5 Cara Membuat Bakwan Ikan Teri yang Praktis!

Bakwan ikan teri merupakan salah satu camilan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya itu, bakwan ikan teri juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat bakwan ikan teri yang praktis serta manfaat kandungan gizinya.

Baca juga: Ciri Ciri Ikan Teri yang Segar dan Varian Resepnya

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Cara Membuat Bakwan Ikan Teri yang Praktis

Bakwan ikan teri termasuk menu yang mudah untuk dibuat, jika Anda memahami setiap langkahnya. Adapun resep bakwan teri yang praktis yaitu:

1. Menyiapkan Bahan-Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan bakwan ikan teri, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:

  • 250 gram ikan teri basah
  • 1 bungkus tepung bakwan instan
  • 2 butir telur
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga memerlukan peralatan dapur seperti mangkuk, pengaduk, pisau, dan wajan untuk menggoreng.

2. Membersihkan Ikan Teri

Langkah pertama dalam membuat bakwan ikan teri adalah membersihkan ikan teri. Buang isi perut dan kepala ikan teri, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu, tiriskan ikan teri dengan menggunakan saringan atau tisu dapur.

3. Mencampurkan Seluruh Bahan

Setelah ikan teri bersih, haluskan bawang merah dan bawang putih menggunakan blender atau ulekan. Kemudian, potong daun bawang menjadi potongan kecil-kecil. Campurkan semua bahan, termasuk tepung bakwan instan, telur, bawang merah, bawang putih, daun bawang, garam, dan merica dalam sebuah mangkuk besar. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kental.

Baca juga: Perbedaan Ikan Teri Nasi dan Ikan Bilis yang Sering Dianggap Sama

4. Menggoreng Bakwan Sampai Matang

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Ambil satu sendok sayur adonan bakwan dan letakkan di atas wajan yang sudah dipanaskan. Goreng bakwan hingga kedua sisi berwarna keemasan dan matang sempurna. Pastikan untuk membalik bakwan secara merata agar matangnya juga merata.

5. Menyajikan Bakwan Ikan Teri

Setelah bakwan matang, angkat dan tiriskan minyak berlebih. Sajikan bakwan ikan teri hangat-hangat bersama sambal atau saus kesukaan Anda. Bakwan ikan teri siap disantap sebagai camilan atau lauk pendamping nasi.

Apa Saja Kandungan Gizi Penting Pada Bakwan Ikan Teri?

Bakwan ikan teri merupakan camilan yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan kandungan gizi yang penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa gizi penting yang terkandung dalam bakwan ikan teri:

  • Protein: Ikan teri adalah sumber protein hewani yang kaya. Protein sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. Protein juga diperlukan untuk pembentukan enzim, hormon, dan zat-zat lain yang penting bagi metabolisme tubuh.
  • Asam Lemak Omega-3: Ikan teri mengandung asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko peradangan, meningkatkan fungsi otak, serta mendukung perkembangan dan kesehatan mata.
  • Vitamin B12: Bakwan ikan teri juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, fungsi saraf, dan metabolisme energi. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, gangguan neurologis, dan masalah kesehatan lainnya.
  • Zat Besi: Ikan teri mengandung zat besi, mineral yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, lemah, dan penurunan daya tahan tubuh.
  • Kalsium: Meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit, ikan teri juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan dalam kontraksi otot, transmisi saraf, dan fungsi kardiovaskular yang normal.
  • Natrium: Ikan teri mengandung natrium atau garam. Kandungan ini bermanfaat untuk mengatur tekanan dan volume darah. Selain itu, natrium diperlukan oleh tubuh agar otot dan saraf bisa berfungsi dengan optimal.
  • Vitamin A: Vitamin A dalam ikan teri berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab peradangan, serta bermanfaat pula bagi kesehatan mata. Vitamin A membantu pembentukan fotopigmen rhodopsin di sel batang retina, yang penting untuk penglihatan malam dan mencegah rabun senja. Selain itu, vitamin A juga mendukung fungsi konjungtiva dan kornea, yang berperan dalam menjaga kelembapan mata dan memfokuskan cahaya yang masuk.

Baca juga: Jenis Ikan Teri dari Berbagai Dunia, Yuk Cari Tahu!

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara lengkap cara membuat bakwan ikan teri yang praktis serta kandungan gizi penting yang terdapat dalam camilan ini. Bakwan ikan teri bukan hanya lezat, tetapi juga kaya akan protein, asam lemak omega-3, vitamin B12, zat besi, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah membuat bakwan ikan teri di rumah sebagai camilan atau lauk pendamping nasi. Pastikan untuk membersihkan ikan teri dengan baik sebelum mengolahnya, serta memastikan adonan tercampur rata sebelum digoreng.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat meningkatkan rasa gurih dan gizi bakwan ikan teri dengan menambahkan bubuk ikan teri ke dalam bahan utama resep. Hal ini akan memberikan sentuhan khas yang lebih lezat dan sehat pada sajian camilan maupun lauk Anda.

Jika Anda bingung memilih bubuk ikan teri berkualitas untuk hidangan sehari-hari keluarga, kami merekomendasikan Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea sebagai pilihan terbaik. Produk ini telah terbukti memberikan rasa yang autentik dan kualitas yang terjamin untuk masakan Anda.

Bubuk Ikan Teri ini dibuat dari ikan teri segar yang diproses secara higienis dan dengan teknologi modern untuk menjaga kebersihan dan keamanan. Selain itu, bubuk ini memiliki konsistensi yang halus dan mudah larut, sehingga dapat dengan mudah dicampurkan ke dalam adonan bakwan ikan teri atau hidangan lainnya.

Dengan menggunakan Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea, Anda dapat memastikan bahwa masakan Anda akan memiliki cita rasa yang autentik dan kaya akan gizi baik.

Jadi, jangan menunda lagi. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Sumber referensi:

  • https://cookpad.com/id/resep/8233651-bakwan-ikan-teri
  • https://cookpad.com/id/resep/323568-bakwan-ikan-teri
  • https://sulsel.idntimes.com/food/recipe/atika-sari-5/resep-bakwan-teri-renyah-bikin-ketagihan-c1c2
  • https://www.dapurkobe.co.id/bakwan-teri
  • https://endeus.tv/resep/bakwan-teri-gorengan-praktis-yang-renyah 
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Dalam perjalanan menuju gaya hidup sehat, pemahaman yang mendalam tentang zat gizi makro menjadi …

Di tengah kesibukan dan tuntutan hidup modern, menjaga kesehatan menjadi hal yang makin penting. …

Apakah Anda tahu bahwa ada banyak sekali jenis ikan teri di luar sana? Ikan …