17 Camilan Malam untuk Diet yang Sangat Baik Buat Kesehatan

Camilan Malam untuk Diet

Perut yang berbunyi saat malam hari selalu menjadi ujian tersendiri bagi pejuang diet. Kabar bagusnya, Anda masih bisa mengisi perut dengan camilan malam untuk diet. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu diketahui sebelum menyantap snack di jam rawan lapar ini. Simak ulasan lengkap dari Crystal of The Sea untuk mengetahui cara aman ngemil sebelum tidur.

Apakah Boleh Mengudap di Malam Hari Saat Diet?

Bolehkah ngemil di malam hari saat diet?

Tentu saja boleh, selama Anda memperhatikan kadar kalori camilan yang dikonsumsi. Batas kadar kalori yang aman untuk dikonsumsi maksimal 200 kal. Jumlah kalori di bawah angka tersebut pun banyak ditemukan dalam camilan sehat, terutama buah-buahan.

Idealnya, Anda harus berhenti makan sekitar tiga jam sebelum tidur. Tubuh memerlukan waktu tersebut untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Waktu tidur Anda tidak akan terganggu selama proses pencernaan ini. Kendati demikian, masih ada sisa makanan di lambung sehingga Anda tidak merasa lapar sebelum tidur.

Namun, Anda boleh mengudap sebelum tidur, asalkan menu kudapannya tergolong sehat dan kurang dari jumlah kalori yang direkomendasikan. Pilihan snack-nya pun harus kaya akan zat gizi, terutama kandungan gizi yang membantu Anda untuk tidur lebih baik.

17 Rekomendasi Camilan Malam untuk Diet yang Menyehatkan

Rekomendasi Camilan Malam untuk Diet yang Menyehatkan

Kudapan sehat tidak kalah lezat untuk disantap pada malam hari. Beberapa menu kudapan justru memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh Anda. Apa saja menu camilan yang aman untuk disantap menjelang waktu istirahat?

1. Pisang

Camilan sehat yang aman dikonsumsi di malam hari yang pertama yaitu pisang. Buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang meski mengandung kalori yang lebih sedikit.

Kandungan nutrisi dalam pisang pun berguna untuk menjaga kualitas tidur Anda, salah satunya magnesium. Zat ini berguna untuk memberikan efek menenangkan. Ada pula hormon serotonin dan melatonin yang membantu Anda cepat terlelap saat tidur.

Baca juga: 20 Pilihan Camilan Sehat untuk Bumil yang Lezat dan Bergizi

2. Kiwi

Kadar kalori dua buah kiwi hanya sebesar 93 kal. Namun, buah ini mengandung hormon serotonin sehingga Anda lebih rileks saat beristirahat.

3. Sereal Gandum

Pilihlah sereal berbahan gandum sebagai santapan malam yang aman untuk Anda. Sereal seperti oatmeal lebih baik disajikan dengan susu hangat supaya bisa menjadi sumber serat. Tambahkan topping berupa buah beri supaya kandungan seratnya makin bertambah.

4. Yogurt Rendah Lemak

Low-fat yogurt biasanya tersaji dalam varian yogurt tanpa rasa dan hanya mengandung 100-150 kalori, jadi pas disantap sebagai makanan diet. Selain itu, yogurt dapat mengobati sakit mag berkat kandungan asam laktat yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka di dinding lambung. Anda dapat menambahkan potongan buah sebagai topping supaya tidak terlalu tawar.

5. Apel dan Selai Kacang

Selai kacang memang pas untuk diet di antara varian lainnya lantaran mengandung protein. Kandungan ini dapat membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu yang lama. Anda dapat menikmati selai kacang dengan buah apel yang mengandung serat.

Baca juga: 12 Makanan yang Mengandung Zat Gizi Alami Untuk Anak

6. Almond Fish Snack

Almond Fish Snack Camilan Malam untuk Diet yang Aman Dikonsumsi

Almond Fish Snack Camilan Malam untuk Diet yang Aman Dikonsumsi

Bagi pecinta seafood, ada camilan berbahan ikan yang aman disantap saat diet, yaitu Almond Fish Snack. Kalorinya rendah, tetapi mengandung banyak zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, yaitu omega-3 dan omega-6, vitamin B2, vitamin E, protein, dan kalsium.

Almond Fish Snack dibuat tanpa garam dan tambahan bahan-bahan berbahaya lainnya, karena telah mendapatkan sertifikasi BPOM dan Halal MUI, yang menegaskan bahwa keamanan dan kualitasnya sangat terjamin. Oleh karena itu, camilan ini merupakan pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan Anda selama menjalani diet dan gaya hidup sehat.

7. TELUR REBUS

Satu butir telur besar hanya mengandung 72 kalori. Telur tidak hanya mengandung protein, tetapi juga triptofan yang mampu meningkatkan kualitas tidur. Sajian telur idealnya direbus, tetapi tak masalah apabila ingin digoreng menjadi telur mata sapi.

8. Smoothie Protein

Smoothie identik dengan buah sehingga menu ini kaya akan serat. Namun, Anda dapat menambahkan protein berupa chia seeds, susu low-fat, susu kedelai, atau greek yoghurt. Akan lebih baik Anda memilih susu karena bahan ini kaya akan triptofan. Jumlah kalori dalam smoothie protein pun tetap kurang dari 200 meski ditambah bahan lainnya.

9. Pudaing Chia

Anda dapat menyajikan puding chia seeds pada siang hari untuk disantap sebagai camilan malam. Hidangan ini mengandung serat dan omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Chia seeds juga ideal dicampurkan ke smoothies, jus, atau yogurt supaya kandungannya lebih kaya.

10. Sandwich Sayuran

Daripada roti tawar, pilihlah roti gandum sebagai sandwich-nya karena hanya mengandung 138 kalori. Tambahkan mentimun, tomat, dan seledri sebagai filling sandwich. Sumber proteinnya bisa didapat dari suwiran daging ayam tanpa lemak.

Baca juga: 15 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak Disertai Contoh Resep

11. Tortila Gandum

Tortila dapat menjadi alternatif roti gandum karena kalorinya lebih sedikit, yakni 94 kalori. Anda tak perlu pusing memikirkan filling tortila, cukup gunakan saja potongan sayuran dan daging ayam layaknya sandwich gandum. Daging ayam juga mengandung triptofan yang sangat membantu menjaga kualitas tidur Anda.

12. Edamame

Kacang hijau asal Jepang ini telah banyak ditemukan di supermarket. Batasi konsumsi edamame hanya sebanyak 113 gram karena sudah mengandung kalori sebesar 150 kal. Kacang ini kaya akan protein sehingga mengandung asam amino triptofan pula.

13. Kacang Pistachio

Jenis kacang-kacangan lain yang berguna untuk membantu kualitas tidur Anda adalah pistachio. Kadar konsumsi pistachio yang wajar harus 28 gram dengan kandungan kalori sebesar 160 kal.

14. Buah Goji Berry

Terakhir, Anda dapat menyajikan goji berry sebanyak seperempat cangkir (40 gram) dengan kandungan 150 kal. Buah ini dapat disantap langsung atau dinikmati sebagai topping sereal atau yogurt. Goji berry mengandung vitamin A, B1, B2, dan C yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh.

Baca juga: Apakah Usia 18 Tahun Masih Bisa Tumbuh Tinggi? Ini Dia Jawabannya

15. Dark Chocolate dan Almond

Dark chocolate dan almond adalah rekomendasi camilan malam yang fantastic. Rasa Dark chocolate yang rich dipadukan dengan kacang renyah adalah duo rasa yang enak dan menyehatkan. 

Dark chocolate mengandung antioksidan, sedangkan almond kaya akan lemak sehatnya. Sehingga keduanya merupakan perpaduan yang pas untuk camilan malam yang sehat untuk jantung Anda, ditambah dengan cita rasa yang memuaskan tanpa menambah timbangan berat badan Anda. Cobalah beberapa sendok teh keping Dark chocolate atau sebatang Dark chocolate dengan segenggam Almond. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berat badan Anda!

16. Salad Alpukat

Anda dapat mencoba salad alpukat sebagai pilihan camilan sehat di malam hari untuk diet Anda. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung, serta serat yang membantu menjaga perut kenyang lebih lama. Selain itu, alpukat juga kaya akan berbagai zat gizi penting seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, dan magnesium.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun alpukat mengandung lemak sehat, buah yang satu ini juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang sesuai untuk tujuan diet Anda. Sebaiknya, hindari menambahkan banyak saus atau dressing yang tinggi lemak atau gula, karena hal tersebut bisa menambah jumlah kalori yang tidak diinginkan.

17. Ubi Jalar

saat menjalani diet, memperhatikan pilihan makanan dengan baik menjadi sangat penting, terutama untuk mengendalikan asupan kalori. Ubi jalar adalah salah satu pilihan camilan malam yang dapat menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan dengan kentang dalam konteks penurunan berat badan.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan kentang. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda mungkin merasa lebih puas setelah mengonsumsi ubi jalar.

Jadi, Mana Camilan Favorit Anda?

Dari semua menu camilan malam untuk diet di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Anda dapat menyediakan semua camilan tersebut di rumah, terutama Almond Fish Snack dari Crystal of The Sea, supaya tidak bosan saat disantap di malam hari.

Almond Fish Snack dapat langsung dikonsumsi sebagai camilan tanpa perlu dimasak atau diolah lagi, membuatnya menjadi pilihan yang praktis untuk diet sehat Anda.

Tertarik untuk mencobanya? Hubungi Crystal of The Sea untuk informasi lebih lanjut tentang camilan sehat ini.

Coba Gratis Produk Crystal Sea

Sumber rujukan:

  • https://health.clevelandclinic.org/is-eating-before-bed-bad-for-you
  • https://hot.liputan6.com/read/4474196/10-camilan-malam-hari-untuk-diet-rendah-kalori-dan-baik-bagi-kesehatan
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3129325/camilan-sebelum-tidur-di-malam-hari-yang-aman-bagi-pelaku-diet
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210913092414-267-693349/12-camilan-malam-untuk-diet-yang-tak-bikin-gemuk
  • https://www.healthline.com/nutrition/healthy-late-night-snacks
  • https://www.haibunda.com/moms-life/20221222125810-72-292951/17-camilan-malam-untuk-diet-yang-sehat-dan-tak-bikin-gemuk/
  • https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/sejuta-manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Salah satu hal yang menjadi perhatian para Bunda ketika hendak membeli produk makanan untuk …

Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan tahap perkembangan balita 0-5 tahun. Pada usia tersebut, …

Penerapan Good Manufacturing Practice adalah salah satu bentuk tanggung jawab bisnis yang bergerak di …