Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Temukan Jawabannya di Sini

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang memiliki rasa sangat lezat dan nikmat. Rasanya yang lezat, membuat udang banyak diidamkan oleh ibu hamil. Lantas, bolehkah ibu hamil makan udang? Pertanyaan ini adalah salah satu yang paling banyak ditanyakan oleh ibu hamil. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat menyimak rangkuman lengkapnya dalam artikel ini. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang?

Apakah Boleh Makan Udang Saat Hamil

Ibu hamil tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi udang. Kadar merkuri pada udang tergolong rendah jika dibandingkan dengan makanan laut lainnya, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sekalipun.

Udang juga memiliki kandungan vitamin dan zat gizi yang sangat baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Produk Crystal of the Sea

Selain itu, udang tidak memiliki bau amis yang kuat, sehingga cocok dikonsumsi ibu hamil yang kerap kali mengalami mual atau muntah saat mencium bau yang kurang sedap.

Dilansir dari situs American Pregnancy Association menyatakan bahwa meskipun aman, ibu hamil tetap tidak boleh mengonsumsi udang terlalu banyak.

Jumlah konsumsi udang yang disarankan untuk ibu hamil yaitu sebanyak 200-300 gram (setara 2-3 porsi) saja per minggu.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Air Tawar yang Mengandung Protein Tinggi!

Manfaat Udang bagi Ibu Hamil

Manfaat Udang bagi Ibu Hamil

Udang adalah salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan zat gizi dan vitamin, seperti vitamin B2, vitamin B12, vitamin C dan vitamin D. Lalu apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Simak penjelasan detailnya berikut ini.

1. Membantu Pembentukan Otak dan Mata Janin

Membantu Perkembangan Otak dan Mata Janin

Udang mengandung asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosahexaenoic (DHA) dan kolin. Kandungan ini berperan dalam menyempurnakan pembentukan otak dan meningkatkan kecerdasan pada bayi. Selain itu, udang juga mengandung banyak omega-3 yang bisa membantu dalam perkembangan sistem saraf otak dan mata janin agar memiliki penglihatan yang baik.

Baca juga: 11 Resep Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak

2. Sumber Omega-3 yang Baik

Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Baik untuk Ibu Hamil

Sama seperti ikan, udang juga mengandung omega-3. Omega-3 sendiri sangat baik untuk ibu hamil karena memiliki banyak manfaat yang penting. Misalnya, omega-3 bisa mencegah kelahiran prematur pada bayi.

Selain itu, janin yang diberi asupan omega-3 yang cukup, dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Produk Crystal of the Sea

3. Mengatasi Kurang Darah

Makan Udang Saat Hamil untuk Mengatasi Kurang Darah

Kekurangan darah atau anemia bisa membuat ibu hamil merasa pusing, lemas dan tidak bertenaga. Mengonsumsi udang saat hamil bisa membantu mengatasi gejala tersebut. Ini karena udang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi berperan untuk memproduksi  sel darah dalam tubuh, sehingga bisa mencegah anemia. Zat besi juga membantu dalam pembentukan otot janin dan dapat mengurangi risiko keguguran.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Makan Udang Saat Hamil untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Udang memiliki kandungan vitamin C dan selenium yang membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu, udang juga mengandung asam amino dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga baik untuk kesehatan ibu hamil. Ini berarti, mengonsumsi udang dapat membuat ibu hamil dan janinnya menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari mengonsumsi udang bagi ibu hamil adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kolin pada udang tidak hanya berfungsi untuk membantu pembentukan otak janin, tetapi juga bisa untuk merawat kesehatan jantung ibu hamil.

Kolin dapat mengontrol konsentrasi homosistein dalam darah, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

6. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat berikutnya yang diperoleh para ibu adalah mampu mengatasi rambut rontok. Kandungan mineral yang sangat baik dalam udang dapat mengatasi kerontokan pada ibu hamil, mengingat ibu hamil dan ibu menyusui seringkali mengalami rambut rontok.

Selain itu, Zinc yang terkandung di dalam undang juga sangat baik dalam menyehatkan rambut dan kulit kepala, sehingga rambut bisa lebih sehat dan kuat.

Baca juga: 9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Sehat

Tips Mengolah Udang bagi Ibu Hamil

Tips Mengolah Udang bagi Ibu Hamil

Mengonsumsi udang memang aman untuk ibu hamil. Namun, sebelum dikonsumsi pastikan udang diolah dengan benar. Udang yang tidak diolah secara baik dan benar akan menimbulkan penyakit bagi ibu hamil. Ikuti beberapa tips berikut ini, agar udang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Belilah Udang di Tempat yang Tepercaya

Ibu hamil harus berhati-hati dalam membeli udang. Tidak semua udang di pasaran memiliki kualitas yang baik. Kadang ada saja penjual “nakal” yang mengakali pembeli dengan menjual udang busuk yang sudah diawetkan dengan zat-zat berbahaya. Jadi, usahakan untuk membeli udang dari tempat yang memiliki reputasi baik dan tepercaya.

2. Pilihlah Udang dengan Kualitas Baik

Supaya aman dikonsumsi oleh ibu hamil, udang yang diolah harus memiliki kualitas yang baik. Pilihlah udang yang masih segar agar kualitasnya terjamin.

Udang dengan kualitas baik biasanya ditandai dengan bau amis yang tidak terlalu kuat, tidak berlendir, dan tidak berwarna kehitaman atau oren tua. Pastikan juga kondisi tubuh makanan laut ini masih utuh dari ekor hingga kepala. 

3. Cuci Udang dengan Bersih

Pastikan udang sudah dalam keadaan yang benar-benar bersih sebelum diolah. Cuci udang dengan air mengalir agar bakteri dan parasit yang menempel bisa dengan mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan air cuka atau soda kue untuk mengurangi bau amis dan rasa mual saat dikonsumsi.

Jangan lupa juga untuk membuang kepala, cangkang, ekor, dan kotoran pada tubuh udang agar lebih bersih serta mudah dimakan.

4. Masak Udang Hingga Matang Sempurna

Cara mengolah udang untuk ibu hamil yang terakhir adalah dengan memasaknya hingga matang. Udang harus dimasak hingga matang sempurna agar aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hindari mengonsumsi udang mentah atau kurang matang, karena dapat menyebabkan listeriosis. Listeriosis adalah infeksi bakteri yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Infeksi ini bisa mengakibatkan ibu hamil mengalami keracunan bahkan keguguran.

Baca juga: Ciri-Ciri Udang Rebon yang Lezat dan Masih Segar!

Jadi, Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang?

Ya, tentu saja udang boleh dikonsumsi saat hamil dan tidak membahayakan bagi kesehatan ibu dan janin, karena udang merupakan sumber vitamin dan zat gizi yang sangat baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Bagaimana? Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang Anda sudah makin paham kan bahwa udang memiliki banyak manfaat dan boleh dikonsumsi untuk ibu hamil. Ada banyak cara untuk menikmati olahan udang, mulai dari digoreng, direbus, dan dipanggang.

Namun, bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi udang dengan cara yang lebih simpel dan praktis, bisa mencoba produk dried seafood dan food powder dari Crystal of the Sea.

Food Powder Crystal of the Sea Sehat Bergizi
Food Powder dari Crystal of the Sea yang Lezat Bergizi

Crystal of the Sea menyediakan Dried Seafood yang terbuat dari udang pilihan yang berkualitas premium, sehingga rasa dan kandungan zat gizinya tetap terjaga.

Selain udang, ada juga food powder yang terbuat dari teri nasi, teri jengki, dan rumput laut. Dapatkan produknya dengan menghubungi Crystal of the Sea sekarang juga!

Semoga penjelasan di atas dapat menjawab rasa penasaran Anda terkait pertanyaan “bolehkah ibu hamil makan udang?”, ya.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan: 

  • https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/is-it-safe/eating-shrimp-pregnancy/
  • https://www.alodokter.com/amankah-jika-ibu-hamil-makan-udang
  • https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/udang-untuk-ibu-hamil/
  • https://www.orami.co.id/magazine/bolehkah-ibu-hamil-makan-udang#manfaat-makan-udang-saat-hamil
  • https://katadata.co.id/iftitah/berita/622568b719f90/6-manfaat-udang-untuk-ibu-hamil-dan-cara-memasaknya
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi merupakan langkah penting dalam perkembangannya. Pada usia …

Ikan teri seringkali kita temukan di berbagai masakan, khususnya masakan Indonesia. Rasa yang gurih …

‘Don’t judge a book by its cover’. Begitulah ungkapan yang harus terlintas di benak …