11 Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Menyusui

Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Menyusui

Momen pasca melahirkan dan menyusui bisa menjadi masa yang menantang buat Bunda. Bagaimana tidak, Bunda masih harus selektif dalam memilih makanan seperti masa mengandung. Makanan yang dipilih tentunya menjadi sumber nutrisi bagi si kecil melalui Air Susu Ibu (ASI) yang diberikan. Salah satu pilihan makanan yang bisa menjadi pilihan pada masa ini adalah ikan salmon. Lantas, seperti apa manfaat ikan salmon untuk ibu menyusui?

Ikan salmon selalu dikenal karena kandungannya yang kaya di antara pilihan menu ikan lainnya. Manfaat gizi dari ikan salmon tidak hanya dirasakan oleh ibu, tetapi juga si kecil yang menerima nutrisi dari ASI.

uk, kenali berbagai manfaat ikan salmon yang bisa Bunda dapatkan selama menyusui si kecil!

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Ikan Salmon?

Pertanyaan di atas pasti menjadi kekhawatiran bagi Bunda. Wajar saja karena ikan salmon dan jenis makanan laut lainnya mengandung merkuri. Faktanya, ikan salmon aman dikonsumsi oleh Bunda yang sedang hamil dan menyusui. Food and Drug Association, lembaga yang mengatur keamanan pangan di Amerika Serikat, bahkan memasukkan salmon ke dalam daftar ‘Best Choice’ alias ikan yang baik untuk dikonsumsi karena kadar merkurinya lebih rendah.

Kendati kadarnya lebih rendah, Bunda tetap harus memperhatikan batasan konsumsi ikan salmon. Merkuri bisa memengaruhi sistem saraf si kecil, terutama otaknya, dan bisa dicerna oleh si kecil melalui ASI yang diberikan. Maka dari itu, Anda perlu membatasi konsumsi ikan salmon hanya sebanyak 2-3 kali per minggu dengan setiap porsinya hanya 113 gram.

Ketika memasak ikan salmon, pastikan bagian dagingnya mencapai suhu 63 derajat Celcius. Bunda bisa mengetesnya dengan menggunakan termometer oven untuk mengetesnya. Apabila tidak mempunyai termometer, salmon yang aman harus dimasak sampai dagingnya mudah dikelupas dengan garpu.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Menyusui

Kini, Bunda tidak perlu waswas jika salmon merupakan pilihan yang aman. Lagi pula, ikan salmon mempunyai segudang manfaat apabila dikonsumsi selama masa menyusui. Berikut adalah manfaat ikan salmon yang bisa Bunda rasakan.

1. Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan

Sindrom depresi pasca melahirkan atau postpartum depression wajar dialami oleh ibu pada masa nifas dan menyusui. Kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi jika tidak ditangani dengan baik. Kabar bagusnya, Bunda bisa mengatasi depresi ini dengan mengonsumsi ikan salmon. Asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon berfungsi sebagai obat untuk meredakan depresi yang Bunda alami.

2. Meningkatkan Produksi ASI

Siapa sangka ternyata ikan salmon bisa meningkatkan produksi ASI untuk si kecil? Ya, ikan salmon mengandung protein dan kalsium untuk melancarkan produksi ASI selama masa menyusui. Si kecil mendapatkan nutrisi yang cukup karena ASI yang lancar sehingga kesehatannya tetap prima. Bunda juga bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mengonsumsi sayuran hijau, gandum, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Temukan Jawabannya di Sini

3. Mengontrol Berat Badan

Bunda ingin memiliki berat badan ideal seperti sebelum hamil dan melahirkan? Cobalah memasukkan ikan salmon ke dalam menu makan siang atau makan malam. Kandungan protein yang tinggi akan membuat Bunda merasa kenyang sehingga tidak perlu makan atau mengonsumsi kudapan lebih banyak. Ikan salmon juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mengurangi penumpukan lemak. Tentunya manfaat ini harus diimbangi dengan olahraga dan aktivitas fisik yang teratur, ya!

4. Meningkatkan Kinerja dan Fungsi Otak

Ikan salmon memang dikenal karena kandungan Omega-3 di dalamnya. Kandungan inilah yang bisa meningkatkan kinerja dan fungsi otak sehingga bisa mencegah risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Bukan hanya Bunda, si kecil juga mendapatkan manfaat yang sama dari asam lemak Omega-3.

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam salmon juga dapat menjaga dan meningkatkan daya ingat Bunda ketika memasuki usia tua nanti.

Baca juga: Bumil Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

5. Melindungi Tubuh dari Penyakit

Ikan salmon juga mengandung antioksidan, vitamin D, dan asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan Bunda dan si kecil. Antioksidan berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas, sementara vitamin D membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang bayi. Asam amino juga berperan untuk menjaga kesehatan sendi dan mencegah peradangan dalam saluran pencernaan.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat kesehatan dari salmon adalah bahwa ikan berlemak ini kaya akan kalium dibandingkan dengan pisang. Tubuh Bunda memerlukan kalium untuk mengendalikan tekanan darah karena gizi ini dapat mencegah penumpukan air berlebih. Selain itu, kalium juga mengurangi risiko stroke.

7. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Bunda tentunya membutuhkan tulang yang sehat agar tetap lincah saat beraktivitas, bukan? Tulang yang sehat bisa diperoleh dari kandungan selenium di dalamnya. Salmon mengandung 25 sampai 500 mikrogram selenium setiap 100 gramnya. Selenium dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan. Tentunya hal ini lebih bermanfaat daripada mengonsumsi suplemen selenium, bukan?

Baca juga: Wajib Tahu, Inilah 4 Ciri-Ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi

8. Mengurangi Inflamasi

Ikan salmon juga bermanfaat dalam mengurangi inflamasi atau peradangan pada tubuh. Banyak orang berpikir bahwa arteri yang meradang dan melebar mungkin menjadi penyebab utama penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular, dan risiko kesehatan lainnya. Selain itu, kondisi stres pasca melahirkan bisa menjadi pemicunya. 

Peradangan yang lebih sedikit juga dapat menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah turun, maka risiko terkena penyakit kardiovaskular juga dapat berkurang. Jadi, menambahkan salmon lezat ke rencana makan mingguan Bunda dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain meningkatkan perkembangan otak, asam lemak Omega-3 juga mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi organ vital ini. Salmon juga menurunkan kadar trigliserida, yaitu lemak jahat yang dikaitkan dengan kadar kolesterol yang tinggi, lemak tubuh berlebih, dan kesehatan yang buruk.

10. Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Rasanya lemas ketika menyusui si kecil, ya? Tenang saja, Bunda bisa kembali meningkatkan energi dalam tubuh dengan ikan salmon. Kandungan vitamin B kompleks, mulai dari B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12, bermanfaat untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Mendapatkan asupan vitamin B kompleks yang terdapat di dalam ikan salmon tentunya jauh lebih bermanfaat daripada hanya mengonsumsi satu jenis vitamin B saja.

11. Mencegah Kolesterol Jahat

Terakhir, ikan salmon juga bermanfaat mencegah kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik alias High Density Lipoprotein. Kandungan gizi yang memberikan khasiat ini adalah astaksantin. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar Ultraviolet (UV) ketika Bunda membawa si kecil berjalan-jalan ke luar nantinya.

Wah, menarik sekali mengetahui manfaat ikan salmon untuk ibu menyusui, ya! Bukan hanya Bunda, si kecil juga merasakan khasiat dari ikan salmon melalui asupan ASI yang dikonsumsi. Maka dari itu, Bunda perlu memperbanyak konsumsi ikan salmon agar kesehatan Anda dan buah hati tetap prima.

Kaldu Salmon MPASI dari Crystal of the Sea

Kini, Bunda bisa merasakan manfaat ikan salmon lebih praktis hanya dengan Kaldu Ikan Salmon dari Crystal of the Sea. Produk ini bebas dari kandungan garam dan MSG sehingga aman dikonsumsi selama masa menyusui. Bunda bisa menikmati ikan salmon dengan praktis, cukup ditaburkan atau ditambahkan pada makanan yang sedang dimasak. Dapatkan produknya sekarang dengan mengunjungi Tokopedia atau Shopee Crystal of the Sea!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://motherandbeyond.id/read/20269/ibu-menyusui-perlu-konsumsi-salmon-ini-manfaatnya
  • https://simplegreenmoms.com/benefits-of-eating-salmon/
  • https://www.pregnancyfoodchecker.com/eat-salmon-breastfeeding-smoked-raw/
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Ikan gabus, salah satu jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia, memiliki …

Zat gizi mikro adalah elemen penting dalam pola makan yang sering kali diabaikan. Meskipun …

Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat HACCP yang diterapkan pada sistem keamanan pangan. …