17 Rekomendasi Camilan Sehat yang Lezat dan Bergizi di Segala Situasi

Camilan Sehat

Ada banyak sekali camilan sehat yang dapat dikonsumsi untuk sekadar mengganjal perut, atau bahkan untuk membantu program diet yang sedang dijalani. Camilan sehat yang dikonsumsi di sela waktu makan dapat membuat tubuh tetap berenergi dan menekan nafsu makan sehingga tidak akan makan berlebihan nantinya.

Lantas, apa saja sih camilan sehat yang dapat dikonsumsi di sela waktu makan tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

17 Rekomendasi Camilan Sehat yang Lezat dan Bergizi

Rekomendasi Cemilan Sehat yang Lezat dan Bergizi untuk

Camilan sehat idealnya mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari protein hingga serat. Camilan sehat yang dikonsumsi sesuai dengan porsinya dapat membantu membentuk jaringan tubuh, seperti kulit dan otot, melancarkan pencernaan, membuat tubuh tetap berenergi, serta meningkatkan pembakaran kalori dan mendorong metabolisme tubuh.

Ada banyak sekali camilan sehat yang dapat Anda konsumsi setiap saat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi camilan sehat yang lezat dan bergizi.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu camilan sehat yang paling lezat dan bergizi tinggi. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan lain sebagainya, memang memiliki kandungan lemak yang relatif tinggi. Namun, jika dikonsumsi sesuai porsinya, kacang-kacangan justru dapat membantu menurunkan berat badan.

Lemak yang terkandung di dalam kacang-kacangan merupakan lemak sehat. Oleh karena itu, lemak tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.

Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kacang-kacangan juga dapat membantu menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit jantung, kanker, hingga depresi. Jumlah ideal konsumsi kacang-kacangan adalah sekitar 28 gram untuk setiap porsinya.

Baca juga: 12 Makanan yang Mengandung Nutrisi Alami Untuk Anak

2. Apel dan Selai Kacang

Apel dan selai kacang adalah camilan yang sangat nikmat, baik dari segi nutrisi maupun rasa. Pada satu sisi, apel adalah buah yang kaya serat. Di sisi lain, kacang menyediakan lemak sehat, protein nabati, dan serat, hampir semua nutrisi yang dibutuhkan di dalam sebuah camilan sehat..

Dengan menggabungkan apel dengan selai kacang, Anda akan menikmati camilan yang renyah dan lembut. Anda dapat mencoba tambahkan taburan kayu manis untuk menambah rasanya.

Walaupun begitu, banyak merek selai kacang yang dibeli di toko mengandung tambahan gula dan minyak. Jadi, Anda harus memeriksa daftar bahan dan pilih selai kacang yang hanya mengandung kacang dan garam.

3. Greek Yogurt dan Beri-berian

Greek yogurt polos dan buah beri adalah camilan sehat yang lezat dan kaya akan nutrisi. Greek yogurt mengandung protein yang tinggi, dan buah beri adalah salah satu sumber antioksidan terbaik.

Tambahkan campuran buah beri dengan warna yang berbeda ke yogurt Anda untuk mendapatkan berbagai macam nutrisi alami, serta campuran rasa manis dan asam.

4. Cokelat Hitam dan Kacang Almond

Cokelat hitam dan kacang almond adalah pasangan camilan sehat yang sangat lezat. Rasa dari cokelat yang kaya, dipadukan dengan kacang almond renyah adalah duo yang menghasilkan kenikmatan dan kesehatan.

Cokelat hitam mengandung antioksidan dan kacang almond kaya akan lemak sehat, keduanya adalah kombo yang bagus sebagai camilan sehat yang baik untuk jantung.

Baca juga: 15 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak Disertai Contoh Resep

5. Tomat Ceri dan Keju Mozzarella

Tomat ceri dan keju mozzarella adalah camilan sehat bergizi dan lezat yang dapat membantu program diet terasa lebih nikmat. Campur tomat ceri dengan keju mozzarella, cuka, dan minyak zaitun untuk membuat camilan sehat yang penuh protein, serat, dan lemak sehat.

6. Telur Rebus

Telur adalah salah satu makanan paling sehat dan nikmat yang dapat membantu penurunan berat badan. 50 gram telur mengandung lebih dari 6 gram protein, kalsium, zat besi, kolin, vitamin, A, B6, B12, dan masih banyak lagi nutri lainnya.

Selain itu, telur juga sangat mengenyangkan, berkat kandungan protein yang ada di dalamnya. Meskipun kadar kolesterol telur relatif tinggi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan telur 3-4 telur per minggu dapat menghasilkan banyak manfaat.

Telur rebus yang dikonsumsi secara rutin dapat bermanfaat bagi proses pembekuan darah hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, telur rebus juga mudah dibawa ke mana-mana, jadi Anda bisa makan kapan saja setiap selesai berolahraga. Pastikan saja untuk memakan kuning telurnya karena terdapat nutrisi penting seperti vitamin D dan kolin.

7. Edamame

Edamame adalah hidangan kacang kedelai mentah yang dikukus untuk menjadikannya camilan sehat, terutama bagi mereka yang vegan atau vegetarian. Edamame adalah makanan kaya serat dan dianggap sebagai sumber protein nabati yang lengkap, cocok sekali sebagai camilan sehat untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 15 Contoh Jajanan Sehat untuk Anak yang Bisa Anda Buat di Rumah

8. Pisang

Pisang mengandung banyak sekali nutrisi alami yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu, pisang juga dapat dijadikan sebagai camilan yang cocok dimakan selama program diet. Satu buah pisang dapat mengandung setidaknya vitamin B kompleks, vitamin C, serotonin, magnesium, dan kalium.

9. Pir dan Keju Ricotta

Masih seputar diet, camilan berikutnya adalah kombinasi antara buah pir dan keju ricotta. Camilan sehat rendah kalori ini wajib Anda coba karena pir menjadi sumber serat yang baik dan keju ricotta mengandung protein yang tinggi. Kandungan gizi tersebut dapat menekan rasa lapar dan membuat Anda terhindar dari mengonsumsi makanan yang berlebihan.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot dengan mengonsumsi keju ricotta secara rutin. Hal ini karena keju ricotta kaya akan kalsium. Jadi, dengan menjadikan 1 buah pir dan 100 gram keju ricotta sebagai camilan, Anda sudah bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Menarik bukan?

10. Kurma

Tidak hanya di bulan Ramadan, kurma juga merupakan camilan sehat yang cocok dimakan kapan saja. Di dalam satu buah kurma, terdapat banyak sekali nutrisi alami yang berguna untuk kesehatan tubuh, antara lain vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, polifenol, dan karbohidrat.

11. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang paling bergizi dan memuaskan karena kandungan lemak dan seratnya yang tinggi. Anda dapat memakan alpukat selama program diet yang dijalankan untuk meningkatkan energi selama menjalani aktivitas.

Baca juga: 20 Pilihan Camilan Sehat untuk Bumil yang Lezat dan Bergizi

12. Oatmeal

Oatmeal adalah camilan serbaguna yang dapat dinikmati dalam kondisi panas atau dingin, di rumah atau sebagai bekal. Oat sendiri adalah gandum utuh penuh gizi yang kaya akan serat baik dan kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan dengan jenis sereal lainnya.

Untuk menambah kenikmatan rasanya, Anda dapat mencampurkan oatmeal ini dengan berbagai macam topping, mulai dari buah-buahan, beri-berian, hingga kacang-kacangan. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menjadikan oatmeal sebagai makanan utama, bukan hanya camilan sehat.

13. Teh Hijau

Walaupun tidak berbentuk makanan, tetapi teh hijau merupakan salah satu pilihan camilan sehat yang sangat baik untuk tubuh. Teh hijau ini kaya akan antioksidan yang dapat mendorong metabolisme tubuh, cocok dikonsumsi ketika sedang program diet. Pastikan saja teh hijau yang dikonsumsi bukan yang botolan, tetapi teh hijau asli yang tidak mengandung gula sama sekali.

14. Roti Gandum dan Ikan Kalengan

Ikan kalengan, seperti salmon dan sarden, mungkin bukan makanan pertama yang terlintas di benak ketika memikirkan camilan sehat. Walaupun begitu, salmon dan sarden sangat kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, peradangan, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Temukan Jawabannya di Sini

15. Batang Seledri dan Krim Keju

Batang seledri dengan krim keju adalah camilan sehat rendah karbohidrat yang dapat membantu Anda tetap merasa kenyang di tengah program diet. Kombinasi kaya akan serat dan memiliki tekstur renyah seledri dan rasa keju yang nikmat.

16. Ubi

Ubi mengandung banyak sekali vitamin dan kalsium yang dapat menyehatkan tubuh. Selain itu, ubi juga dapat mengganjal perut karena mengandung beberapa lemak yang dapat menambah energi untuk menjalani aktivitas, sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat di kala sedang diet.

17. Kismis

Camilan sehat yang terakhir yaitu olahan buah anggur yang dikeringkan dan diambil bijinya (kismis). Camilan ini layak Anda pertimbangkan sebagai teman bersantai karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Misalnya, dengan mengonsumsi 1 setengah gelas kismis, Anda telah memenuhi 6-12% serat dari total kebutuhan harian. Sehingga dapat melancarkan pencernaan dan terbebas dari sembelit.

Dapatkan Camilan Sehat di Crystal of the Sea

Demikian rekomendasi camilan sehat yang dapat Anda konsumsi. Selain camilan sehat di atas, Anda juga dapat mengonsumsi camilan sehat dari Crystal of the Sea. Produk yang kami sediakan penuh akan gizi dan nutrisi, serta proses pembuatannya sangat ketat sehingga sanitasinya sudah pasti akan sangat terjaga. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat klik di sini.

Sumber rujukan:

  • https://www.nutriclub.co.id/article-balita/nutrisi/gizi/makanan-nutrisi-tinggi
  • https://www.alodokter.com/bunda-ketahui-sederet-makanan-yang-mengandung-nutrisi-alami-untuk-si-kecil-di-sini
  • https://www.alodokter.com/tetap-langsing-dengan-siasat-camilan-sehat
  • https://doktersehat.com/informasi/camilan-sehat-yang-bisa-anda-konsumsi-di-kantor
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kismis-kesehatan/
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Tradisi mudik lebaran memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Oleh karena …

Tidak salah jika Bunda memutuskan untuk menurunkan berat badan ketika sedang masa menyusui. Namun, …

Anda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil, terutama dalam hal gizi. Memperkenalkan …