Inilah Cara Membuat Bubuk Ikan Teri dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil, Anak, dan Ibu Menyusui

Bubuk Ikan Teri Nasi Non-MSG

Mengolah makanan dengan bumbu yang khas dapat membuat hidangan menjadi lebih lezat dan bergizi. Salah satu bumbu yang banyak digunakan adalah bubuk ikan teri. Dengan rasa gurih dan aroma yang khas, bubuk ikan teri dapat menjadi tambahan istimewa untuk berbagai masakan.

Melalui artikel ini, Crystal of the Sea akan membahas proses dan cara membuat bubuk ikan teri agar Anda dapat menikmati kelezatan hidangan dengan sentuhan khas ini. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu bubuk ikan teri terlebih dahulu. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Bubuk Ikan Teri?

Bubuk ikan teri adalah hasil olahan ikan teri kering yang dihaluskan menjadi serbuk halus. Ikan teri, yang merupakan jenis ikan kecil kaya akan gizi, dipilih sebagai bahan dasar untuk menghasilkan bubuk ini. Proses pembuatan bubuk ikan teri melibatkan langkah-langkah seperti pemilihan ikan teri berkualitas tinggi, penyaringan, pengeringan, dan penghalusan.

Bubuk ikan teri ditujukan untuk digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Dengan rasa gurih yang khas dan aroma unik, bubuk ikan teri dapat memberikan tambahan cita rasa yang istimewa pada berbagai hidangan. Produk ini sering digunakan dalam masakan Asia, terutama dalam pembuatan saus, sup, atau sebagai tambahan pada nasi dan mie.

Selain memberikan rasa yang lezat pada masakan, bubuk ikan teri juga dikenal karena kandungan gizinya. Ikan teri kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan berbagai mineral seperti kalsium dan fosfor. Kombinasi kandungan gizi ini membuat bubuk ikan teri tidak hanya memberikan rasa nikmat pada masakan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan.

Bubuk ikan teri telah menjadi bahan bumbu yang populer di berbagai masakan global, memperkaya pengalaman kuliner dengan sentuhan khasnya. Dengan kemudahan penggunaan dan keberagaman aplikasinya, bubuk ikan teri menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin mengeksplorasi dan memperkaya rasa masakan mereka.

Baca juga: 10 Makanan yang Baik untuk Tulang yang Kuat dan Sehat

Langkah-Langkah Membuat Bubuk Ikan Teri

Tidak hanya memiliki kegunaan fleksibel dan kandungan yang kaya akan gizi, bubuk ikan teri juga cukup mudah untuk dibuat di rumah. Pertama-tama, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu:

  • 1 ons ikan teri
  • 1 lembar daun salam

Setelah bahan-bahan disiapkan, Anda dapat mengikuti cara membuat bubuk ikan teri di bawah ini:

  • Cuci bersih ikan teri dan tiriskan.
  • Rendam ikan teri dalam air panas selama 10 menit untuk mengurangi rasa asin. Pastikan tidak terlalu asin.
  • Tiriskan ikan teri, kemudian sangrai bersama daun salam dengan api kecil.
  • Pastikan untuk terus mengaduk ikan teri agar tidak gosong dan bisa mendapatkan kematangan yang merata.
  • Haluskan ikan teri dan daun salam menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk/ulek.
  • Ayak bubuk ikan teri untuk memisahkan bagian yang belum halus.
  • Sangrai bubuk ikan teri sebentar tanpa daun salam untuk meningkatkan daya tahannya.
  • Simpan bubuk ikan teri ke dalam wadah kering, bersih, dan tertutup. Simpan di lemari es agar awet lebih lama.
  • Gunakan bubuk ikan teri sebagai taburan pada makanan atau bubur. Gunakan sendok kering saat mengambil untuk menjaga kualitasnya.

Namun, bagi orang tua yang tidak ingin repot membuat bubuk ikan teri sendiri, Anda dapat menggunakan bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea. Terbuat dari bahan-bahan premium, bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea dapat disajikan langsung ke dalam masakan atau digunakan di dalam resep Anda. Selain itu, produk ini juga sangat cocok untuk ibu menyusui dan MPASI karena mengandung banyak gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Baca juga: 15 Makanan Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Selain Susu!

Manfaat Bubuk Ikan Teri untuk Ibu Hamil, Anak, dan Ibu Menyusui

Bubuk ikan teri bukan hanya memberikan kelezatan pada masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat khusus, terutama bagi ibu hamil, anak-anak, dan ibu menyusui. Berikut ini adalah beberapa manfaat bubuk ikan teri yang wajib diketahui.

1. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi Bayi

Ikan teri, yang merupakan bahan dasar bubuk ikan teri, kaya akan kalsium yang sangat penting untuk ibu hamil. Dalam setiap 3 ons ikan teri, terdapat 200 miligram kalsium. Kalsium ini mendukung fungsi otot, pembuluh darah, dan saraf, sekaligus memberikan kontribusi pada perkembangan tulang dan gigi bayi. Konsumsi bubuk ikan teri dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan selama kehamilan.

2. Mengurangi Peradangan dan Menjaga Kesehatan Tulang

Bubuk ikan teri juga mengandung vitamin D yang mendukung penyerapan kalsium dan mengurangi peradangan. Sebagai sumber vitamin D, 3 ons ikan teri dapat memberikan 10 persen dari kebutuhan harian. Dengan demikian, konsumsi bubuk ikan teri membantu menjaga kesehatan tulang dan meredakan potensi peradangan pada ibu hamil.

3. Mendukung Perkembangan Otak dan Mata Bayi

Asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA, yang terdapat dalam ikan teri, memiliki peran penting dalam perkembangan otak bayi. Dalam 3 ons ikan teri, terdapat 1,7 gram total omega-3, termasuk DHA dan EPA. Konsumsi bubuk ikan teri, terutama pada trimester ketiga kehamilan, dapat membantu memenuhi asupan DHA yang disarankan untuk mendukung perkembangan otak dengan pesat pada fase ini.

4. Mendukung Kebutuhan Zat Besi

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, dan bubuk ikan teri dapat menjadi sumber yang baik. Dalam 3 ons ikan teri, terdapat zat besi heme yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Dengan kebutuhan zat besi 50 persen lebih banyak selama kehamilan, konsumsi bubuk ikan teri dapat membantu memenuhi kebutuhan tambahan ini untuk mendukung produksi sel darah merah dan mengatasi peningkatan volume darah selama kehamilan.

Baca juga: 12 Penyakit Akibat Kekurangan Gizi, Gejala & Cara Mengatasinya

Manfaat Bubuk Ikan Teri untuk Ibu Hamil, Anak, dan Ibu Menyusui

Apakah sekarang Anda sudah memahami bagaimana cara membuat bubuk ikan teri? Selain mudah dibuat, ternyata bubuk ikan teri juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, anak, dan ibu menyusui. Sebagai solusi yang praktis dan berkualitas bagi yang tidak ingin repot membuat bubuk ikan teri sendiri, Crystal of the Sea hadir dengan bubuk ikan teri terbaik.

Diproses dengan teliti, bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea tidak hanya memberikan kelezatan pada masakan, tetapi juga menyediakan gizi esensial untuk mendukung kesehatan keluarga Anda. Selain bubuk ikan teri, Crystal of the Sea juga menyediakan banyak produk yang sehat dan penuh gizi lainnya, mulai dari dried seafood, snack, hingga frozen food. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk kami, klik di sini!

Sumber rujukan:

  • https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kehamilan/manfaat-ikan-teri-untuk-ibu-hamil
  • https://cookpad.com/id/resep/5490262-bubuk-teri-mpasi
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Memikirkan ide-ide baru untuk makanan MPASI 9 bulan memang tidak mudah. Anda pasti merasa …

Menjaga pola makan sehat dan seimbang merupakan kunci utama untuk mencapai berat badan ideal. …

Salah satu hal yang menjadi perhatian para Bunda ketika hendak membeli produk makanan untuk …