Wajib Tahu, Inilah 4 Ciri-Ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi

Ciri Ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi

Ikan salmon yang lezat dan penuh gizi telah menjadi favorit bagi banyak pecinta hidangan laut. Namun, Anda perlu mengetahui ciri-ciri ikan salmon yang segar dan berkualitas secara jeli ketika hendak membelinya. Apalagi jika ingin disantap bersama keluarga, Anda tentu harus memperhatikan setiap karakteristik ikan salmon dengan tajam supaya aman ketika dikonsumsi.

Ketika berbelanja di pasar ikan atau supermarket, Anda akan dihadapkan pada berbagai pilihan ikan salmon dengan tampilan yang menggiurkan. Namun, bagaimana Anda dapat memastikan bahwa ikan salmon yang dibeli benar-benar segar dan tidak hanya mempunyai tampilan yang menarik saja? Inilah pentingnya mengenali tanda-tanda khas dari ikan salmon segar yang sebenarnya.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Ikan Salmon yang Populer di Dunia beserta Kandungan Gizinya

Dalam panduan ini, Crystal of the Sea akan membantu Anda memahami ciri-ciri ikan salmon yang berkualitas tinggi. Kami juga memberikan wawasan berharga tentang bagaimana cara memilih ikan salmon yang menghadirkan cita rasa tiada duanya di atas meja makan Anda. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Ciri-ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi

Saat Anda berada di pasar ikan atau supermarket, tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu guna memeriksa ciri-ciri ikan salmon yang segar dan berkualitas. Dengan memahami karakteristik di bawah ini, Anda bisa lebih percaya diri dalam memilih ikan salmon yang terbaik untuk hidangan bersama keluarga.

1. Mata Ikan yang Bening

Salah satu tanda pertama dari ikan salmon segar dapat dilihat dari mata ikan tersebut. Apabila Anda memiliki akses untuk melihat mata ikan, perhatikan apakah mata tersebut bening. Ikan salmon utuh atau yang belum dipotong seharusnya memiliki mata yang jernih dan bening. Warna matanya biasanya tidak putih, melainkan bening seperti air segar. 

Jika Anda melihat mata ikan yang keruh atau berwarna putih, tanda ini bisa menjadi indikasi bahwa ikan salmon tidak lagi segar. Jadi, pastikan mata ikan salmon yang Anda pilih tetap bening untuk menjamin kualitasnya.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

2. Warna Daging yang Cerah

Ciri selanjutnya yang patut diperhatikan adalah warna daging ikan salmon. Warna daging ikan salmon yang segar seharusnya cerah dan menampilkan warna oranye yang khas. Jika Anda menemukan daging ikan salmon dengan warna agak pucat, hal ini bisa menjadi tanda bahwa ikan tersebut mungkin sudah tidak segar lagi. 

Warna oranye yang khas pada daging salmon mengindikasikan kandungan gizi yang baik, terutama asam lemak Omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih ikan salmon dengan warna daging yang cerah dan segar.

3. Aroma Tidak Terlalu Amis

Aroma ikan salmon juga menjadi petunjuk penting dalam menilai kesegaran ikan tersebut. Baik saat masih utuh maupun dalam bentuk potongan, aroma salmon yang segar seharusnya tidak terlalu amis. Sebaliknya, ikan salmon segar memiliki aroma seperti laut yang segar dan enak. 

Bau asin yang lembut adalah tanda bahwa ikan salmon masih dalam keadaan segar. Jika Anda mencium bau amis yang kuat atau tidak sedap, ini bisa menjadi pertanda bahwa ikan tersebut sudah melewati masa segarnya. Untuk memastikan hidangan Anda lezat dan sehat, pilihlah ikan salmon dengan aroma laut yang sedap.

4. Tekstur Tidak Berlendir

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah tekstur daging ikan salmon. Ketika Anda menekan daging salmon dengan lembut, pastikan daging tersebut kembali ke bentuk semula tanpa meninggalkan bekas. Tekstur yang elastis dan tidak berlendir menunjukkan bahwa ikan salmon masih segar. 

Namun, jika daging salmon terasa lembek dan meninggalkan bekas usai ditekan, bisa jadi bahwa ikan tersebut tidak lagi dalam kondisi yang optimal. Memilih ikan salmon dengan tekstur yang sesuai akan memastikan hidangan Anda memiliki cita rasa dan tekstur yang sempurna.

Baca juga: Bumil Wajib Tahu, Inilah Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Tips Membeli Ikan Salmon yang Perlu Diperhatikan

Selain mengetahui ciri-ciri ikan salmon yang segar, Anda pun perlu memiliki tips dan strategi dalam membeli ikan salmon yang perlu diketahui. Apa saja? Lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Periksa Ciri-Ciri Ikan Salmon yang Segar

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ikan salmon yang segar ditandai dengan mata yang jelas dan terang serta warna pupil yang gelap. Selain itu, ikan salmon harus berwarna cerah dan memiliki tekstur yang lembap. Daging ikan salmon yang segar juga seharusnya dapat kembali ke bentuk semula saat Anda menekannya dengan jari. Dan terakhir, ikan salmon yang segar tidak boleh berbau amis.

2. Pilih Potongan Sesuai dengan Kebutuhan Memasak Anda

Kedua, Anda juga perlu memilih potongan ikan salmon yang sesuai dengan cara memasak atau menghidangkannya. Ketika berbelanja di supermarket, Anda biasanya menemukan salmon dalam bentuk filet. Perlu diketahui bahwa filet merupakan potongan yang lebih kecil dari sisi ikan salmon, tetapi bersifat serbaguna dan mudah diolah. Nah, bagian filet ini lebih cocok dipanggang apabila dagingnya berjumlah banyak, apalagi memiliki sisik yang utuh sehingga lebih mudah untuk dibalik.

Bagaimana jika Anda ingin menghidangkan salmon untuk keluarga? Carilah sisi ikan salmon yang utuh dan merupakan potongan yang lebih besar. Alternatif lainnya, Anda bisa membeli salmon utuh yang mencakup kedua sisi ikan, termasuk kepala, ekor, sisik, dan tulang pin. Bagian sisi ikan salmon cocok untuk dibakar dan dipanggang, sementara salmon utuh ideal untuk dipanggang dengan aluminium foil.

3. Simpan dengan Benar

Ketiga, Anda juga perlu menyimpan ikan salmon dengan benar. Setelah dibeli, segera keluarkan ikan salmon dari kemasan, kemudian bilas dengan air dingin secara menyeluruh dan keringkan dengan tisu sebelum menyimpannya.

Salmon segar dapat disimpan di dalam freezer selama tiga bulan. Simpan ikan dalam kantong vakum yang tahan udara. Ketika ingin memasaknya, keluarkan ikan dari luar kulkas dan diamkan selama semalam. Ikan salmon yang dibekukan sebaiknya dikonsumsi dalam waktu dua hari setelah dikeluarkan.

4. Cari Ikan Berwarna Cerah di Toko

Keempat, Anda perlu memperhatikan kecerahan warna daging ikan salmon di toko. Carilah ikan salmon yang terlihat lembap daripada kering. Mengapa? Kelembapan ikan salmon adalah indikator terbesar dari kesegarannya. Hindari salmon dengan bintik-bintik cokelat pada area perut atau di sekitar tepi filet. Jika terdapat warna cokelat pada kulitnya, sebaiknya jangan membeli ikan tersebut. Hal yang sama berlaku untuk daging ikan salmon yang sudah mulai membelah dan terpisah satu sama lain.

Baca juga: Jadi Salah Satu Ikan yang Digemari, Ketahui Berbagai Kandungan Ikan Salmon

Bagaimana? Kini Anda sudah memahami ciri-ciri ikan salmon yang layak untuk dibeli, bukan? Ketika membeli ikan salmon, Anda perlu memastikan bahwa mata ikannya terlihat bening, warna dagingnya cerah, mengeluarkan aroma laut yang khas, dan teksturnya tidak berlendir. Selain mengetahui ciri-cirinya, Anda juga perlu mengetahui tips pintar dalam memilih ikan salmon di pasar dan mengetahui cara menyimpannya yang tepat di rumah agar tahan lama.

Bubuk Ikan Salmon

Ikan salmon memang merupakan pilihan terbaik untuk keluarga, tetapi bagaimana caranya agar aman disantap oleh bayi yang sedang dalam masa MPASI? Tenang saja, Anda bisa membeli Kaldu Bubuk Ikan Salmon dari Crystal of the Sea. Penggunaannya praktis, Anda hanya perlu menaburkannya ke MPASI yang sudah dibuat dan mengaduknya hingga siap disantap si kecil. Tenang saja, kandungan Omega-3 di dalam Salmon Powder Crystal of the Sea tetap terjaga, jadi produk ini pas untuk mendukung tumbuh-kembang si kecil.

Kunjungi online store kami di Tokopedia atau Shopee untuk mendapatkan produknya dan berikan nutrisi yang sehat dan kaya rasa untuk si kecil hanya dengan food powder dari Crystal of the Sea!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.kompas.com/food/read/2023/02/22/180400575/4-ciri-salmon-segar-perhatikan-warna-hingga-teksturnya-sebelum-beli
  • https://www.epicurious.com/ingredients/how-to-buy-salmon-at-the-grocery-store-article
  • https://www.forbes.com/sites/nomanazish/2022/06/26/the-fisherman-approved-guide-to-buying-and-cooking-salmon/?sh=1b9f745c5180
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Menyediakan camilan bagi si buah hati memang gampang-gampang susah. Mereka kerap merasa bosan dengan …

Ikan salmon bisa menjadi menu utama yang terlintas di benak Bunda ketika hendak merencanakan …

Sertifikat HACCP adalah salah satu indikator yang wajib diperhatikan sebelum Anda membeli sebuah produk …