7 Manfaat Ikan Teri untuk Anak dan Bayi dalam Masa Pertumbuhan

manfaat ikan teri untuk anak

Pentingnya asupan gizi yang tepat sejak dini menjadi fokus utama bagi orang tua yang peduli terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu bahan makanan yang sering diabaikan, namun memiliki manfaat besar, adalah ikan teri. 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara komprehensif mengenai manfaat ikan teri untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan bayi, serta pentingnya memilih makanan yang sehat dan bergizi sejak usia dini.

Apa itu Ikan Teri?

Ikan teri merupakan jenis ikan kecil yang sering ditemukan di perairan tropis. Meskipun ukurannya kecil, kandungan gizi yang terdapat dalam ikan teri membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Ikan teri mengandung sejumlah gizi penting, termasuk protein, asam lemak omega-3, kalsium, fosfor, dan vitamin D. Kombinasi gizi ini berperan besar dalam pembentukan tulang, perkembangan otak, dan penguatan sistem kekebalan tubuh anak.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Manfaat Ikan Teri untuk Anak dalam Masa Pertumbuhan dan Perkembangannya

Ikan teri, meskipun seringkali dianggap remeh, ternyata menyimpan sejumlah manfaat luar biasa yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan bayi. Berikut adalah penjelasan secara lengkap mengenai tujuh manfaat utama ikan teri:

1. Sumber Protein yang Baik

Ikan teri merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot anak. Kandungan protein yang tinggi dalam ikan teri dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi penting ini.

2. Kaya akan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat) dan EPA (asam eikosapentaenoat), sangat penting untuk perkembangan otak dan penglihatan anak. Ikan teri menjadi salah satu sumber alami asam lemak omega-3 yang mudah dicerna dan bermanfaat.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor, yang kaya dalam ikan teri, adalah dua mineral penting yang berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Konsumsi ikan teri secara teratur dapat membantu memastikan kesehatan tulang dan gigi anak tetap optimal.

Baca juga: 10 Makanan yang Baik untuk Tulang yang Kuat dan Sehat

4. Meningkatkan Fungsi Otak dan Penglihatan

Selain DHA, ikan teri juga mengandung vitamin D yang mendukung fungsi otak dan penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi yang baik. Gizi ini sangat penting untuk masa pertumbuhan anak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan teri telah terbukti dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Menciptakan kebiasaan mengonsumsi ikan teri sejak dini dapat memberikan perlindungan jangka panjang untuk kesehatan jantung anak.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zat besi dan zinc yang terdapat dalam ikan teri memiliki peran krusial dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Kekebalan tubuh yang baik membantu melindungi anak dari berbagai penyakit dan infeksi.

7. Mudah Dicerna dan Disukai Anak dan Bayi

Ikan teri memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, membuatnya mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak. Ketersediaan ikan teri dalam berbagai hidangan yang disukai anak juga membuatnya menjadi pilihan makanan yang diinginkan.

Dengan memahami manfaat ikan teri secara holistik, orang tua dapat lebih memahami pentingnya menyertakan ikan teri dalam pola makan anak sehari-hari untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Baca juga: Bunda Wajib Coba, 10 Resep MPASI Salmon yang Baik untuk Kesehatan Bayi

Bagaimana Memberikan Ikan Teri pada Anak dan Bayi?

Pemberian ikan teri pada anak dan bayi memerlukan perhatian khusus untuk memastikan kesehatan dan keamanannya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara memberikan ikan teri pada anak dan bayi:

Pilihan Hidangan Ikan Teri untuk Anak dan Bayi

Untuk anak dan bayi, ada beberapa pilihan hidangan ikan teri yang sesuai dengan selera dan kebutuhan gizi mereka:

  • Puree ikan teri: Hidangan ini cocok untuk bayi yang baru mulai menjalani MPASI (Makanan Pendamping ASI). Ikan teri dapat diolah menjadi puree halus untuk memudahkan bayi dalam mengonsumsinya.
  • Bubur nasi dengan ikan teri: Campurkan ikan teri cincang halus ke dalam bubur nasi untuk memberikan variasi rasa dan gizi tambahan pada makanan bayi yang sedang belajar makan padat.
  • Sup sayur dengan ikan teri: Tambahkan ikan teri ke dalam sup sayur yang lembut dan lezat. Ini memberikan rasa baru pada hidangan sekaligus menyajikan gizi penting.

Cara Memasak Hidangan Ikan Teri yang Sehat dan Bergizi

Untuk memastikan hidangan ikan teri tetap sehat dan bergizi, berikut adalah cara memasak yang direkomendasikan:

  • Panggang atau rebus: Hindari menggoreng ikan teri, karena proses ini dapat menambah kadar lemak yang tidak sehat. Sebaliknya, panggang atau rebus ikan teri untuk mempertahankan gizi dan meminimalkan penambahan lemak.
  • Hindari penggunaan bumbu berlebihan: Gunakan bumbu alami seperti rempah-rempah dan sedikit garam untuk memberikan rasa pada ikan teri. Hindari bumbu yang berlebihan, terutama bumbu yang tinggi garam atau penyedap buatan.
  • Pilih ikan teri yang berkualitas baik: Pastikan ikan teri yang digunakan dalam hidangan adalah ikan teri yang segar dan berkualitas baik untuk memaksimalkan manfaat gizinya.

Baca juga: Mari Mengenal Bubuk Teri MPASI yang Lezat

Frekuensi Memberikan Ikan Teri pada Anak dan Bayi

Frekuensi pemberian ikan teri pada anak dan bayi perlu disesuaikan dengan panduan gizi dan usia mereka. Berikut adalah penjelasan mengenai frekuensi pemberian:

  • Bayi: Mulailah memberikan ikan teri pada bayi secara bertahap setelah usia enam bulan, ketika mereka mulai menerima MPASI. Pemberian bisa dilakukan satu hingga dua kali seminggu.
  • Anak Balita: Anak yang lebih besar dapat diberikan ikan teri lebih sering, sekitar dua hingga tiga kali seminggu, sebagai bagian dari makanan sehat mereka.

Berapa Banyak Ikan Teri yang Sebaiknya Diberikan pada Anak?

Porsi ikan teri yang diberikan pada anak perlu disesuaikan dengan kebutuhan gizi individu mereka. Sebagai pedoman umum, satu hingga dua sendok makan ikan teri per porsi sudah dapat memberikan manfaat gizi yang signifikan.

Pentingnya memberikan makanan sehat dan bergizi sejak dini menjadi landasan utama dalam memastikan fondasi kesehatan yang kuat bagi anak dan bayi. Memasukkan ikan teri ke dalam pola makan sehari-hari dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi mereka dengan cara yang lezat dan menyenangkan.

White Anchovy Food Powder Menu MPASI 11 Bulan

Jika Anda sedang mencari solusi praktis untuk memberikan manfaat gizi ikan teri dalam menu makanan sehari-hari, kami merekomendasikan produk Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea. Produk ini tidak hanya praktis, tetapi juga menyajikan kebaikan gizi yang luar biasa bagi pertumbuhan dan kesehatan anak dan keluarga Anda, diantaranya:

  • Protein berkualitas tinggi: Bubuk Ikan Teri ini mengandung protein berkualitas tinggi yang mendukung pertumbuhan otot dan perkembangan tubuh.
  • Asam lemak omega-3: Kaya akan asam lemak Omega-3, terutama DHA dan EPA, yang esensial untuk fungsi otak dan perkembangan penglihatan.
  • Kalsium dan fosfor: Memberikan kontribusi pada kesehatan tulang dan gigi, memastikan struktur tulang yang kuat pada masa pertumbuhan.
  • Vitamin D: Mendukung penyerapan Kalsium dan pertumbuhan tulang yang optimal.
  • Zat besi dan zinc: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi anak dan keluarga dari risiko penyakit.

Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea memiliki tekstur halus dan rasa alami, menjadikannya mudah untuk diintegrasikan ke dalam berbagai hidangan tanpa kehilangan nilai gizi.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/meski-kecil-ikan-teri-mengandung-gizi-penting-untuk-anak-lho#:~:text=Dalam%20100%20gram%20ikan%20teri%2C%20terkandung%20sekitar%203%20miligram%20zat,dia%20kurang%20menyukai%20sayur%2Dsayuran.
  • https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/ninda/manfaat-ikan-teri-untuk-kesehatan-anak
  • https://id.theasianparent.com/manfaat-ikan-teri
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Sudahkah Anda memilih bahan makanan yang sehat untuk keluarga? Jika belum, tidak ada salahnya …

Dalam fase pertumbuhan yang kritis, kebutuhan akan gizi pada balita menjadi hal yang sangat …

Ikan gabus adalah salah satu contoh ikan air tawar yang mengandung protein tinggi. Keberadaannya …