11 Rekomendasi Buku MPASI Terbaik untuk Panduan Anda

Rekomendasi Buku MPASI Terbaik

Don’t judge a book by its cover’. Begitulah ungkapan yang harus terlintas di benak Anda ketika hendak memilih buku resep MPASI terbaik. Pasti Anda pernah tertarik dengan buku resep MPASI yang sampulnya cantik, tetapi khawatir isinya tidak sesuai kebutuhan si kecil ketika berjalan di toko buku. Wajar saja karena Anda sedang mencari rekomendasi buku MPASI terbaik agar buah hati tetap aman saat mengonsumsi makanan padat.

Apakah Anda dan pasangan adalah orang yang sering bepergian sehingga sulit membuat MPASI untuk si kecil? Cobalah membaca 6 Tips MPASI Saat Bepergian Anti Ribet dahulu untuk menemukan langkah praktis mempersiapkan MPASI agar kebutuhan si kecil tetap terpenuhi. Selain bacaan menarik tentang MPASI, gunakan juga Kalkulator Nutrisi dari Crystal of the Sea untuk menghitung kandungan nutrisi dalam MPASI yang akan diberikan kepada si kecil.

Coba Gratis Produk Crystal Sea

Lebih baik Anda membaca artikel ini terlebih dahulu untuk menemukan rekomendasi buku MPASI yang wajib dimiliki. Deretan buku yang direkomendasikan sudah diseleksi sehingga hanya menampilkan buku MPASI yang ditulis oleh praktisi kesehatan dan ahli gizi yang terampil di bidangnya. Yuk, simak artikel ini untuk menemukan buku resep MPASI yang tepat untuk si kecil.

Tips Memilih Buku Resep MPASI

Sebelum mengetahui rekomendasi buku MPASI terbaik, Anda perlu mengetahui tips memilih buku resep MPASI yang sesuai kebutuhan. Ikuti tips di bawah ini sebelum memilih buku MPASI yang tepat dari rekomendasi kami.

1. Perhatikan Jumlah Resepnya

Makanan pendamping ASI atau MPASI biasanya diberikan pada bayi sejak berusia 6 bulan hingga 2 tahun. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan jumlah resep pada sampul atau daftar isi buku MPASI. Pilihlah buku dengan banyak varian resep, mulai dari 65, 150, 365, atau lebih.

Mengapa perlu memilih buku dengan resep MPASI yang banyak? Pertama, buku ini memberikan fleksibilitas dalam memilih menu sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi dapur Anda. Kedua, si kecil tidak akan bosan dengan hidangan MPASI yang monoton dan selalu baru setiap harinya.

Baca juga: 10 Resep MPASI 1 Tahun Anti GTM, Lezat, Bergizi dan Anak Suka

2. Sesuaikan dengan Usia Bayi

Buku resep MPASI yang tersedia di toko buku biasanya ditulis khusus untuk usia bayi tertentu. Anda bisa menemukan buku resep untuk usia 6 bulan, 6 bulan ke atas, 6-8 bulan, 9-11 bulan, 12-24 bulan, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan buku resep MPASI yang akan dipilih dengan usia bayi Anda. Pemilihan resep MPASI yang tidak sesuai dengan usia dapat menyebabkan si kecil alergi atau tersedak karena menu makanan yang tidak cocok. Disarankan agar Anda memilih buku resep dengan rentang usia terjauh agar bisa digunakan sampai si kecil berusia 2 tahun.

Baca juga: 15 Rekomendasi MPASI untuk Bayi 6 Bulan

3. Pastikan Buku Tersebut Ditulis oleh Ahlinya

Siapa saja bisa menulis buku resep MPASI, tetapi lebih baik Anda memilih buku yang ditulis oleh ahli di bidang MPASI, seperti dokter anak, ahli gizi, atau konsultan nutrisi anak. Anda tidak perlu khawatir karena buku resep MPASI yang ditulis oleh ahlinya bisa memberikan jaminan keamanan dan kesesuaian gizi bagi bayi. 

Namun, buku resep MPASI yang ditulis oleh orang yang bukan ahlinya tidak selalu berarti buruk. Biasanya, buku tersebut dilengkapi dengan pengantar atau komentar dari ahli yang memastikan agar setiap resep di dalamnya layak diberikan pada bayi.

Rekomendasi Buku MPASI Terbaik untuk Ibu Muda

Crystal of the Sea akan mengulas rekomendasi buku resep MPASI yang wajib Anda miliki. Setiap buku yang diberikan tentunya juga mudah dibaca dan dipahami oleh ibu muda yang baru memulai petualangan MPASI-nya bersama si kecil. Lihat deretan buku MPASI berikut ini.

1. Antiribet MPASI

Buku ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin memperkenalkan makanan padat kepada si kecil sesuai standar World Health Organization (WHO). Setiap resepnya dibuat dengan praktis tetapi tidak melupakan standar gizi secara internasional. ‘Antiribet MPASI’ lebih menekankan pengantar tentang MPASI sehingga resep yang disajikan lebih sedikit, tetapi Anda wajib memiliki buku ini sebagai sumber edukasi yang baik.

2. Cemong Book: MPASI 101, Panduan Praktis dan Lengkap Nutrisi Anak

Buku ini ditulis oleh dr. Citra Amelinda Sp.A., IBCLC sehingga isinya kredibel. Anda akan mendapatkan 101 resep MPASI yang praktis dan beberapa artikel tentang seluk-beluk MPASI untuk menambah wawasan. Isinya juga interaktif karena terdapat artikel tanya-jawab dan kesan dari pelatih MPASI.

Baca juga: GTM (Gerakan Tutup Mulut) pada Anak: Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Mommyclopedia 78 Resep MPASI

Satu lagi buku garapan dokter spesialis anak yaitu ‘Mommyclopedia: 78 Resep MPASI’. Buku ini wajib Anda miliki ketika si kecil sudah mulai memasuki usia MPASI. Anda akan menemukan bahan makanan yang bisa dijadikan MPASI sesuai usia dan perkembangan kemampuan makan si kecil.

4. 365 Hari MP ASI Plus – Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6-18 Bulan

Buku ini bisa menjadi investasi masa depan yang berharga karena berisi panduan MPASI sampai si kecil berusia 18 bulan. Anda juga akan menemukan 365 resep MPASI yang bisa dipilih dan tentunya mudah dibuat. Buku ini juga dilengkapi dengan halaman khusus untuk mengisi daftar belanja, catatan ibu, dan frame foto anak sehingga lebih eksklusif ketika sampai di tangan Anda. Dapatkan juga info gizi dan tips memasak sehat hanya di buku ini.

Baca juga: 7 Tips MPASI Working Mom Anti Ribet

5. A-Z tentang MPASI

‘A-Z tentang MPASI’ akan mengajarkan Anda mengenai seluk-beluk MPASI yang lengkap. Anda juga akan mendapatkan kisah inspiratif mengenai pengalaman pemberian MPASI sehingga Anda tidak akan menyerah ketika si kecil mulai melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut). Buku ini juga ditulis oleh perawat yang telah memperoleh gelar Ners sehingga isinya cukup kredibel.

6. 365++ Variasi Menu MPASI untuk Setahun

Buku ini juga menyajikan resep MPASI berbeda yang bisa Anda buat selama satu tahun. Setiap resepnya disertai informasi kandungan gizi sehingga Anda bisa memastikan agar kebutuhan nutrisi si kecil tetap cukup. Menariknya, setiap resep dalam buku ini dibuat secara halal sehingga cocok untuk keluarga Anda.

7. Diary MPASI

Penulis buku ini bukan ahli gizi atau praktisi kesehatan anak, tetapi memiliki kepedulian yang besar terhadap nutrisi dan kualitas makanan, termasuk MPASI. Dalam buku ini, Anda akan menemukan banyak resep yang disusun sesuai usia perkembangan buah hati. Anda juga akan mendapatkan panduan jadwal makan yang tepat, informasi bahan makanan yang mudah didapat, dan cara memasak MPASI yang praktis.

Baca juga: Mengenal Penyebab Bayi Sering BAB setelah Diberi MPASI

8. Baby Traveling

Dari judulnya, Anda bisa menebak kalau buku ini sangat cocok untuk orang tua yang sering membawa anaknya untuk bepergian. Menariknya, sang penulis Hindah Muaris memberikan tips membuat MPASI homemade untuk perjalanan jauh atau pergi ke luar negeri. Anda juga akan mendapatkan inspirasi mempersiapkan peralatan masak dan makan serta mengemas bahan makanan untuk dimasak di penginapan.

9. 200++ Makanan Sehat Bayi dan Balita

Buku inilah yang ideal disebut sebagai buku resep MPASI. Anda akan menemukan resep MPASI sehat yang praktis dibuat pada saat bepergian. Tidak hanya itu, buku ini juga berisi menu MPASI yang manjur untuk si kecil yang sedang sakit.

10. MP-ASI Tepat, Anak Sehat, Budget Hemat

Buku ini disusun oleh ahli gizi, ahli pangan, dan ahli sumber daya keluarga sehingga Anda mendapatkan sudut pandang yang beragam tentang MPASI. Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai pemberian MPASI, cara membaca label pada MPASI kemasan, bahkan mitos tumbuh kembang yang masih dipercayai hingga masa kini.

Baca juga: Mari Mengenal Bubuk Teri MPASI yang Lezat

11. Say Yes to Homemade MPASI

‘Say Yes to Homemade MPASI’ lebih istimewa daripada buku lainnya yang ada di rekomendasi ini. Anda akan menemukan langkah praktis mengatasi si kecil yang sedang GTM. Pilihan resepnya juga beragam dan bisa dipraktikkan hingga si kecil berusia 24 bulan dan mengakhiri masa MPASI-nya.

Siapa bilang bahwa buku MPASI hanya berisi informasi yang monoton dan seputar resep saja? Anda justru akan mendapatkan banyak wawasan berharga tentang MPASI dari daftar buku di atas. Jadi, jangan hanya terpaku pada buku resep saja, miliki juga buku yang mengupas tuntas tentang MPASI supaya Anda tidak kagok menghadapi masa ini.

Selain rekomendasi buku MPASI terbaik di atas, Anda juga perlu mempersiapkan masa istimewa ini dengan menyediakan bahan makanan yang tepat seperti food powder dari Crystal of the Sea. Pilihlah Food Powder Bundling 3 Rasa yang terdiri dari White Anchovy, Brown Anchovy, dan Shrimp. 

Setiap variannya memiliki kandungan gizi yang tinggi dan mendukung tumbuh kembang si kecil agar lebih optimal. Tenang saja, produk kami telah melalui tahap uji yang ketat sehingga aman untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Segera dapatkan produknya hanya di Tokopedia atau Shopee Crystal of the Sea supaya si kecil makin antusias saat menyantap MPASI!

Produk Crystal Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/buk­u-resep-mpasi/ 
  • https://my-best.id/139389
  • https://parentalk.id/rekomendasi-buku-mp­asi-yang-ditulis-dokter-anak/
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Perawatan kecantikan tidak hanya dilakukan dengan menggunakan produk untuk kulit dan rambut dan menerapkan …

Ikan teri telah lama dikenal sebagai salah satu sumber protein yang kaya dan lezat. …

Sudahkah Anda memilih bahan makanan yang sehat untuk keluarga? Jika belum, tidak ada salahnya …