Buat Kulit Kencang, Inilah Berbagai Manfaat Ikan Salmon untuk Kecantikan

Manfaat Ikan Salmon untuk Kecantikan

Perawatan kecantikan tidak hanya dilakukan dengan menggunakan produk untuk kulit dan rambut dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Kecantikan juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya gizi seperti ikan salmon. Ya, kandungan gizi yang tersedia dalam ikan salmon ternyata memiliki khasiat pula untuk kecantikan. Nah, Anda pasti penasaran dengan manfaat ikan salmon untuk kecantikan, bukan?

Selain untuk kecantikan, ikan salmon juga direkomendasikan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Mengapa? Alasannya, kandungan gizi pada ikan salmon membawa manfaat yang signifikan bagi ibu menyusui dan juga si kecil melalui ASI yang diberikannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, bacalah artikel 11 Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Menyusui dari Crystal of the Sea.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Kembali ke topik, kita akan mengupas tuntas manfaat ikan salmon untuk kecantikan kulit, wajah, dan rambut Anda. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Deretan Manfaat Ikan Salmon untuk Kecantikan

Ikan salmon tidak hanya dikenal karena kelezatan dan keindahan dagingnya. Kandungan gizi yang kaya pada ikan salmon juga berkhasiat untuk meningkatkan kecantikan.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat ikan salmon.

1. Melindungi Kulit dari Penuaan

Salmon melindungi kulit dari penuaan sehingga bisa membuat Anda terlihat lebih awet muda. Salah satu kandungan Omega-3 dalam ikan salmon, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berguna untuk menghambat enzim yang dipicu oleh sinar ultraviolet (UV). Sinar UV ini merusak lapisan kolagen pada kulit yang bisa menyebabkan penuaan.

Salmon juga mengandung antioksidan anti penuaan yang disebut astaksantin. Astaksantin adalah pigmen yang memberikan warna merah muda pada ikan salmon. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan ini dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Astaksantin juga merupakan antioksidan tertinggi dalam melawan radikal bebas yang merusak kulit.

Baca juga: Jadi Salah Satu Ikan yang Digemari, Ketahui Berbagai Kandungan Ikan Salmon

2. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Salmon adalah salah satu sumber makanan terbaik dari vitamin D yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam hal kecantikan, vitamin D memainkan peran kunci terhadap pertumbuhan dan perbaikan sel kulit, dan bahkan dapat mengurangi risiko kanker kulit. Cocokkan menu ikan salmon dengan makanan yang kaya kalsium untuk penyerapan vitamin D yang lebih baik, seperti sayuran hijau atau keju.

3. Rambut Lebih Sehat

Bukan hanya kulit, ikan salmon juga membuat rambut terlihat lebih sehat. Kandungan asam lemak Omega-3 yang esensial dalam ikan salmon mendukung kesehatan kulit kepala dan memberikan kilau pada rambut. Di sisi lain, kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kulit kepala kering dan rambut terlihat kusam.

4. Mengatasi Peradangan Kulit

Khasiat ikan salmon lainnya untuk kulit adalah mengurangi peradangan kulit. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu mengurangi risiko kambuhnya gejala psoriasis. Selain itu, konsumsi salmon juga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kulit, baik yang jenis non-melanoma maupun melanoma.

5. Mencegah Efek Radiasi Sinar UV

DNA ikan salmon ternyata bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Sinar UV ini terbagi menjadi dua, yaitu UVA dan UVB. DNA ikan salmon dapat menghambat paparan sinar UVB hingga 90% dan sinar UVA hingga 20%. Sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar, sementara sinar UVA dapat memicu penuaan kulit. Selain itu, vitamin D yang terdapat dalam salmon juga membantu pertumbuhan dan perbaikan sel kulit serta melindungi dari radikal bebas yang berbahaya.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Ikan Salmon yang Populer di Dunia beserta Kandungan Gizinya

6. Mencegah Jerawat

Masalah kulit yang umum terjadi seperti jerawat ternyata bisa dicegah atau diatasi dengan mengonsumsi ikan salmon. Kandungan vitamin D yang terdapat di dalamnya mempunyai sifat antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, vitamin D juga memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi pada jerawat.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sekilas dijelaskan bahwa DNA ikan salmon dapat mencegah efek radiasi sinar UV. Ternyata ada juga manfaat lainnya dari DNA ikan salmon, yaitu mempercepat penyembuhan luka bakar. Bagaimana caranya? DNA ikan salmon meningkatkan pembentukan pembuluh darah dan aliran darah ke kulit, yang pada gilirannya mempercepat penyembuhan luka. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan karena studi ini masih dalam tahap awal dan hanya dilakukan pada hewan.

8. Mencerahkan Kulit

Kandungan astaksantin yang melindungi kulit dari sinar UV membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Astaksantin juga bisa menghambat pembentukan melanin atau pewarna alami kulit sehingga kulit Anda terlihat lebih bersinar.

9. Melembapkan Kulit

Satu lagi manfaat dari DNA salmon adalah meningkatkan kelembapan kulit agar tidak kering. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa sebanyak 90% pesertanya merasakan perubahan tekstur kulit yang kering dan kasar menjadi lebih lembap dan halus setelah menggunakan krim dengan kadar DNA salmon sejumlah DNA. Para peneliti menemukan bahwa DNA salmon merangsang produksi asam hyaluronat yang menjaga kadar air dalam jaringan ikat kulit sehingga kulit tetap terhidrasi.

Baca juga: Wajib Tahu, Inilah 4 Ciri-Ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi

Apakah Boleh Makan Ikan Salmon Setiap Hari?

Mungkin Anda berpikir bahwa makin sering makan ikan salmon, makin terasa manfaat yang didapatkan. Sayangnya, pernyataan tersebut kurang tepat. Salmon sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari karena mengandung kadar merkuri yang rendah dan polutan yang sedang. Alangkah baiknya Anda membatasi konsumsi ikan salmon tidak lebih dari empat minggu.

Untuk Bunda yang sedang hamil, lebih baik tidak mengonsumsi ikan salmon lebih dari 2 porsi per minggunya. Kadar merkuri yang menumpuk bisa berbahaya bagi ibu hamil dan juga bayi yang sedang berada di kandungan.

Berikut beberapa tips penting untuk meminimalkan risiko akibat ikan salmon:

  • Belilah salmon segar yang disimpan dengan baik pada suhu 4°C atau lebih rendah.
  • Buang salmon yang memiliki bau yang sangat tajam atau amis.
  • Pastikan untuk mencairkan salmon beku supaya membatasi peluang tumbuhnya bakteri berbahaya.
  • Padukan ikan salmon dengan menu makanan lainnya supaya bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih bervariasi.
Bubuk Ikan Salmon

Untuk tips terakhir, Anda bisa mencoba langkah yang lebih praktis, yaitu menggunakan Kaldu Ikan Salmon dari Crystal of the Sea. Produk ini tersedia dalam bentuk food powder siap saji sehingga Anda bisa langsung menaburkannya ke atas makanan yang sedang dimasak atau siap disantap untuk menambah kelezatannya. Tenang saja, kandungan Omega-3 dan protein dalam ikan salmon tetap terjaga sehingga Anda bisa mendapatkan khasiatnya. Kunjungi Tokopedia atau Shopee Crystal of the Sea untuk mendapatkan produknya sekarang juga. Rasakan manfaat ikan salmon untuk kecantikan hanya dengan mengonsumsi produk Crystal of the Sea!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan: 

  • https://www.goodrx.com/well-being/diet-nutrition/eat-salmon-for-younger-skin
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/makan-salmon-untuk-kulit/
  • https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-salmon
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/307811
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Minyak ikan omega-3 telah menjadi topik yang makin populer dalam pembicaraan tentang kesehatan dan …

Ketika bayi susah makan, orang tua harus mempelajari berbagai macam resep MPASI untuk bayi …

Sudahkah Anda memilih bahan makanan yang sehat untuk keluarga? Jika belum, tidak ada salahnya …