup hanya dicuci saja. Anda juga memerlukan sterilizer untuk mematikan kuman yang bersarang. Sterilizer tersedia dalam ukuran besar sehingga Anda bisa memasukkan semua peralatan makan MPASI yang digunakan oleh si kecil. Tenang saja, waktu untuk mensterilkan peralatan makan membutuhkan 10 menit saja.

13. Empeng Buah

Empeng buah atau fruit feeder berguna supaya bayi bisa makan sendiri sekaligus melatih otot tangannya. Perbedaannya dengan squeeze feeder adalah Anda bisa memasukkan potongan buah di dalamnya, sementara squeeze feeder lebih cocok untuk puree. Air dan sari buah di dalamnya akan keluar melalui lubang kecil pada bagian nipple dan dapat disantap oleh si kecil.

Apa Beda Food Processor dan Blender?

Food processor dan blender adalah dua alat yang umum digunakan dalam mengolah Makanan Pendamping ASI (MPASI), namun keduanya memiliki perbedaan dalam fungsinya.

Food processor biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis pisau dan aksesoris yang dapat digunakan untuk mengolah makanan. Alat ini dapat menggiling, menghaluskan, mencampur, dan mengiris makanan dengan berbagai tingkat kehalusan. Oleh karena itu, food processor cocok untuk mengolah makanan dengan tekstur yang lebih kompleks, seperti menghancurkan daging atau menggiling biji-bijian.

Adapun blender umumnya memiliki pisau tajam dan wadah berbentuk mangkuk yang cocok untuk mencampur dan menghaluskan makanan menjadi tekstur yang lebih halus. Blender lebih efektif dalam mengolah makanan yang memiliki konsistensi cair, seperti puree buah dan sayuran.

Pilihan antara food processor dan blender pembuatan MPASI tergantung pada jenis makanan yang ingin Anda olah. Jika Anda ingin mengolah makanan dengan tekstur yang lebih kompleks, food processor dapat menjadi pilihan yang lebih sesuai. Namun, jika Anda lebih fokus pada puree dan tekstur yang halus, blender mungkin menjadi pilihan yang lebih praktis.

Baca juga: Kenali Tips agar Bayi Mau Makan MPASI buatan Bunda

Bubuk Ikan Teri Nasi Non-MSG

Banyak sekali daftar rekomendasi alat makan MPASI yang harus Anda miliki, ya. Selain alat makan, Anda juga harus mempersiapkan diri memasuki masa istimewa ini dengan memiliki bahan MPASI yang tepat. Salah satunya adalah Bubuk Ikan Teri Nasi Non-MSG dari Crystal of The Sea yang bisa ditaburkan ke atas MPASI supaya si kecil lebih lahap menyantapnya. Food powder ini memiliki kandungan Omega-3, DHA, dan kalsium yang mendukung pertumbuhan si kecil. Dapatkan produknya sekarang juga hanya di Tokopedia atau Shopee!

Produk Crystal Sea

Sumber rujukan:

  • https://nakita.grid.id/read/023532323/10-rekomendasi-alat-makan-bayi-terbaik-yang-bisa-moms-siapkan?page=all
  • https://www.orami.co.id/magazine/rekomendasi-peralatan-makan-bayi
  • https://www.ruparupa.com/blog/peralatan-makan-bayi
  • https://www.babycentre.co.uk/x25022984/what-equipment-do-i-need-for-baby-led-weaning
  • https://sinarhimalaya.com/news/mesin-dan-perlengkapan/perbedaan-blender-dan-food-processor/
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Kesehatan bayi adalah prioritas utama bagi orang tua, dan gizi memainkan peran penting dalam …

Tidak jarang Bunda mengalami dilema setelah melahirkan. Di satu sisi, Bunda ingin segera menurunkan …

Memikirkan ide-ide baru untuk makanan MPASI 9 bulan memang tidak mudah. Anda pasti merasa …