7 Tips MPASI Saat Mudik yang Mudah Dilakukan

Tips MPASI saat Mudik Lebaran

Tradisi mudik lebaran memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang mempunyai anak, Anda harus mengetahui tips MPASI saat mudik lebaran.

Saat perjalanan mudik yang cukup panjang dengan jarak jauh, seringkali orang tua pasti akan khawatir dengan asupan makanan anak. Namun, dengan tips-tips mengenai bagaimana cara membawa MPASI saat mudik lebaran di bawah ini, dijamin asupan nutrisi anak dapat tetap terpenuhi selama dalam perjalanan mudik. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Tips MPASI Saat Mudik

Mempersiapkan MPASI untuk anak saat mudik lebaran bisa menjadi hal yang memusingkan bagi orang tua. Namun, dengan beberapa tips berikut, orang tua bisa memastikan bahwa anak tetap mendapatkan nutrisi yang baik meskipun sedang berada dalam perjalanan yang jauh ketika mudik.

1. Persiapkan Alat Makan dan Perlengkapan Serbaguna yang Mudah Dibawa

Sendok, garpu, piring, dan mangkuk dengan tutup harus dibawa selama perjalanan mudik. Jangan lupa juga untuk membawa tempat minum untuk anak Anda. Jika memungkinkan, alat serbaguna seperti hand blender atau food processor untuk bayi yang berukuran kecil atau sedang juga bisa dibawa agar bisa mencampur bahan-bahan padat sebagai makanan si kecil saat perjalanan.

Selain itu, Anda juga perlu membawa celemek makan anak agar ketika makan tidak begitu berantakan. Jika bisa, pastikan untuk membawa celemek dengan bahan kain agar dapat digunakan untuk membersihkan mulut dan muka anak. Jika anak Anda susah makan, coba bawa mainan atau barang lainnya yang biasa digunakan untuk membujuknya agar mau makan.

2. Bawa Perlengkapan MPASI di Dalam Tas Khusus

Perlengkapan MPASI yang akan dibawa harus dikemas secara terpisah di dalam tas yang khusus. Jangan campurkan perlengkapan MPASI dengan barang-barang lain karena bisa tumpah dan menimbulkan kekotoran. Selain itu, perlengkapan MPASI juga takutnya akan terkontaminasi oleh kotoran jika dicampur dengan barang-barang lain.

Coba pilih tas yang bisa memastikan bahwa makanan tetap higienis dan tahan bocor. Lebih baik lagi jika menyiapkan cooler box atau cooler bag untuk menyimpan MPASI anak agar lebih aman sekaligus menjaga makanan tetap dingin dan segar.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan MPASI yang Benar, Jangan Sampai Salah!

3. Siapkan Camilan Anak

Untuk mencegah agar si kecil tidak rewel, coba siapkan camilan untuk dimakan selama perjalanan. Beberapa camilan seperti potongan buah-buahan segar, roti, biskuit, keju, dan kue kering bisa dibawa sebelum berangkat.

Selain itu, Anda juga bisa membawa nugget khusus MPASI, rollade, dan menu homemade lainnya yang praktis untuk dibawa. Dengan demikian, orang tua bisa tenang dan memastikan agar si kecil selalu kenyang selama perjalanan. Jika anak lapar, mereka pasti akan rewel dan tidak nyaman selama perjalanan.

4. Hanya Berikan Makanan yang Telah Dikenal

Jangan memberikan makanan pendamping ASI yang pedas, asin, atau manis pada bayi, karena bisa memengaruhi sistem pencernaannya yang masih sensitif. Selain itu, pastikan tidak memberikan makanan yang belum dikenal atau dicoba sebelumnya pada bayi, untuk menghindari risiko alergi atau intoleransi.

5. Bawa Air Panas di Dalam Termos

Untuk berjaga-jaga, coba bawa air panas di dalam termos selama perjalanan mudik. Air panas sudah pasti akan selalu dibutuhkan ketika membawa bayi bepergian, baik itu untuk menyeduh susu formula, mencuci peralatan bayi, hingga mencairkan MPASI yang dibekukan. Selain itu, air panas juga akan sangat berguna untuk orang dewasa.

6. Bawa Air Putih

Selalu pastikan untuk membawa air putih sebagai sumber cairan yang penting bagi kesehatan anak. Jangan lupa membawa botol minum anak yang bersih dan selalu pastikan bahwa air putih yang dibawa sudah bersih, steril, dan selalu segar.

7. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum melakukan perjalanan mudik, orang tua harus selalu meminta nasihat dan rekomendasi dari dokter mengenai MPASI untuk anak. Dokter pasti akan memberikan tips dan saran yang tepat bagi kondisi anak dan memastikan agar nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dapat terpenuhi dengan baik selama perjalanan.

Baca juga: 6 Tips MPASI Saat Bepergian Anti Ribet

Bolehkah Menggunakan Garam Untuk MPASI?

Makanan untuk anak terutama bayi sebaiknya tidak mengandung garam dan gula. Bayi tidak membutuhkan garam dan gula olahan karena tubuhnya mengekstraksi gula dan garam dari makanan dalam bentuk alami.

Selain itu, konsumsi garam yang berlebih dapat mempengaruhi fungsi ginjal karena bayi tidak dapat memproses dan membuang kadar garam yang tinggi dari darahnya. Akibatnya tercipta tekanan pada ginjal dan penyakit ginjal di kemudian hari.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menggunakan food powder dari Crystal of the Sea sebagai penyedap rasa non-MSG. Bubuk Ikan Teri Nasi non-MSG ini memiliki banyak manfaat karena tinggi akan kandungan Omega 3, DHA, Kalsium, Protein, Iodium yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan jaringan tubuh, khususnya bayi Anda.

MPASI yang Cocok Dibawa Selama Perjalanan Mudik

Jika anak masih berumur kurang dari 6 bulan dan masih menerima ASI eksklusif, Anda tidak perlu repot mempersiapkan makanan lain selain ASI atau susu formula. Namun, jika anak anda sudah berusia lebih dari 6 bulan dan mulai mengonsumsi MPASI, situasinya akan berbeda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang cocok dibawa ketika mudik.

1. Puree

Puree buah atau sayuran yang dibuat sendiri bisa dibawa saat mudik, tetapi tidak bertahan lama sehingga sebaiknya dikonsumsi pada hari yang sama saat dibuat. Pastikan untuk menyimpan puree ini dalam wadah yang kedap udara untuk mencegah kontaminasi bakteri, atau akan lebih baik lagi jika disimpan di dalam cooler box atau cooler bag.

Baca juga: 11 Resep Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak

2. Sereal Instan

Sereal instan bisa merupakan salah satu pilihan MPASI terbaik untuk dibawa ketika mudik. Di pasaran sekarang, sudah ada banyak sekali rasa sereal yang dapat dipesan sesuai dengan selera anak. Untuk menyajikan sereal instan kepada anak, Anda cukup mencampurkannya dengan ASI, susu formula, atau air panas atau dingin saja.

3. Potongan Buah

Jika anak sudah bisa makan makanan yang lebih padat, Anda dapat membawa potongan buah sebagai alternatif. Pilih jenis buah yang disukai oleh anak agar dia mau memakannya dan pastikan potongan buah disimpan dalam wadah yang tertutup erat dan kedap udara agar tetap segar ketika dikonsumsi.

Bagaimana nih tips MPASI saat mudik lebaran di atas? Apakah cukup membantu? Agar bekal MPASI yang dibawa selama perjalanan mudik dapat menjadi lebih enak, coba taburkan food powder dari Crystal of the Sea di bagian atasnya dan aduk-aduk hingga rata. Hanya dengan sedikit taburan saja, MPASI Anda bisa memiliki rasa yang lebih enak dan kandungan nutrisi yang lebih banyak. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk kami, kunjungi di sini!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.fimela.com/parenting/read/3967588/4-tips-menyiapkan-mpasi-untuk-perjalanan-mudik-yang-lebih-nyaman
  • https://www.alodokter.com/bun-ini-pilihan-makanan-bayi-saat-perjalanan-mudik
  • https://www.cloudninecare.com/blog/salt-and-sugar-for-babies-reasons-to-avoid-them#:~:text=Foods%20for%20children%2C%20especially%20babies,eat%20better%20and%20grow%20better.
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Ikan teri seringkali kita temukan di berbagai masakan, khususnya masakan Indonesia. Rasa yang gurih …

Keamanan pangan dalam industri makanan tentu dilakukan berdasarkan tujuan yang jelas. Sebelum proses pengolahan …

Dalam era digital saat ini, teknologi terus berkembang pesat dan memberikan dampak signifikan dalam …