Jadi Salah Satu Ikan yang Digemari, Ketahui Berbagai Kandungan Ikan Salmon

Kandungan Ikan Salmon

Ikan salmon bisa menjadi menu yang menjadi bintang dalam hidangan Anda. Tekstur daging yang lembut dan cita rasa yang lezat membuat bahan makanan ini disukai banyak keluarga. Namun, ada satu rahasia menakjubkan lainnya yang tidak boleh diabaikan, yaitu kandungan ikan salmon yang menyehatkan untuk keluarga Anda.

Di dalam setiap potongannya, ikan salmon mengandung berbagai gizi penting yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh keluarga Anda. Mulai dari asam lemak Omega-3 yang kaya manfaat hingga sejumlah vitamin dan mineral, ikan salmon menjadi hidangan yang siap memberikan dampak positif bagi kesejahteraan keluarga Anda secara keseluruhan.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Apa saja kandungan ikan salmon yang unggul sehingga membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk disantap bersama keluarga? Yuk, kita kupas tuntas bersama mengenai deretan gizi yang terkandung dalam ikan salmon melalui bacaan menarik di bawah ini!

Deretan Kandungan Ikan Salmon beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Anda

Berikut adalah daftar gizi yang bisa Anda temukan dalam ikan salmon beserta khasiatnya untuk kesehatan Anda dan keluarga!

1. Asam Lemak Omega-3

Apabila ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika membahas kandungan ikan salmon, itu adalah kandungan asam lemak Omega-3. Kandungan ini dikenal sebagai perisai pelindung kesehatan jantung dan otak Anda. Dalam ikan salmon, Anda akan menemukan dua jenis Omega-3 yang penting, yaitu EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid). 

EPA berperan dalam meredakan peradangan dalam pembuluh darah, menjaga tekanan darah tetap stabil, serta melindungi jantung dari risiko penyakit kardiovaskular. Sementara itu, DHA memiliki kemampuan luar biasa dalam mendukung perkembangan dan fungsi otak. DHA membantu menjaga kesehatan sel-sel pada otak, melawan penuaan otak, dan bahkan dapat mencegah gangguan neurodegeneratif.

Baca juga: Wajib Tahu, Inilah 4 Ciri-Ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi

2. Vitamin B12

Sekarang, mari kita berbicara tentang vitamin B12, gizi penting yang tidak boleh diabaikan. Vitamin B12 memiliki peran utama dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan saraf, serta mendukung fungsi otak yang optimal. 

Dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur, Anda memberikan dukungan penting bagi metabolisme tubuh dan menjaga sistem kekebalan. Jangan abaikan dampak vitamin B12 terhadap tingkat energi Anda. Dengan asupan yang cukup, Anda dapat mengatasi rasa lelah dan menjalani hari dengan semangat yang tidak  tergoyahkan.

3. Vitamin B6

Vitamin B6, juga dikenal sebagai piridoksin, adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan Anda. Vitamin ini berperan dalam regulasi kadar gula darah, produksi hormon, dan transmisi sinyal saraf.

Dengan mengonsumsi ikan salmon secara rutin, Anda turut mendukung kesehatan jantung dan sistem saraf Anda. Vitamin B6 juga berperan dalam membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi yang Anda butuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Ikan Salmon yang Populer di Dunia beserta Kandungan Gizinya

4. Vitamin D

manfaat ikan salmon dalam penyerapan kalsium berasal dari vitam D dalam ikan salmon

Anda mungkin lebih mengenal vitamin D sebagai ‘vitamin matahari’. Faktanya, ikan salmon juga menjadi sumber penting vitamin ini. Vitamin D dikenal penting dalam penyerapan kalsium, menjaga kesehatan tulang, dan meminimalkan risiko osteoporosis.

Dengan asupan vitamin D yang memadai melalui konsumsi ikan salmon, Anda turut mendukung struktur dan kekuatan tulang Anda sepanjang hayat.

5. Vitamin A

Tidak hanya kandungan yang sehat bagi mata, vitamin A dalam ikan salmon juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda.

Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan selaput mata, mencegah gangguan mata terkait usia, serta mendukung regenerasi sel yang sehat. Selain itu, vitamin A juga berperan sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari radikal bebas.

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, Anda mungkin merasa penasaran mengenai seperti apa karakteristik ikan salmon yang bisa dijadikan sebagai santapan bersama keluarga di rumah? Maka dari itu, bacalah artikel ini Wajib Tahu, Inilah 4 Ciri-Ciri Ikan Salmon yang Segar dan Bergizi supaya Anda tidak bingung ketika hendak memilih ikan salmon pada saat berbelanja!

Baca juga: Banyak Khasiatnya, Inilah Manfaat Ikan Salmon untuk Mata

6. Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin B3, atau yang lebih dikenal sebagai niasin, juga hadir dalam ikan salmon. Niasin berperan dalam menjaga kesehatan kardiovaskular Anda dengan mengatur kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, niasin juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan hati, meningkatkan aliran darah, dan mendukung metabolisme tubuh yang optimal.

7. Fosfor

Mineral fosfor, meskipun sering luput dari perhatian, memiliki peran penting dalam kesehatan Anda. Fosfor berperan dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat, serta menjaga keseimbangan pH tubuh yang optimal.

Melalui konsumsi ikan salmon, Anda membantu meningkatkan kesehatan sistem kerangka Anda, serta memastikan fungsi seluler tubuh berjalan dengan baik.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik untuk Tulang

8. Protein

Kandungan protein yang melimpah dalam ikan salmon juga bermanfaat besar pada kesehatan tubuh Anda. Protein adalah bahan dasar pembentukan jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. Dengan mengonsumsi ikan salmon yang kaya protein, Anda memberikan dukungan bagi pertumbuhan otot yang sehat, memperbaiki sel-sel tubuh, dan menjaga kesehatan kulit Anda.

Apabila sedang menjalani program diet, ikan salmon bisa menjadi makanan utama yang perlu dikonsumsi. Mengapa? Sama seperti protein lainnya, mengonsumsi ikan salmon juga memberikan rasa kenyang sehingga Anda tidak perlu memakan terlalu banyak camilan di luar jam makan utama.

9. Selenium

Jangan lewatkan kandungan selenium yang penting dalam ikan salmon. Selenium adalah mineral yang berperan sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan memiliki asupan selenium yang cukup melalui ikan salmon, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh dan sistem kekebalan yang kuat.

Baca juga: Buat Kulit Kencang, Inilah Berbagai Manfaat Ikan Salmon untuk Kecantikan

10. Kalori yang Seimbang

Selain kandungan gizinya yang kaya, ikan salmon juga mengandung kalori yang seimbang. Anda pun bisa menikmati makanan lezat tanpa perlu khawatir berlebihan mengonsumsi kalori.

Dalam sebuah pola makan yang sehat, keseimbangan kalori sangat penting untuk menjaga berat badan yang ideal dan metabolisme, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Bubuk Ikan Salmon yang Lezat dan Bergizi

Kesimpulannya, ikan salmon bukan hanya menjadi pilihan lezat dalam hidangan, tetapi juga merupakan sumber kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari asam lemak Omega-3, vitamin, mineral seperti fosfor, hingga selenium, semua komponen ini bekerja secara harmonis untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Jadi, tidak salah jika Anda berencana memasukkan ikan salmon ke dalam menu hidangan untuk disantap bersama keluarga, bukan? 

Anda juga bisa mencoba cara brilian lainnya untuk menghadirkan kandungan ikan salmon dalam makanan. Bagaimana caranya? Beli saja Kaldu Ikan Salmonberkualitas dari Crystal of the Sea! Anda cukup menaburkan Salmon Food Powder ke dalam hidangan dan keluarga sudah bisa merasakan kelezatan ikan salmon dan kandungan gizinya yang kaya.

Anda bisa menghubungi kami di siniatau membeli produk Salmon Food Powder di retail partner Crystal of the Sea. Ayo, berikan gizi yang menyehatkan untuk keluarga Anda hanya dengan food powder unggulan dari Crystal of the Sea!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/307811#how-to-incorporate-more-salmon-into-your-diet
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-salmon-yang-bisa-diperoleh-bagi-kesehatan
  • https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-salmon
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Bingung membuat makanan MPASI 1 tahun agar anak tidak GTM? GTM atau Gerakan Tutup …

Kehabisan ide resep makanan untuk anak? Anda berada di artikel yang tepat! Pada kesempatan …

Foodborne illness adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi …