Ternyata Berbeda, Ini Perbedaan Gizi dan Nutrisi, Jangan Sampai Salah!

Perbedaan Gizi dan Nutrisi

Dalam era kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang, isu-isu kesehatan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Salah satu topik yang sering dibahas adalah masalah mengenai perbedaan gizi dan nutrisi. Meskipun keduanya sering kali diartikan sebagai hal yang sama, ternyata terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. 

Melalui artikel ini, Crystal of the Sea akan mencoba menjawab pertanyaan mengenai perbedaan gizi dan nutrisi. Untuk itu, mari mulai dengan memahami pengertian dari gizi dan nutrisi terlebih dahulu!

Apa Itu Gizi?

Gizi, atau dalam Bahasa Inggris disebut “nutrition,” berasal dari bahasa Latin “nutr,” yang berarti “to nurture” atau memberi makan dengan baik. Dalam Bahasa Indonesia, kita menggunakan kata “gizi,” yang diambil dari bahasa Arab “ghiza” dengan arti makanan yang menyehatkan. Meskipun istilah “gizi” sering kali dipertukarkan dengan “nutrisi” dalam penggunaan sehari-hari, ada perbedaan substansial di antara keduanya.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sebagaimana dijelaskan dalam buku “Ilmu Gizi” karya Prof. Dr. Hardiansyah, MS, gizi dapat diartikan sebagai makanan dan hubungannya dengan kebutuhan manusia. Gizi melibatkan penyediaan, pengolahan, distribusi pangan, dan konsumsi makanan yang berdampak pada keadaan tubuh seseorang. Status gizi juga merupakan hal penting, membedakan antara gizi lebih, gizi baik, dan gizi kurang.

Baca juga: Panduan Gizi MPASI: Manfaat Double Protein Hewani untuk Pertumbuhan Bayi

Apa Itu Nutrisi?

Di sisi lain, kata “nutrisi” lebih sering digunakan dalam konteks hewan dan tanaman, terutama dalam dunia peternakan dan pertanian. Nutrisi merujuk pada kata “nutrient,” yaitu zat-zat yang terkandung dalam pakan, baik untuk hewan maupun tanaman. Zat-zat ini mencakup karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air, unsur anorganik, dan mineral, mirip dengan apa yang dibutuhkan oleh manusia.

Baca juga: Panduan Ibu: 7 Sumber Protein Hewani untuk MPASI Bayi dalam Setahun Pertama

Apa Perbedaan Gizi dan Nutrisi?

Dalam mengidentifikasi perbedaan gizi dan nutrisi, penting untuk memahami konteks penggunaannya. Secara umum, “gizi” lebih sering dikaitkan dengan manusia, sementara “nutrisi” lebih bersifat umum dan dapat merujuk pada kehidupan makhluk hidup lainnya. Menurut Ikatan Sarjana Gizi Indonesia, perbedaan ini dapat diringkas sebagai berikut:

  • “Gizi” digunakan sebagai terjemahan dari “nutrition” untuk manusia.
  • “Nutrisi” digunakan sebagai terjemahan dari “nutrient” yang ditujukan untuk makhluk hidup seperti hewan dan tanaman.

Meskipun perbedaan ini mungkin terdengar subtil, konsistensi dalam penggunaan kata memungkinkan pemahaman yang lebih baik, terutama di kalangan masyarakat awam.

Baca juga: Bergizi! Inilah 11 Makanan Untuk Mencegah Stunting Pada Balita

Seberapa Penting Asupan Gizi yang Cukup untuk Manusia?

Dalam menjaga kesehatan tubuh, asupan gizi yang cukup memainkan peran krusial. Gizi yang mencakup berbagai zat penting seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air adalah fondasi untuk menjaga fungsi tubuh manusia optimal. Mari eksplorasi seberapa penting asupan gizi yang memadai untuk kesejahteraan manusia.

1. Karbohidrat: Sumber Utama Energi

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. Sebagian besar makanan yang kita konsumsi, terutama biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, mengandung karbohidrat. Tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang digunakan sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel tubuh dan otak. Asupan karbohidrat yang cukup diperlukan untuk menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

2. Lemak: Penting untuk Fungsi Tubuh

Lemak merupakan komponen penting dalam asupan gizi. Meskipun sering kali diidentifikasi sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan, lemak sebenarnya diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal. Lemak membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak (seperti vitamin A, D, E, dan K), melindungi organ internal, dan menyediakan energi cadangan. Pilihan lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan poli unsaturasi, sebaiknya menjadi bagian dari pola makan sehari-hari.

3. Protein: Bangunan Dasar Tubuh

Protein adalah bahan bangunan utama tubuh manusia, dan diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, pembentukan enzim dan hormon, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Asupan protein yang cukup menjadi kunci dalam memastikan bahwa tubuh memiliki sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Sumber protein yang baik meliputi daging, ikan, telur, dan produk susu.

4. Vitamin dan Mineral: Pengatur Fungsi Tubuh

Vitamin dan mineral merupakan gizi penting yang diperlukan dalam jumlah kecil, tetapi sangat berperan besar dalam mengatur fungsi tubuh. Vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin K memiliki peran khusus dalam mendukung kesehatan sel, penglihatan, dan pembekuan darah. Sementara itu, mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium diperlukan untuk pembentukan tulang, pembentukan darah, dan fungsi otot yang optimal.

5. Air: Kunci Hidrasi dan Fungsi Tubuh

Pasti semua orang sudah tahu kan kalau tubuh manusia 70% air? Oleh karena itu, air juga merupakan komponen penting dalam asupan gizi. Air dapat membantu dalam proses pencernaan, menjaga suhu tubuh, dan menyediakan media bagi reaksi kimia dalam tubuh. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk memastikan fungsi organ-organ tubuh berjalan lancar.

Baca juga: 20 Pilihan Camilan Sehat untuk Bumil yang Lezat dan Bergizi

Peran Gizi untuk Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak merupakan fase kritis dalam kehidupan yang membutuhkan perhatian khusus terutama terkait dengan asupan gizi. Asupan gizi yang cukup menjadi fondasi penting dalam mendukung pertumbuhan fisik, kognitif, dan emosional anak-anak. Mari eksplorasi lebih lanjut mengenai peran gizi dalam tumbuh kembang anak.

1. Pertumbuhan Fisik

Gizi memiliki peran sentral dalam mendukung pertumbuhan fisik anak. Gizi seperti protein, kalsium, dan vitamin D diperlukan untuk pembentukan tulang yang kuat dan pertumbuhan otot yang optimal. Makanan yang kaya akan gizi, seperti susu, daging, dan produk olahan susu, menjadi penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan asupan yang cukup untuk membangun fondasi tubuh yang sehat.

2. Perkembangan Otak

Asupan gizi yang baik memiliki dampak besar pada perkembangan kognitif anak. Asam lemak omega-3, terutama DHA, yang ditemukan dalam ikan dan telur, telah terbukti berperan dalam perkembangan fungsi otak. Gizi lain seperti zat besi dan vitamin B kompleks juga penting untuk mendukung kesehatan otak dan sistem saraf.

Baca juga: 11 Resep Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak

3. Sistem Kekebalan Tubuh

Gizi yang baik membantu membangun sistem kekebalan tubuh anak-anak. Vitamin C, vitamin A, dan seng, yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan daging, memiliki peran krusial dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan umum anak. Anak-anak yang mendapatkan asupan gizi yang cukup lebih mampu melawan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh mereka.

4. Kesehatan Emosional

Asupan gizi yang seimbang dapat memengaruhi kesehatan emosional anak. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah dan kaya serat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menjaga mood dan mengurangi risiko gangguan kecemasan dan depresi pada anak-anak.

5. Kebiasaan Makan Sehat

Gizi pada masa anak-anak membentuk dasar dari kebiasaan makan sehat ketika mereka dewasa. Mengajarkan anak-anak tentang pentingnya makanan sehat, variasi dalam pola makan, dan proporsi yang tepat dapat membantu mereka membentuk kebiasaan makan yang baik sepanjang hidup. Mendukung kebiasaan makan sehat sejak dini dapat mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan nutrisi di kemudian hari.

Nugget Tempe Teri Wortel dari Crystal of the Sea

Dapatkan Makanan Bergizi untuk Anak dari Crystal of the Sea!

Ketika membahas peran gizi dalam tumbuh kembang anak, penting untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya. Crystal of the Sea hadir sebagai solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak Anda dengan menyediakan frozen food sehat untuk anak Anda.

Jangan biarkan kebingungan tentang mencari makanan sehat untuk anak-anak menghalangi langkah Anda. Dapatkan produk Crystal of the Sea sekarang juga dan berikan yang terbaik untuk kesehatan dan kebahagiaan Sang Buah Hati. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk yang kami tawarkan, Anda bisa klik di sini!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://gizigo.id/perbedaan-gizi-dan-nutrisi/
  • https://sigap.tanotofoundation.org/ayah-bunda-ternyata-gizi-dan-nutrisi-memiliki-perbedaan-makna-lho-sudah-tahu/
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Memperkenalkan ikan teri sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk bayi adalah pilihan cerdas yang …

Apabila ingin merayakan Hari Gizi Nasional, maka sebaiknya Anda mempelajari slogan stunting terlebih dahulu. …

Kesehatan bayi adalah prioritas utama bagi orang tua, dan gizi memainkan peran penting dalam …