18 Makanan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Tinggi Kalsium

Makanan tinggi kalsium merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Kalsium tidak hanya diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat, tetapi juga memiliki peran penting dalam fungsi saraf, otot, dan pembekuan darah.

Meskipun susu sering dianggap sebagai sumber utama kalsium, banyak makanan lain yang dapat menjadi pilihan yang lezat dan sehat.

Dalam artikel ini, Crystal of the Sea akan membahas beberapa makanan tinggi kalsium selain susu yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Mari simak daftar lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Makanan yang Baik untuk Tulang yang Kuat dan Sehat

Daftar Makanan Tinggi Kalsium untuk Kesehatan

Sekarang, mari temukan berbagai makanan tinggi kalsium dan bisa menjadi alternatif lezat bagi Anda yang mungkin tidak mengkonsumsi susu atau mencari variasi dalam pola makan.

1. Ikan Teri

Ikan teri adalah camilan ringan yang tinggi kalsium dan bisa menjadi alternatif yang lezat. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, ikan teri merupakan pilihan cerdas untuk meningkatkan asupan kalsium harian Anda. Rasanya yang khas juga membuatnya cocok sebagai camilan yang memuaskan selera Anda.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat kalsium yang tinggi dari ikan teri, Anda dapat menggunakan ikan teri kering dari Crystal of the Sea. Baik itu tumisan, rebus, atau goreng, produk ikan teri kering kami dapat digunakan untuk meningkatkan rasa gurih pada makanan yang telah Anda buat.

Baca juga: 11 Olahan Ikan Teri yang Praktis, Lezat, dan Bergizi

2. Kacang Merah

Kacang merah, selain menjadi sumber kalsium yang baik, juga merupakan bahan makanan serbaguna yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam berbagai resep makanan. Mulai dari salad hingga hidangan utama vegetarian, kacang merah memberikan keberagaman pada pola makan sehari-hari kita.

3. Ikan Sarden

Ikan sarden adalah salah satu makanan yang kaya kalsium. Dalam setiap 100 gram ikan sarden, terdapat sekitar 95 mg kalsium.

Selain itu, ikan sarden juga mengandung protein dan omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, dan kulit.

Dengan demikian, untuk meningkatkan asupan kalsium Anda, Anda dapat memasukkan ikan sarden ke dalam menu makanan harian Anda.

4. Edamame

Edamame adalah camilan sehat yang kaya akan kalsium, dengan sekitar 128 gram mengandung sekitar 80 mg kalsium.

Selain itu, edamame juga menyediakan protein berkualitas tinggi dan asam amino penting untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

Memasukkan edamame dalam pola makan sehari-hari dapat memberikan kontribusi positif terhadap asupan kalsium dan nutrisi esensial lainnya.

5. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga mengandung zat besi yang penting untuk mencegah anemia.

Rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya menjadikan bayam sebagai tambahan yang berharga untuk menjaga kekuatan tulang dan menjaga kesehatan darah.

Mengonsumsi 100 gram atau semangkuk kecil bayam matang dapat memenuhi 25% atau sekitar 150 mg dari kebutuhan kalsium harian Anda.

6. Kangkung

Kangkung, selain memiliki rasa yang segar, merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi kangkung secara teratur, Anda tidak hanya menambahkan variasi pada makanan Anda tetapi juga mendukung kekuatan tulang dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Brokoli

Brokoli adalah sayuran cruciferous yang tidak hanya kaya akan kalsium tetapi juga mengandung vitamin K. Vitamin K berperan penting dalam pembentukan tulang yang sehat, sehingga menambahkan brokoli ke dalam diet Anda adalah langkah cerdas untuk mendukung kesehatan tulang.

8. Kale

Kale adalah salah satu sayuran hijau dengan kandungan kalsium yang signifikan. Dalam setiap porsi 128 gram kale yang telah dimasak, terdapat sekitar 192 mg kalsium. Selain itu, kale juga menyediakan sejumlah vitamin yang beragam, termasuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Baca juga: 12 Pilihan Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

9. Yogurt

Yogurt, sebagai produk susu fermentasi, tidak hanya menyediakan kalsium tetapi juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Pilih yogurt rendah lemak untuk mendapatkan manfaat kalsium tanpa terlalu banyak lemak jenuh.

10. Tahu

Tahu, selain menjadi sumber protein nabati yang baik, juga mengandung kalsium. Dengan kemampuannya untuk diintegrasikan ke dalam berbagai hidangan, mulai dari tumis hingga sup, tahu adalah opsi makanan yang serbaguna dan sehat.

11. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan kalsium dan vitamin C. Dengan kandungan tersebut, jeruk tidak hanya mendukung kesehatan tulang, tetapi juga membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Sertakan jeruk dalam makanan harian Anda untuk manfaat ganda yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang.

12. Pisang

Pisang, selain menjadi buah yang lezat, mengandung kalsium dan potasium. Kombinasi ini tidak hanya mendukung kesehatan tulang tetapi juga menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi otot yang optimal. Pisang dapat menjadi pilihan camilan yang sehat dan lezat untuk menambah asupan kalsium harian Anda.

13. Alpukat

Alpukat bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan gizi, termasuk kalsium. Alpukat mengandung sejumlah zat-zat penting, seperti vitamin K, vitamin E, dan serat. Kandungan kalsium dan vitamin K dalam alpukat memberikan dukungan tambahan untuk kesehatan tulang dan penyembuhan luka, sementara vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Mengenal 8 Manfaat Ikan Gabus Pasca Operasi dan Cara Mengonsumsinya

14. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang tinggi akan kalsium. Selain kalsium, mengonsumsi kacang kedelai atau susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis pada wanita karena mengandung fitoestrogen.

Menyertakan kacang kedelai dalam makanan sehari-hari Anda dapat menjadi langkah cerdas untuk memperkaya gizi dan mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

15. KUACI

Kuaci atau biji bunga matahari adalah salah satu camilan sehat yang tinggi kalsium dan cocok dinikmati di antara waktu makan Anda. Satu cangkir kuaci mengandung sekitar 109 mg kalsium. Tidak hanya itu, kuaci juga kaya akan magnesium yang berguna untuk menyeimbangkan efek kalsium dalam tubuh serta menjaga kesehatan otot dan saraf.

16. KACANG ALMOND

Makanan kaya kalsium lainnya adalah kacang almond. Kacang ini tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung 385 mg kalsium dalam satu cangkir. Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam porsi yang sama, kacang almond juga memiliki 838 kalori dan 72 gram lemak. Oleh karena itu, konsumsinya sebaiknya tidak berlebihan.

17. IKAN SALMON

Ikan salmon adalah jenis ikan lain yang juga kaya akan kalsium. Dalam 100 gram salmon, terdapat sekitar 26 mg kalsium. Selain kalsium, ikan ini juga mengandung vitamin D yang membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

18. Rumput Laut

Rumput laut adalah sumber kalsium yang baik dan dapat ditambahkan ke dalam berbagai hidangan, mulai dari sup hingga salad.

Dengan teksturnya yang unik dan rasa laut yang khas, rumput laut tidak hanya menyediakan kalsium tetapi juga berkontribusi pada variasi dan kelezatan hidangan Anda.

Untuk mendapatkan manfaat kalsium yang tinggi dari rumput laut, Anda dapat menggunakan bubuk rumput laut dari Crystal of the Sea.

Produk ini terbuat dari dari perpaduan Nori dan Wakame kualitas premium tanpa tambahan garam, gula, atau bahan-bahan lainnya.

Anda dapat langsung menambahkannya ke makanan Anda, baik ketika sudah jadi atau saat masih dimasak.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

BERAPA ASUPAN KALSIUM YANG DIBUTUHKAN TUBUH?

Kekurangan kalsium di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk osteoporosis dan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, memastikan asupan kalsium yang cukup melalui makanan adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berdasarkan Dietary Reference Intake (DRIs), yang digagas oleh Food and Nutrition Board (FNB), Institute of Medicine of the National Academies, Inggris, jumlah kebutuhan kalsium dapat berbeda-beda tergantung usianya, yaitu:

  • 0-6 bulan: 200 miligram.
  • 7-12 bulan: 260 miligram.
  • 1-3 tahun: 700 miligram.
  • 4-8 tahun: 1.000 miligram.
  • 9-18 tahun: 1.300 miligram.
  • 19-50 tahun: 1.000 miligram.
  • 51-70 tahun: 1.000 miligram untuk pria, dan 1.200 miligram untuk wanita.
  • >71 tahun: 1.000 miligram.
  • Ibu hamil dan menyusui: 1.300 miligram.
Set of 5 Small Jar Crystal of the Sea

Itulah 15 makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi selain susu yang dapat Anda coba di rumah.

Ternyata selain ikan teri kering dan bubuk rumput laut yang telah disebutkan di atas, Crystal of the Sea juga menyediakan berbagai produk makanan tinggi kalsium lainnya, mulai dari bubuk ikan teri, kaldu ikan gabus, kaldu bubuk udang, nugget tempe teri, dan masih banyak lagi.

Tentu saja semua produk Crystal of the Sea juga dibuat dari bahan-bahan premium yang aman dikonsumsi oleh balita hingga lansia.

Produk Crystal of the Sea

Produk-produk Crystal of the Sea juga sangat mudah dikonsumsi, Anda dapat langsung mengkonsumsi dried seafood kami, seperti ikan teri kering, tanpa perlu dimasak lagi.

Untuk bubuk rumput laut, Anda juga dapat langsung menambahkannya ke dalam resep masakan atau menaburkannya di atas makanan yang sudah jadi. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk yang kami tawarkan, Anda bisa klik di sini!

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/ini-dia-makanan-pengganti-susu-yang-kaya-kalsium
  • https://www.halodoc.com/artikel/selain-susu-inilah-10-makanan-sumber-kalsium
  • https://www.alodokter.com/daftar-makanan-berkalsium-tinggi
  • https://www.orami.co.id/magazine/10-makanan-yang-mengandung-kalsium-baik-dikonsumsi-ibu-dan-anak
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Tradisi mudik lebaran memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Oleh karena …

Udang merupakan salah satu makanan laut (seafood) yang digemari oleh banyak orang. Dibandingkan dengan …

Bayi yang menunjukkan tingkah Gerakan Tutup Mulut atau GTM pasti membuat Anda khawatir. Tidak …