15 Contoh Jajanan Sehat untuk Anak yang Bisa Anda Buat di Rumah

Contoh Jajanan Sehat untuk Anak

Menyediakan camilan bagi si buah hati memang gampang-gampang susah. Mereka kerap merasa bosan dengan menu snack yang monoton, padahal camilan yang disantap haruslah sehat dan bergizi. Lantas, ide snack sehat apa yang membuat si kecil tertarik dan tidak bosan? Crystal of the Sea akan membagikan contoh jajanan sehat untuk anak sebagai inspirasi Anda.

Mengapa Harus Memilih Jajanan yang Sehat?

Mengapa Harus Memilih Jajanan yang Sehat

Tidak hanya jam makan utama, Anda pun wajib memperhatikan faktor kesehatan camilan untuk disantap sebagai selingan. Salah memilih hidangan justru dapat berakibat pada terganggunya kesehatan mereka. Lihatlah penjelasan di bawah ini supaya Anda dapat memahami alasannya lebih jelas.

1. Pencernaan Tidak Terganggu

Faktanya, jajanan yang dijual di pinggir jalan tidak sehat lantaran sudah tercemar oleh polusi udara. Jajanan pun gampang dihinggapi kuman dan bakteri karena tempatnya kurang bersih. Anak akan terkena diare, disentri, dan masalah pencernaan lainnya akibat jajanan yang kurang higienis.

2. Kinerja Otak Meningkat

Beberapa menu jajanan mengandung nutrisi yang mendukung kinerja otak, khususnya protein. Contohnya, telur gulung atau bakso dengan filling telur. Namun, pastikan jajanan tersebut tidak dimasak dengan minyak jelantah karena berbahaya bagi kesehatan si buah hati.

3. Penambah Energi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tubuh anak makin berenergi setelah menyantap camilan. Biasanya, sumber energi tersebut ditemukan pada makanan manis. Namun, Anda dapat menggantinya dengan camilan sehat dengan sedikit karbohidrat seperti kentang goreng.

4. Porsi Camilan Tidak Banyak

Porsi jajanan yang dikonsumsi berpengaruh pada selera makan si kecil. Adapun porsi menu makanan utama sang anak tidak akan berlebih jika mereka mengonsumsi camilan sehat dan berserat. Selain itu, camilan dapat menjadi pengganjal perut andalan supaya anak tidak mengalami mag kronis akibat perut kosong terlalu lama.

Baca juga: Memahami Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun

15 Contoh Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah yang Mudah Dibuat

Contoh Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah yang Mudah Dibuat dan Disukai Anak

Perasaan waswas pasti muncul di hati Anda walaupun anak sudah diajarkan untuk tidak jajan sembarangan. Anda dapat mengurangi kecemasan tersebut dengan cara menyiapkan snack sehat sebagai bekal mereka saat di sekolah. Gunakan ide di bawah ini sebagai menu jajanan sehat yang tak kalah lezat di lidah mereka.

1. Puding Buah

Daripada puding cokelat atau vanila, Anda dapat mengganti dengan puding buah yang kaya serat. Pencernaan mereka pun terjaga selagi menyantap hidangan yang menyegarkan ini.

2. Popsicle Buah

Si kecil ingin menyantap snack kala matahari sedang terik? Cobalah menyiapkan popsicle buah sebagai santapan di rumah. Anda pun dapat mencampurkan dua atau tiga buah yang diblender secara terpisah supaya lebih kaya rasa.

Baca juga: 20 Pilihan Camilan Sehat untuk Bumil yang Lezat dan Bergizi

3. Kue Dorayaki

Camilan ini pasti mengingatkan si kecil akan tokoh robot musang kesayangannya. Cara membuatnya memang mudah, tetapi Anda perlu mengurangi bahan pemanis di dalamnya. Anda pun dapat memilih selai stroberi sebagai filling-nya.

4. Salad Buah

Salad buah menjadi favorit si kecil apabila dilengkapi topping yogurt di atasnya. Sembari menyajikannya, ajarkan mereka tentang kandungan gizi masing-masing buah serta manfaatnya bagi kesehatan.

5. Kue Mochi Kacang

Kue ini akan terasa kenyal saat disantap sehingga sangat digemari oleh anak-anak. Bahan kacang sebagai filling-nya pun mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh mereka.

6. Stik Kentang

Stik kentang bisa menjadi langkah yang lebih hemat daripada membeli kentang goreng beku. Camilan ini sangat pas disantap saat jam istirahat supaya anak tidak mudah mengantuk sampai jam pulang sekolah.

7. Burger Mini

Pilihlah daging ayam dengan kandungan protein yang cukup sebagai isiannya. Pastikan porsi filling sayurnya lebih banyak karena makanan ini memiliki karbohidrat yang cukup tinggi dari patty-nya.

Baca juga: GTM (Gerakan Tutup Mulut) pada Anak: Penyebab dan Cara Mengatasinya

8. Kue Lumpur Bayam

Sehat dan unik, itulah dua kata yang menggambarkan makanan ini. Bayam pun menjadi ide brilian untuk menambah cita rasa kue daripada cokelat, vanila, atau bahan lain yang lebih manis.

9. Cheesecake

Cheesecake mengandung bahan-bahan susu sehingga memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun, hindari kadar gula yang berlebihan karena menu ini juga menggunakan kental manis.

10. Smoothie

Smoothie dapat menjadi menu minuman yang lebih sehat. Anda dapat memilih buah favorit si kecil untuk disajikan sebagai smoothie. Pastikan buahnya diblender sampai halus supaya anak tidak kesulitan menikmatinya.

11. Sandwich Selai Kacang

Tidak memiliki waktu cukup untuk menyajikan camilan? Berikan saja sandwich selai kacang yang lezat kepada mereka. Gunakan roti gandum supaya mereka merasa kenyang saat menyantapnya.

Baca juga: 10 Olahan Ikan Teri yang Praktis, Lezat, dan Bergizi

12. Telur Rebus

Makanan kaya protein ini idealnya disajikan dengan cara direbus daripada digoreng. Tambahkan sedikit garam dan merica di atasnya agar mereka tidak bosan menyantapnya.

13. Pizza Mini

Menu ini selalu membangkitkan selera makan karena topping-nya beragam. Pilihlah bahan yang kaya gizi sebagai topping pizza, mulai dari jamur, keju, daging, hingga sayuran.

Coba Gratis Produk Crystal Sea

14. Sosis Mi

Jajanan ini terbilang sehat asalkan digoreng dengan cara yang tepat. Sosis mengandung protein, sementara mi mengandung karbohidrat. Dua kandungan tersebut pasti dibutuhkan anak selama beraktivitas di sekolah.

15. Donat

Terakhir, donat bisa menjadi pilihan yang pas untuk disajikan kepada anak. Gunakan bahan yang bervariasi sebagai topping donat, contohnya dari keju, cokelat meises, dan ganache stroberi.

Tips Memilih Jajanan yang Sehat buat Si Kecil

Tips Memilih Jajanan yang Sehat buat Si Kecil

Kesulitan menemukan jajanan sehat selalu menjadi dilema bagi orang tua. Di sisi lain, mereka tidak tahan mendengar rewelan sang anak saat melihat snack idamannya. Ajarkan si kecil tips memilih jajanan sehat di bawah ini supaya mereka bisa menghindari camilan yang buruk untuknya.

1. Hindari Bahan Berbahaya

Ajarkan si kecil supaya mereka berhati-hati dalam memilih jajanan. Kenalkan berbagai jenis bahan berbahaya seperti pemanis dan pewarna buatan dan dampaknya terhadap kesehatan. Niscaya mereka akan mengetahui jajanan terbaik untuk dikonsumsi pada waktu senggang.

2. Lihat Kebersihan Pedagang atau Toko

Ajak mereka untuk selalu membeli jajanan di tempat yang bersih. Ciri-cirinya, tempat tersebut tidak berada di dekat tempat sampah atau saluran air dan jajanan tidak dihinggapi lalat atau serangga.

Pantau kebersihan pedagang melalui alat masak dan bahan yang digunakan, kebersihan pakaian, dan pastikan mereka mencuci tangan sebelum melayani pelanggan.

3. Hindari Warna Camilan yang Mencolok

Mata si kecil pasti berbinar-binar ketika menemukan jajanan yang mencolok. Namun, mereka harus tahu bahwa jajanan tersebut telah mengandung pewarna tekstil. Jauhi jajanan tersebut segera dan ajak si kecil untuk membuat jajanan sendiri di rumah karena bahannya lebih terjamin.

4. Hindari Penggunaan Koran Bekas

Bekali juga si kecil untuk menghindari makanan yang dibungkus dengan koran atau kertas bekas. Anda bisa mengajak anak untuk menyiapkan kotak makan yang aman digunakan di dalam tas sebagai wadah camilan mereka.

Baca juga: 15 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak Disertai Contoh Resep

5. Pilih Jajanan yang Tertutup Rapat

Tips terakhir untuk memilih jajanan anak yang sehat adalah dengan memastikan wadah yang digunakan tertutup rapat. Hal ini bertujuan agar jajanan yang hendak dibeli tehindar dari debu dan polusi, serta asap kendaraan bermotor.

Dengan begitu anak Anda akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti diare.

Snack Ikan Kering dari Crystal Sea yang Lezat

Snack Ikan Kering yang Lezat

Banyak sekali contoh jajanan sehat untuk anak sebagai inspirasi kreasi di rumah, bukan? Namun, bagaimana jika si kecil lebih suka makanan seafood?

Berikan saja snack ikan kering yang lezat dari Crystal of the Sea. Produknya mengandung gizi yang pasti dibutuhkan anak selama masa pertumbuhannya, khususnya Omega-3 dan Omega-6. Hubungi kami untuk mendapatkan produknya demi kesehatan buah hati Anda.

Produk Crystal Sea

Sumber rujukan:

  • https://bobo.grid.id/read/082960090/manfaat-makan-jajanan-sehat-untuk-tubuh-materi-kelas-3-sd-tema-4?page=all
  • https://sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/tips-parenting/tips-mengajarkan-si-kecil-memilih-jajanan-sehat.html 
  • https://www.briliofood.net/resep/12-resep-jajanan-sehat-untuk-anak-istimewa-enak-dan-mudah-dibuat-2006294.html
  • https://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/a40156696/healthy-snacks-for-kids/
  • https://www.frisianflag.com/milkpedia/nutrisi-dan-kesehatan/jajanan-sehat-anak-yang-bernutrisi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Ikan teri merupakan salah satu hidangan laut yang banyak disukai oleh banyak orang. Rasanya …

Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah langkah penting dalam memberikan gizi yang tepat untuk Sang …

Kandungan albumin dari ikan gabus adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan manfaat …