7 Tips MPASI Working Mom Anti Ribet

Tips MPASI Working Mom Anti Ribet

Sebagai seorang ibu yang juga bekerja, Anda harus mengetahui tips MPASI working mom agar anak tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Menjadi seorang ibu yang bekerja dan memiliki anak yang masih sangat kecil memang merupakan suatu tantangan, terutama karena sibuk bekerja tetapi harus menyiapkan MPASI untuk anak.

Agar working mom bisa menjalankan kegiatannya dengan lebih mudah, Crystal of the Sea memiliki beberapa tips MPASI working mom yang bisa ditiru nih. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Tips MPASI Working Mom

Salah satu hal yang paling sulit sebagai working mom adalah menyediakan MPASI untuk anak yang sehat dan bergizi. Terlebih lagi jika Anda sangat sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips MPASI working mom anti ribet yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

1. Menyiapkan Jurnal MPASI

Untuk ibu yang baru memulai memberikan makan MPASI pada bayinya, sangat penting untuk mempersiapkan jurnal MPASI, terutama jika Anda adalah ibu yang juga bekerja. Jurnal ini berguna untuk mencatat menu makanan untuk bayi secara harian serta memastikan bahwa makanannya bervariasi dan memiliki komponen gizi yang seimbang.

Ibu disarankan untuk membuat daftar menu MPASI untuk satu minggu ke depan dan menyesuaikannya dengan bahan makanan yang sudah dibeli dan disimpan dengan baik. Sekali lagi, perlu diingat bahwa menu makanan bayi harus seimbang, mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah-buahan.

Untuk memudahkan ibu dalam mempersiapkan makanan untuk anak, usahakan untuk menerapkan satu menu pada hari yang sama. Jika ibu kehabisan ide menu, boleh juga untuk mengulang daftar menu yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan saja untuk tidak mengulang menu terlalu sering karena anak bisa bosan dan menolak untuk makan.

Baca juga: 10 Resep MPASI 1 Tahun Anti GTM, Lezat, Bergizi dan Anak Suka

2. Kelompokkan Bahan MPASI

Untuk mempermudah proses persiapan MPASI, usahakan untuk mengelompokkan bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Contohnya, tempatkan potongan sayuran dalam satu wadah khusus yang tidak berisi bahan lain seperti protein dan buah-buahan.

Dengan mengelompokkan bahan makanan, proses pengambilan bahan ketika hendak memasak akan menjadi lebih mudah. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu menghindari masalah seperti bahan makanan cepat rusak atau aromanya tercampur dengan aroma dari bahan makanan lain.

3. Investasi pada Alat Masak atau Penyimpanan

Untuk mempermudah proses persiapan MPASI bagi working mom, ada banyak alat memasak yang tersedia saat ini. Jika memungkinkan, ibu bisa membeli alat seperti puree maker, slow cooker, saringan, atau blender. Alat-alat tersebut sudah mudah didapatkan di pasaran serta sudah tersedia dengan teknologi canggih yang mudah digunakan dan operasi otomatis.

Sebagai contoh, dengan slow cooker, ibu bisa memasak bahan makanan dengan waktu yang lebih lama tetapi tetap dapat mempertahankan gizi pada bahan makanannya. Ibu bisa memasak dengan slow cooker pada malam hari dan menemani si kecil saat alat memasak bahan makanannya sedang bekerja secara otomatis.

Baca juga: Variasi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan

4. Buat Makanan Beku

Salah satu solusi yang efektif untuk menyiapkan MPASI sebagai working mom adalah dengan menyiapkan menu yang bisa dibekukan. Setelah bekerja atau pada akhir pekan, ibu bisa menyiapkan waktu khusus untuk memasak atau mempersiapkan MPASI. Lalu, saat ibu bekerja, makanan tersebut bisa dikeluarkan dari pendingin, dipanaskan, dan diberikan kepada si kecil oleh pengasuhnya.

Walaupun bukan makanan yang baru dibuat, tetapi makanan yang dibekukan tetap dapat memiliki nutrisi yang seimbang untuk anak. Lagi pula, tujuan dari pembekuan makanan adalah untuk mencegah proses pembusukan yang disebabkan oleh bakteri dan memastikan bahan makanan tetap segar. Salah satu contoh MPASI yang sangat cocok untuk dibekukan adalah puree.

5. Hanya Beli Bahan yang Masih Segar

Ketika membeli bahan-bahan untuk MPASI, pastikan Anda hanya membeli bahan-bahan yang masih segar. Karena keterbatasan waktu, ibu yang bekerja mungkin tidak bisa membeli bahan untuk MPASI setiap harinya. Namun, dengan membeli bahan baku yang masih segar, ibu tidak perlu khawatir akan masalah pembusukan saat disimpan di dalam kulkas karena bahan tersebut akan dapat bertahan lebih lama.

Baca juga: 15 Resep MPASI 9 Bulan yang Praktis dan Bikin Anak Ketagihan

6. Buat MPASI Untuk 3 Porsi Sekaligus

Ibu yang bekerja sebaiknya membuat MPASI untuk 3 porsi sekaligus (pagi, sore, dan malam). Dengan demikian ibu dapat menyediakan makanan untuk bayinya dengan mudah dan cepat. Cukup dimasukkan ke wadah yang berbeda dan panaskan MPASI saat waktu makan si buah hati tiba.

7. Manfaatkan Waktu Bersama Si Kecil

Working mom sebaiknya menyediakan waktu untuk makan bersama si kecil agar dapat meningkatkan ikatan antara ibu dan anak, karena kegiatan ini memberikan Anda kesempatan untuk berinteraksi lebih intens dengan si kecil. Jadi, manfaatkan waktu libur Anda yaa!

Baca juga: Tips MPASI Saat Bepergian Anti Ribet

Tips Menyiapkan MPASI untuk Bayi

Tips Menyiapkan MPASI (makanan pendamping ASI) untuk Bayi

Walaupun sibuk bekerja, tetapi ibu tidak bisa sembarangan menyiapkan MPASI untuk bayi. Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), bayi harus selalu disediakan MPASI yang aman dan higienis. Berikut ini adalah beberapa tips menyiapkan MPASI yang aman dan higienis untuk bayi yang sehat.

1. Bersihkan Tangan dan Peralatan Makan

Pastikan tangan dan peralatan makan bayi yang digunakan untuk menyiapkan menyajikan MPASI sudah bersih dan steril. Bayi sangat rentan terhadap bakteri atau virus, jadi ibu harus selalu menjaga kebersihan dari seluruh hal yang bersentuhan dengan bayi, terutama ketika makan.

2. Hanya Gunakan Alat Masak yang Bersih dan Steril

Ketika memasak, pastikan untuk memisahkan talenan, spatula, atau alat masak lainnya yang digunakan untuk memasak MPASI dengan makanan lainnya. Pastikan hanya menggunakan alat masak yang khusus digunakan untuk memasak MPASI.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan MPASI yang Benar, Jangan Sampai Salah!

3. Cuci Tangan Ibu dan Bayi Sebelum Makan

Ketika hendak memberi makan bayi, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga agar tangan bayi bersih dan steril karena mereka sering sekali ingin menjangkau makanan dan memasukkan ke mulutnya sendiri.

Masak MPASI menggunakan Food Powder

Yuk ingat-ingat tips MPASI working mom di atas agar Anda dapat tetap menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak walaupun sibuk bekerja. Agar makanan yang disiapkan dapat lebih enak dan bergizi, Anda bisa menggunakan food powder dari Crystal of the Sea. Cukup taburkan food powder kami di atas makanan yang sudah disiapkan, aduk sedikit hingga tercampur, dan makanan pun akan terasa lebih enak dan lebih bernutrisi. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk kami, kunjungi di sini!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.popmama.com/life/health/astri-diana/tips-menyiapkan-mpasi-homemade-untuk-mama-bekerja?page=all
  • https://journal.sociolla.com/lifestyle/menyiapkan-mpasi-bagi-ibu-bekerja
  • https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  • https://www.haibunda.com/parenting/20220608165556-59-276026/5-persiapan-mpasi-untuk-ibu-bekerja-repot-di-malam-tapi-ringan-di-pagi-hari/
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Ada banyak pilihan menu MPASI 11 bulan yang dapat diberikan orang tua kepada bayinya. …

Stunting adalah perawakan tumbuh pendek yang disertai dengan turunnya kemampuan kognitif yang disebabkan oleh …

‘Bagaimana cara memilih bahan makanan yang baik dan sehat?’ Pertanyaan tersebut pasti terlintas di …