Banyak Khasiatnya, Inilah 6 Manfaat Ikan Salmon untuk Mata

Manfaat Ikan Salmon untuk Mata

Seorang filsuf Amerika Serikat bernama Ralph Waldo Emerson berkata bahwa mata adalah karunia yang tidak ternilai. Menurutnya, mata adalah kunci untuk memahami keindahan dunia ini. Tentu saja Anda sepakat dengan sang filsuf, bukan? Maka dari itu, Anda perlu menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi ikan salmon. Memangnya, apa saja manfaat ikan salmon untuk mata?

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Ikan salmon tidak hanya bermanfaat untuk mata, tetapi juga kecantikan kulit dan rambut Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengeklik artikel ini: Buat Kulit Kencang, Inilah Berbagai Manfaat Ikan Salmon untuk Kecantikan, karena di sini kita akan membahas khasiat ikan salmon untuk mata.

Yuk, kenali manfaat ikan salmon yang berharga untuk anggota tubuh vital Anda dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Kandungan Ikan Salmon

Alangkah baiknya Anda memahami kandungan gizi yang terdapat dalam ikan salmon sebelum memahami manfaatnya. Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), ikan salmon dengan berat 85 gram memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

1. Lemak

Satu porsi ikan salmon mentah seberat 85 gram mengandung 5,4 gram lemak. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.5 gram berasal dari asam lemak Omega-3 yang bermanfaat, termasuk EPA dan DHA. Ikan salmon juga mengandung lemak jenuh, tetapi bobotnya kurang dari 1 gram.

Profil asam lemak ikan salmon sebenarnya bervariasi berdasarkan jenis panennya, baik itu dibudidayakan atau ditangkap langsung dari alam liar. Salmon yang dibudidayakan memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi secara keseluruhan, termasuk lemak jenuh. Salmon liar lebih rendah lemaknya.

2. Protein

Terdapat 17 gram protein dalam potongan ikan salmon tangkapan liar seberat 85 gram. Karena salmon yang dibudidayakan memiliki lebih banyak lemak, maka proteinnya sedikit lebih rendah tergantung pada beratnya. Namun demikian, salmon merupakan sumber protein lengkap berkualitas tinggi yang menyediakan semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh kita.

3. Vitamin dan Mineral

Salmon menyediakan vitamin A dan vitamin B kompleks. Salmon juga merupakan salah satu dari sedikit sumber makanan alami vitamin D yang bisa Anda dapatkan dari makanan lainnya. Selain itu, salmon juga kaya akan beberapa mineral, termasuk magnesium, kalium, fosfor, seng, dan selenium. Ikan salmon yang disajikan secara kalengan mengandung lebih banyak kalsium karena bagian tulangnya yang dapat dimakan.

4. Kalori

Kalori memang terdapat dalam seluruh makanan sebagai sumber energi kita. Menariknya, Satu porsi ikan salmon seberat 85 gram hanya menyediakan 121 kalori. Sebagian besar kalori pada ikan salmon berasal dari protein, tetapi ada juga yang berasal dari lemak sehat. Jadi, ikan salmon merupakan pilihan makanan yang pas bagi kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Ikan Salmon yang Populer di Dunia beserta Kandungan Gizinya

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Mata

Banyak sekali kandungan gizi yang terdapat dalam ikan salmon, bukan? Semua kandungan gizi di atas bermanfaat untuk kesehatan seluruh anggota tubuh Anda, termasuk mata. Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari ikan salmon untuk kesehatan mata? Mari kita cek penjelasan di bawah ini.

1. Meredakan Mata Kering

Apabila Anda sering menghabiskan waktu di depan layar atau menggunakan lensa kontak, besar kemungkinan mata menjadi kering. Hal ini juga terjadi jika Anda terlalu berkonsentrasi saat mengemudi sampai mata kurang berkedip. Sensasi mata kering dan gatal ini terjadi ketika kelenjar di tepi kelopak mata tersumbat atau mengalami kelainan lain sehingga tidak mengeluarkan cukup minyak ke dalam air mata yang melapisi permukaan depan mata sehingga tetap lembap.

Omega-3 mencegah mata kering dengan membantu mengatasi peradangan dan mengurangi risiko penumpukan lilin dalam kelenjar kelopak mata Anda. Kandungan gizi yang esensial dalam ikan salmon ini dapat mengurangi kebutuhan akan tetes mata buatan karena produksi kelenjar minyak pada air mata terus dihasilkan.

2. Meningkatkan Kinerja Fotoreseptor

Docosahexaenoic acid (DHA) adalah salah satu jenis lemak Omega-3 yang berperan dalam penglihatan Anda dengan menjaga bentuk cakram dalam sel fotoreseptor. Sel-sel khusus ini bertanggung jawab untuk mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirim ke otak. Berkat fungsi kerja fotoreseptor, Anda bisa melihat warna dengan lebih jelas. Selain itu, fotoreseptor juga meningkatkan penglihatan pada malam hari, terutama jika sekeliling kita berada lebih gelap.

3. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula terjadi akibat kerusakan pada bagian kecil dan pusat dari retina, yang dikenal sebagai makula. Inilah yang menjadi penyebab utama gangguan penglihatan pada lansia, terutama usia 60 tahun ke atas. Makula sangat penting untuk penglihatan detail dan tajam, seperti membaca, mengemudi, dan mengenali wajah. Kondisi ini sering disebut sebagai AMD (Age-Related Macular Degeneration) karena lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua.

Kandungan ikan salmon yang bermanfaat untuk mencegah degenerasi makula adalah Omega-3 dan vitamin D. Asam lemak Omega-3 membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas, sementara vitamin D memiliki sifat antiinflamasi dan anti angiogenic yang melambatkan pertumbuhan pembuluh darah baru yang sering terlihat pada tahap akhir degenerasi makula terkait usia.

Baca juga: Wajib Tahu, Inilah 4 Ciri-Ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi

4. Mengurangi Risiko Katarak

Katarak adalah kondisi mata yang umum, terjadi ketika lensa mata yang biasanya bening menjadi keruh atau berawan. Hal ini dapat mengganggu penglihatan sehingga pandangan mata menjadi kabur, buram, atau sulit untuk melihat dengan jelas. Katarak sering kali dikaitkan dengan penuaan, tetapi faktor lain seperti cedera mata, riwayat keluarga, atau penggunaan obat tertentu juga dapat meningkatkan risiko kondisi ini.

Salah satu kandungan dalam ikan salmon, yaitu niasin atau vitamin B3 dapat mengurangi risiko katarak. Pasalnya, bagian inti lensa mata sensitif terhadap kekurangan nutrisi sehingga meningkatkan asupan niasin dapat efektif dalam melindungi mata dari katarak.

5. Melindungi Mata dari Glaukoma

Retina Anda memerlukan dua jenis asam lemak Omega-3 agar berfungsi dengan baik, yaitu DHA dan EPA. Anda dapat menemukan DHA dan EPA dalam ikan berlemak, termasuk ikan salmon. Omega-3 juga tampaknya melindungi mata Anda dari glaukoma.

Glaukoma adalah sebuah kondisi medis yang terkait dengan tekanan intraokular yang tinggi dalam mata. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada saraf optik, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan secara bertahap. Glaukoma adalah kondisi serius yang memerlukan perawatan medis teratur dan pemantauan oleh seorang profesional kesehatan mata. 

6. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Asam lemak Omega-3 adalah jenis lemak yang sehat. Salah satu fungsinya adalah perkembangan visual dan kesehatan retina yang terletak di bagian belakang mata. Selain itu, salmon juga dapat membantu mencegah mata kering sehingga Anda bisa melihat lebih jelas tanpa merasa terganggu dengan rasa gatal akibat masalah ini.

Manfaat ikan salmon untuk mata sangatlah besar. Anda perlu mempertimbangkan untuk memasukkan ikan salmon ke dalam menu agar kesehatan penglihatan tetap terjaga.

Bubuk Ikan Salmon Crystal of the Sea

Ada cara baru menyantap ikan salmon yang bisa Anda coba, yaitu menaburkan Kaldu Ikan Salmon dari Crystal of the Sea ke dalam hidangan yang sedang dimasak. Tenang saja, kandungan gizi yang ada dalam bubuk ikan salmon, khususnya Omega-3, tetap terjaga sehingga Anda bisa merasakan khasiatnya untuk mata. Selain itu, menambahkan Kaldu Ikan Salmon juga membuat makanan Anda menjadi lebih kaya rasa.

Tunggu apa lagi? Dapatkan produknya hanya di Tokopedia atau Shopee kami sekarang! Rasakan manfaat ikan salmon untuk mata hanya dengan produk food powder dari Crystal of the Sea!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.verywellfit.com/salmon-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4106641
  • https://www.webmd.com/eye-health/ss/slideshow-eyes-sight-foods
  • https://www.healthline.com/health/eye-health/best-foods-for-eyes
  • https://www.verlasso.com/verlasso-blog/2019/10/9/4-reasons-to-eat-salmon-for-healthy-eyesightnbsp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Selama setahun pertama kehidupan bayi, memberikan gizi yang tepat, terutama dalam hal protein, sangat …

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang kita anggap canggih tentu tidak lepas dari …

Asupan makanan yang tepat dan seimbang adalah kunci dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi …