14 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan yang Wajib Dipahami

Manfaat Ikan Salmon

Sudahkah Anda memilih bahan makanan yang sehat untuk keluarga? Jika belum, tidak ada salahnya memasukkan ikan salmon ke dalam daftar belanjaan Anda. Ikan salmon tidak hanya terkenal karena warna dagingnya yang indah dan rasanya yang mampu menggugah selera. Lebih dari itu, Anda bisa menemukan manfaat ikan salmon yang tinggi bagi kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

Seperti apa manfaat dari mengonsumsi salmon untuk kesehatan tubuh Anda? Mari mengulik lebih dalam mengenai manfaat kesehatan dari salah satu ikan yang lezat untuk disantap ini!

1. Sebagai Sumber Protein

Layaknya jenis ikan lainnya, ikan salmon juga mempunyai kandungan protein yang kaya. Protein adalah gizi yang esensial dan membawa manfaat yang banyak bagi tubuh Anda. Satu porsi ikan salmon berukuran 100 gram mengandung protein sebanyak 22-25 gram, jadi bahan makanan ini wajib masuk ke dalam daftar menu Anda.

Baca juga: Pilihan Makanan Tinggi Protein untuk Diet

2. Sebagai Sumber Vitamin B Kompleks

Kaya akan vitamin B kompleks, ikan salmon memberikan kontribusi penting dalam menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Vitamin B berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi, merawat dan memperbaiki DNA, serta mengurangi peradangan. 

Di antara semua vitamin B, kandungan vitamin B3 (niacin) dan vitamin B6 lebih kaya dalam ikan salmon. Vitamin B3 dapat menurunkan kadar kolesterol, sementara vitamin B6 berkontribusi pada kesehatan otak. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B12 dalam ikan salmon berguna untuk menjaga fungsi otak dan sistem saraf, keseimbangan hormonal, serta berbagai fungsi metabolisme lainnya.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak Omega-3 (EPA dan DHA) dan kalium. Kombinasi kedua gizi tersebut memberikan dampak besar terhadap kesehatan jantung. Asam lemak Omega-3 dan Omega-6 serta kalium berfungsi untuk mengurangi peradangan pada arteri, menurunkan kadar kolesterol, serta menjaga tekanan darah tetap optimal. 

Selain itu, kalium membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penumpukan cairan berlebih. Mengonsumsi ikan salmon secara rutin dapat mengurangi risiko berbagai masalah jantung, termasuk serangan jantung, strok, dan hipertensi.

4. Memperbaiki Jaringan yang Rusak

Kandungan protein dalam ikan salmon diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, kartilago, kulit, dan darah. Protein membantu memperbaiki jaringan setelah cedera, melindungi kesehatan tulang, dan menjaga massa otot. Selain itu, protein juga menjaga laju metabolisme yang sehat serta meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

5. Mencegah Inflamasi

Salmon dapat menjadi perisai efektif dalam melawan inflamasi. Inflamasi telah diidentifikasi sebagai penyebab utama penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak ikan salmon, baik daging maupun minyak ikan, dapat mengurangi beberapa tanda inflamasi. 

Sebuah studi dengan partisipan lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa konsumsi ikan salmon secara rutin berhubungan dengan penurunan kadar sel darah putih yang sering menjadi patokan ukuran inflamasi kronis.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia dan Anda harus terus menjaga kesehatannya. Ikan salmon mengandung berbagai gizi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Pertama, ada astaksantin yang dapat mencegah gangguan kesehatan mata, seperti degenerasi makula akibat faktor usia, kelelahan mata, dan katarak. 

Ikan salmon juga kaya akan vitamin A. Vitamin A adalah gizi yang penting untuk penglihatan dan merupakan bahan dasar untuk molekul pigmen dalam fotoreseptor mata. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 dapat bermanfaat dalam pengobatan penyakit mata kering.

Baca juga: Banyak Khasiatnya, Inilah Manfaat Ikan Salmon untuk Mata

7. Menyehatkan Kulit

Ikan salmon juga membawa manfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan astaksantin di dalam ikan salmon dapat mencegah kerusakan kulit dan menjaga elastisitasnya. Tidak hanya itu, astaksantin juga berperan sebagai antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan radikal bebas dan mencegah penuaan sehingga kulit bebas dari keriput. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan ikan salmon ke dalam daftar menu Anda apabila ingin terlihat lebih awet muda, ya.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan salmon juga menjadi sumber yang kaya akan vitamin D. Vitamin D adalah mikronutrien penting yang berperan dalam kesehatan tulang melalui penyerapan kalsium. Penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kadar vitamin D berhubungan dengan peningkatan risiko kehilangan massa tulang dan penurunan kepadatan mineral tulang pada orang berusia lanjut.

9. Menjaga Kesehatan Tiroid

Ikan salmon juga mengandung selenium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tiroid. Kadar selenium dibutuhkan dalam melindungi kelenjar tiroid dari kerusakan oksidatif selama sintesis hormon tiroid.

10. Meningkatkan Kesehatan Otak

Otak bisa diibaratkan sebagai komputer karena seluruh kesadaran dan fungsi tubuh kita bergantung pada organ ini. Anda perlu meningkatkan kesehatan otak dengan mengonsumsi ikan salmon. Mengapa? Ikan salmon mengandung Omega-3 yang berfungsi untuk melindungi kesehatan otak, memperlambat penurunan kognitif, dan mempertahankan fungsi otak. Bahkan ibu hamil pun disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon untuk meningkatkan kesehatan otak bayinya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya 2 porsi ikan salmon per minggu berhubungan dengan penurunan risiko demensia sebanyak 10%dan risiko penyakit Alzheimer sebanyak 30%. Hasil penelitian lain juga menyimpulkan bahwa konsumsi ikan salmon dapat meningkatkan performa memori, mempromosikan fungsi otak, dan melindungi struktur otak pada orang dewasa.

11. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan otak yang prima juga berdampak pada kesehatan mental. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi setidaknya 1 porsi ikan salmon per minggu atau 500 mg berhubungan dengan risiko depresi yang lebih rendah, terutama pada wanita. Selain itu, mengonsumsi suplemen Omega-3 juga menghasilkan penurunan gejala depresi, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kestabilan emosi.

12. Mengurangi Kemungkinan Terkena Penyakit Autoimun

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang ada dalam ikan salmon memiliki sifat antiinflamasi yang efektif, yang dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit autoimun. Penyakit seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan psoriasis dapat dipulihkan dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 secara rutin.

13. Menjaga Keseimbangan Hormon Pada Wanita

Kandungan omega-3 dalam ikan salmon dapat mengurangi gejala menopause, menjaga keseimbangan hormon, serta mendukung perkembangan janin ketika masa kehamilan berlangsung.

14. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang terdapat dalam ikan salmon, termasuk vitamin D dan selenium, mampu meningkatkan produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, yang tentunya membantu dalam melawan penyakit dan infeksi.

Baca juga: Mengenal Jenis Ikan Salmon yang Populer di Dunia beserta Kandungan Gizinya

Apakah Ikan Salmon Baik untuk Diet?

Pertanyaan di atas pasti muncul di benak Anda yang ingin mencari makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Jawabannya adalah ya, ikan salmon merupakan pilihan makanan yang tepat untuk diet. Selain manfaat yang dirasakan di atas, ikan salmon berperan penting dalam penurunan berat badan.

Seperti makanan yang protein lainnya, mengonsumsi ikan salmon dapat mengatur hormon yang mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Hasilnya, Anda tetap bisa makan dalam porsi kecil tetapi tetap merasa kenyang dan tidak perlu makan atau mengemil secara berlebihan. Selain itu, makan makanan kaya protein seperti ikan salmon telah terbukti meningkatkan laju metabolisme. Metabolisme yang meningkat berarti tubuh Anda membakar kalori lebih cepat, bahkan meskipun sedang beristirahat atau tidak aktif bergerak.

Asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon juga telah terbukti dapat mendukung penurunan berat badan dan mengurangi lemak pada perut, apalagi jika dikombinasikan dengan gaya hidup aktif. Selain itu, ikan salmon juga rendah kalori. Satu porsi atau 100 gram ikan salmon hanya mengandung sekitar 182-206 kalori.

Kaldu Salmon MPASI dari Crystal of the Sea

Wah, besar sekali manfaat ikan salmon untuk kesehatan, ya? Tidak salah jika Anda memilih bahan makanan kaya Omega-3 dan Protein Hewani ini ke dalam menu harian keluarga. Si kecil yang baru memasuki usia MPASI pun bisa ikut merasakan manfaat dari ikan salmon ini. Bagaimana caranya? Anda cukup membeli kaldu salmon MPASI dari Crystal of the Sea yang bisa ditambahkan ke dalam bahan masakan ketika membuat MPASI atau hanya ditaburkan di atasnya. 

Tenang saja, proses pembuatan kaldu bubuk di Crystal of the Sea bebas dari zat aditif dan bahan kimia berbahaya lainnya sehingga produk ini aman buat si kecil. Kunjungi online store kami di Tokopedia atau Shopee untuk mendapatkan produknya! Ajak si kecil untuk merasakan manfaat ikan salmon yang menyehatkan hanya dengan Kaldu Bubuk Ikan Salmon dari Crystal of the Sea!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://safebeat.org/cardiac/heart_health/12_health_benefits_of_salmon_for_the_heart_brain_and_much_more/
  • https://www.healthline.com/nutrition/salmon-nutrition-and-health-benefits
  • https://betterme.world/articles/is-salmon-good-for-weight-loss/
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Ibu menyusui selalu ingin memberikan yang terbaik untuk bayinya, termasuk dalam pemilihan makanan yang …

Omega 3 telah lama dikenal sebagai salah satu asam lemak esensial yang penting bagi …

Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah langkah penting dalam memberikan gizi yang tepat untuk Sang …