6 Tips MPASI Saat Bepergian Anti Ribet

Tips MPASI Saat Bepergian

Sebagai orang tua yang masih memiliki bayi, Anda harus mengetahui tips MPASI saat bepergian. Menyediakan makan untuk bayi saat sedang dalam perjalanan bisa menjadi hal yang sangat memusingkan.

Saat berada di rumah, orang tua memiliki alat dan bahan yang lengkap untuk memasak makanan untuk si kecil, tetapi situasinya akan berbeda saat berada di tempat baru saat bepergian. Anda mungkin akan kesulitan menemukan tempat yang menyediakan makanan yang cocok untuk bayi. Lantas, apa saja sih tips MPASI saat bepergian?

6 Tips MPASI Saat Bepergian

Untuk memudahkan dalam menyiapkan MPASI bagi si kecil ketika sedang bepergian, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan saat berlibur.

1. Siapkan MPASI Instan

Untuk memastikan si kecil tetap makan dengan baik saat bepergian, Anda dapat menyiapkan MPASI instan, seperti bubur, dengan aneka rasa. Pilihlah rasa yang disukai si kecil dan pastikan untuk membawa termos air hangat untuk melarutkan bubur MPASI yang telah disediakan.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan tekstur MPASI yang dibawa agar sesuai dengan usia si kecil. Bayi yang baru saja memulai MPASI disarankan untuk mengonsumsi makanan halus yang bertekstur bubur atau puree, sedangkan bila sudah terbiasa mengunyah, tekstur makanannya dapat ditingkatkan menjadi sedikit lebih kasar.

Agar MPASI instan yang disediakan bisa memiliki rasa yang lebih nikmat, coba gunakan food powder dari Crystal of the Sea. Selain menambah rasa, food powder kami juga dapat menambah nutrisi dari MPASI yang Anda sajikan untuk anak.

2. Bawa Alat Secukupnya

Apabila anak tidak suka makan bubur instan, Anda bisa membeli bahan-bahannya dan membuat bubur sendiri dalam perjalanan. Namun, Anda tidak perlu membawa semua peralatan masak; cukup membawa peralatan yang esensial, seperti magic jar atau blender ukuran kecil agar mudah dibawa dan pisau kecil untuk memotong bahan-bahan.

Selain itu, pastikan juga untuk membawa peralatan makan anak dan celemek agar makanan tidak mengotori baju anak saat makan. Celemek yang terbuat dari kain juga dapat memudahkan Anda untuk membersihkan sisa makan yang tertinggal di sekitar mulut anak.

3. Siapkan MPASI Terlebih Dahulu

Apabila Anda khawatir tidak bisa memasak MPASI dalam perjalanan, cobalah untuk memasaknya di rumah terlebih dahulu. Anda dapat membuat puree lalu dibekukan dan bawa saja pendingin portabel atau cooler bag untuk mendinginkan dan menjaga kesegaran puree tersebut.

Selain MPASI beku, Anda juga bisa membawa buah-buahan segar yang bisa diolah menjadi puree, seperti pisang, alpukat, jeruk, atau apel, atau dijadikan sebagai camilan yang sehat untuk si kecil.

Coba Gratis Produk Crystal Sea

4. Pastikan untuk Menyimpan MPASI dengan Baik

Setelah makanan untuk anak sudah siap untuk dibawa selama perjalanan, simpanlah dalam wadah yang tertutup rapat, bersih, dan kedap udara untuk menghindari kontaminasi. Jika perjalanan cukup jauh, pastikan untuk membawa pendingin portabel, cooler bag, atau sejenisnya agar makanan bisa tetap segar ketika hendak dikonsumsi oleh si kecil.

Baca juga: 6 Cara Menyimpan MPASI yang Benar, Jangan Sampai Salah!

5. Hangatkan MPASI Sebelum Disajikan

Sebelum memberikan makanan kepada anak Anda, pastikan untuk menghangatkan wadah tempat menyimpan makanan tersebut terlebih dahulu. Cara menghangatkannya adalah cukup dengan merendam wadah tersebut di dalam air hangat. Namun, jika Anda naik pesawat atau kereta, coba minta bantuan pramugari untuk menghangatkan wadah tersebut menggunakan microwave.

Untuk buah yang digunakan sebagai puree atau camilan sehat, lebih baik diberikan dalam kondisi dingin. Selain itu, usahakan untuk memberikan MPASI kepada anak Anda dengan tepat waktu dan sesuai jadwal makannya.

6. Cari Tempat Penjual MPASI

Sebelum pergi berlibur, Anda dapat mencari tahu apakah terdapat penjual MPASI seperti toko makanan bayi atau katering khusus MPASI di lokasi yang akan dikunjungi. Anda dapat mencari informasi ini dengan melakukan pencarian di internet. Jika tidak berhasil, Anda juga bisa mencari penjual MPASI saat dalam perjalanan; biasanya banyak penjual bubur bayi yang berjualan di pagi hari. Jadi, Anda bisa mencari penjual MPASI di pagi hari saat berlibur.

Baca juga: 7 Tips MPASI Working Mom Anti Ribet

Berapa Lama MPASI Bertahan di Cooler Bag?

Pada umumnya, MPASI yang disimpan di coller bag dapat bertahan kurang lebih 4-5 jam. Waktu yang dimaksud adalah lama waktu untuk mempertahankan MPASI tetap beku. Sedangkan jika menggunakan cooler bag MPASI dapat bertahan 7-8 jam.

Apakah MPASI Instan Baik untuk Bayi?

Ya, MPASI instan untuk bayi dibuat berdasarkan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh badan kesehatan dunia, yaitu WHO, yang meliputi standar keamanan, higienitas, dan kandungan nutrisinya. Meskipun mengandung bahan pengawet, zat pengawet dalam MPASI instan dianggap aman bagi bayi.

MPASI instan juga dibuat dengan steril dan memiliki kandungan makro dan mikronutrien yang sesuai kebutuhan nutrisi bayi. Bahkan, MPASI instan yang tersedia di pasaran difortifikasi dengan zat gizi seperti vitamin, DHA, omega 3, dan mineral.

Meskipun demikian, MPASI instan sebaiknya tidak dijadikan pilihan utama untuk bayi, dan hanya dijadikan alternatif ketika ibu membutuhkan makanan praktis saat bepergian. Sebaiknya, MPASI disiapkan dari bahan-bahan makanan alami seperti sayuran, buah-buahan, nasi, dan kacang-kacangan yang dihaluskan atau dibuat menjadi bubur. Ibu juga perlu memperhatikan nutrisi yang seimbang dan tepat sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Baca juga: Tabel Berat Badan Anak Indonesia Usia 0-5 Tahun Terlengkap!

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membawa Bayi Bepergian

Tips Membawa Bayi Bepergian Jauh

Selain susu dan MPASI, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan oleh orang tua ketika hendak membawa bayi bepergian, seperti barang-barang pendukung di bawah ini:

  • Persediaan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dan obat-obatan yang dibutuhkan;
  • Popok;
  • Tisu;
  • Krim ruam popok; 
  • Kantong plastik untuk sampah;
  • Kursi khusus untuk bayi bepergian; 
  • Benda-benda untuk melindungi bayi dari matahari, seperti topi atau payung; 
  • Selimut;
  • Pewangi, agar bayi nyaman; 
  • Pakaian cadangan untuk bayi;
  • Mainan anak;
  • Dot;
  • Gendongan bayi.

Selain barang-barang di atas, masih ada banyak sekali barang lainnya yang harus dibawa; sesuaikan saja dengan kebutuhan dari anak Anda. Tidak hanya itu saja, pastikan juga si kecil berada dalam kondisi yang prima ketika hendak bepergian. Jangan sampai anak Anda mengalami sakit ketika berada di tengah perjalanan karena bisa sangat merepotkan.

Membawa Makanan Bayi untuk MPASI

Nah, apakah tips MPASI saat bepergian dan hal-hal yang harus diperhatikan di atas sudah cukup membantu? Jika iya, yuk langsung saja praktikkan tips-tips di atas dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan food powder dari Crystal of the Sea untuk menambah rasa dan nutrisi dari MPASI yang Anda siapkan. Cukup taburi saja di atas MPASI, dan rasanya akan menjadi lebih enak dan lebih bernutrisi. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk kami, kunjungi di sini!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.mooimom.id/mamapedia/5-cara-membawa-mpasi-saat-bepergian
  • https://www.alodokter.com/tips-menyiapkan-mpasi-saat-travelling
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-cara-siapkan-makanan-bayi-untuk-bepergian
  • https://aimi-asi.org/layanan/lihat/mudik-menyenangkan-dengan-mpasi-buatan-sendiri#:~:text=Kalau%20menggunakan%20cooler%20box%2C%20waktu,itu%20untuk%20tetap%20beku%20yah.
  • https://www.halodoc.com/artikel/amankah-bayi-konsumsi-mpasi-instan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang memiliki rasa sangat lezat dan nikmat. …

Ikan teri nasi, meski ukurannya kecil, menyimpan sejuta manfaat kesehatan, terutama bagi ibu dan …

Pernahkah Anda sebagai konsumen membayangkan proses quality control (QC) pada produk makanan atau minuman …