Apa Saja Makanan Tinggi Kalsium untuk Ibu Menyusui?

Makanan Tinggi Kalsium untuk Ibu Menyusui

Selama masa menyusui, kesehatan ibu sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bayi dan kesehatan dirinya sendiri. Oleh karena itu, makanan tinggi kalsium untuk ibu menyusui harus dikonsumsi setiap harinya. Kalsium bukan hanya membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi, tetapi juga memastikan kesehatan tulang ibu tetap optimal.

Dalam artikel ini, Crystal of the Sea akan membahas pentingnya kalsium untuk ibu menyusui, berapa asupan yang dibutuhkan, dan makanan tinggi kalsium untuk ibu menyusui yang dapat diintegrasikan ke dalam pola makan sehari-hari. Mari pelajari selengkapnya di bawah ini!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Mengapa Kalsium Penting untuk Ibu Menyusui?

Sebagai seorang ibu menyusui, kebutuhan tubuh akan gizi meningkat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kalsium memiliki peran khusus dalam pembentukan tulang dan gigi bayi, yang berlangsung dengan cepat selama periode menyusui. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu, mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis di kemudian hari.

Berapa Asupan Kalsium Harian yang Dibutuhkan oleh Ibu Menyusui?

Asupan kalsium harian yang disarankan untuk ibu menyusui bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, berat badan, dan kebutuhan khusus ibu tersebut. Dilansir dari University of California San Francisco Health, asupan kalsium harian yang disarankan untuk ibu menyusui adalah 1.300 miligram per hari. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium harian, ibu dapat memastikan tubuhnya mendukung kesehatan tulang dan gigi, serta memberikan gizi yang cukup untuk bayi melalui ASI.

Makanan Tinggi Kalsium untuk Ibu Menyusui

Selama masa menyusui, menjaga asupan kalsium yang cukup merupakan faktor kunci untuk mendukung kesehatan tulang ibu dan perkembangan bayi. Berikut ini adalah beberapa makanan tinggi kalsium untuk ibu menyusui yang dapat menjadi pilihan sehat.

1. Susu dan Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu, seperti yogurt dan keju, adalah sumber kalsium yang sangat baik. Kandungan kalsium dalam produk susu membantu memperkuat tulang dan gigi serta mendukung sistem saraf. Selain itu, kehadiran vitamin D dalam susu membantu penyerapan kalsium, membuatnya menjadi pilihan yang komprehensif untuk kesehatan tulang secara keseluruhan.

2. Ikan Teri

Meskipun kecil, ikan teri adalah salah satu makanan dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi. Ikan ini dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan atau dijadikan camilan sehat. Selain kalsium, ikan teri juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi, menjadikannya opsi gizi yang berlimpah.

Apabila Anda ingin ikan teri yang mudah dikonsumsi, jangan ragu untuk membeli ikan teri kering dari Crystal of the Sea. Anda dapat menggunakan produk ini untuk berbagai masakan, baik itu tumis, rebus, maupun goreng. Cukup tambahkan produk ini ke dalam masakan Anda, dan makanan pun akan menjadi makin gurih dan Anda juga akan mendapatkan tambahan kalsium yang dibutuhkan tubuh.

3. Salmon

Salmon, selain sebagai sumber protein, juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Pilihan makanan yang lezat dan sehat untuk ibu menyusui. Selain itu, salmon juga menyediakan vitamin D, yang bekerja bersama kalsium untuk menjaga kepadatan tulang dan menjaga keseimbangan hormon.

Baca juga: Banyak Khasiatnya, Inilah 6 Manfaat Ikan Salmon untuk Mata

4. Sawi Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti sawi hijau adalah sumber kalsium nabati yang baik. Memasukkan sawi hijau ke dalam salad atau sajian sayur dapat menambah asupan kalsium. Selain itu, sawi hijau juga mengandung vitamin K yang mendukung kesehatan pembekuan darah dan folat yang penting untuk perkembangan sel-sel tubuh.

5. Bok Choy

Bok choy adalah sayuran cruciferous yang mengandung kalsium. Mengonsumsinya dalam berbagai masakan dapat memberikan variasi rasa dan gizi. Bok choy juga merupakan sumber serat yang baik, membantu menjaga pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

6. Kacang Tanah

Kacang tanah, selain menjadi camilan yang enak, juga mengandung kalsium. Menyajikannya sebagai camilan sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Selain itu, kacang tanah juga kaya akan magnesium, yang mendukung fungsi otot dan saraf yang sehat.

7. Chia Seeds

Chia seeds adalah sumber kalsium nabati yang kaya akan gizi yang dibutuhkan ibu menyusui. Menambahkan chia seeds ke dalam smoothie atau yogurt dapat meningkatkan asupan kalsium. Chia seeds juga mengandung serat yang tinggi, membantu menjaga kadar gula darah dan memberikan energi bertahap sepanjang hari.

8. Almond

Almond adalah kacang-kacangan yang mengandung kalsium. Dapat dikonsumsi langsung, ditambahkan ke dalam salad, atau diolah menjadi susu almond untuk variasi makanan sehat. Almond juga mengandung vitamin E yang baik untuk kulit dan antioksidan yang mendukung kesehatan sel tubuh.

9. Sarden

Sarden yang dikonsumsi dengan tulang memberikan kontribusi kalsium yang signifikan. Pilihlah sarden dalam kemasan yang rendah garam dan mengandung minyak sehat. Selain kalsium, sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung fungsi jantung dan otak.

10. Rumput Laut

Rumput laut adalah sumber kalsium yang unik dan dapat menjadi tambahan menarik dalam diet ibu menyusui. Selain kalsium, rumput laut juga kaya akan gizi lainnya seperti yodium, yang penting untuk fungsi kelenjar tiroid, dan zat besi yang mendukung transportasi oksigen dalam darah. Integrasi rumput laut dalam diet memberikan keberagaman gizi yang diperlukan tubuh.

Baca juga: 10 Ciri Bayi Kekurangan ASI dan Cara Mengatasi dengan Tepat: Panduan untuk Ibu Menyusui

Untuk mendapatkan kandungan kalsium dari rumput laut, Anda bisa menaburkan bubuk rumput laut dari Crystal of the Sea ke dalam masakan Anda. Terbuat dari perpaduan Nori dan Wakame kualitas premium tanpa tambahan garam, gula, atau bahan-bahan lainnya, produk ini kaya akan yodium, omega-3, asam folat, vitamin B9, dan protein.

Set of 5 Small Jar Crystal of the Sea

Selain ikan teri kering dan bubuk rumput laut, Crystal of the Sea juga menyediakan berbagai produk makanan tinggi kalsium lainnya untuk ibu menyusui lainnya. Selain tinggi akan kalsium, semua produk Crystal of the Sea juga terbuat dari bahan-bahan premium yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui dan bahkan Si Kecil.

Produk Crystal of the Sea

Selain untuk makanan ibu menyusui, produk-produk Crystal of the Sea juga sangat cocok untuk digunakan untuk MPASI. Anda cukup menambahkan food powder seperti bubuk rumput laut ke atas MPASI atau memasukkannya ke dalam resep masakan MPASI Anda. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/ini-dia-makanan-pengganti-susu-yang-kaya-kalsium
  • https://www.halodoc.com/artikel/selain-susu-inilah-10-makanan-sumber-kalsium
  • https://www.alodokter.com/daftar-makanan-berkalsium-tinggi
  • https://www.orami.co.id/magazine/10-makanan-yang-mengandung-kalsium-baik-dikonsumsi-ibu-dan-anak
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Masa pertumbuhan gigi pada anak merupakan periode penting yang penuh dengan suka duka. Oleh …

Sudahkah Anda memilih bahan makanan yang sehat untuk keluarga? Jika belum, tidak ada salahnya …

Keamanan pangan dalam industri makanan tentu dilakukan berdasarkan tujuan yang jelas. Sebelum proses pengolahan …