15 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak Disertai Contoh Resep

Camilan Sehat untuk Anak

Apakah Anda sering merasa kebingungan dalam memberikan camilan untuk anak? Jika ya, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, Crystal of the Sea akan memberikan beberapa rekomendasi camilan sehat untuk anak yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Ingin tahu apa saja rekomendasi camilan sehat untuk anak? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Manfaat Camilan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Camilan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Sebelum menentukan camilan sehat untuk anak, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu manfaatnya. Camilan sehat memiliki manfaat yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak terutama dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi seimbang. Anak-anak yang kebutuhan nutrisi dan gizinya terpenuhi dengan baik akan membuat mereka menjadi lebih sehat, kuat, cerdas, dan terhindar dari penyakit

Melansir dari Kids Health, pemberian camilan pada anak juga dapat menjadi cara alternatif untuk membuatnya tetap kenyang, sehingga si anak tidak rewel dan tetap ceria. Selain itu, pemberian camilan dengan waktu yang tepat bisa mencegah anak makan berlebihan saat diberi makanan pokok.

Baca juga: 11 Makanan Untuk Mencegah Stunting Pada Balita

Apa Kriteria Camilan Sehat untuk Anak?

Apa Kriteria Camilan Sehat untuk Anak

Camilan yang diberikan kepada anak harus memenuhi krtieria camilan sehat. Pemerian camilan yang sembarangan justru akan memberikan dampak yang kurang baik pada anak. Berikut adalah beberapa kriteria camilan sehat untuk anak.

1. Rendah Gula

Kriteria camilan sehat untuk anak yang pertama adalah harus rendah gula. Mengonsumsi gula berlebihan akan membuat gigi anak menjadi gampang rusak. Adapun rekomendasi konsumsi gula harian menurut WHO (World Health Organization) adalah kurang dari 50 gr.

2. Rendah Lemak

Selanjutnya, harus rendah lemak. Camilan dengan kandungan lemak yang tinggi bisa mengganggu sistem pencernaan dan fungsi otak pada anak. Saran konsumsi lemak yang dianjurkan WHO adalah tidak lebih dari 10% per hari.

Coba Gratis Produk Crystal Sea

3. Rendah Kalori

Terakhir, camilan sehat untuk anak harus memiliki kandungan kalori yang rendah. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat membuat anak menjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Konsumsi harian kalori menurut WHO adalah tidak boleh dari 20%.

Baca juga: 15 Macam Camilan Sehat yang Lezat dan Bergizi di Segala Situasi

15 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak

Setelah mengetahui manfaat dan juga kriteria camilan yang sehat untuk anak, kini saatnya Anda untuk mengetahui beberapa rekomendasinya. Simak baik-baik, ya!

1. Popcorn

Popcorn Camilan Sehat Anak

Bahan dasar popcorn yang terbuat dari jagung mengandung banyak karbohidrat, protein, dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh. Untuk membuat popcorn menjadi camilan yang lebih sehat, Anda bisa mengganti margarin dengan minyak zaitun saat memasaknya.

2. Salad

Salad

Salad bisa menjadi camilan yang sangat menyehatkan untuk anak. Camilan sehat ini dapat membuat anak Anda menjadi lebih tertarik untuk mengonsumsi sayuran dan buah. Anda bisa menambahkan beberapa macam sayuran dan buah untuk menciptakan camilan sehat yang kaya nutrisi.

3. Keju

Keju untuk Camilan Anak

Keju dapat menjadi camilan sehat untuk anak karena mengandung tinggi kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, menurut hasil penelitian National Center for Biotechnology Information, keju juga bisa mencegah gigi berlubang pada anak-anak.

4. Telur Rebus

Telur Rebus

Telur kaya akan kandungan protein, vitamin, dan juga mineral yang baik dijadikan camilan sehat untuk anak. Selain itu, telur juga mengandung senyawa karotenoid, yaitu zeaxanthin dan lutein yang baik untuk kesehatan mata, serta senyawa kolin untuk perkembangan otak.

Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan beberapa butir telur ayam untuk membuat camilan bergizi di rumah.

5. Kismis

Kismis

Kismis mengandung senyawa oleanolic yang dapat mencegah menempelnya bakteri pada gigi, sehingga membuat gigi pada anak menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, kismis juga memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dalam tubuh.

Baca juga: 20 Pilihan Camilan Sehat untuk Bumil yang Lezat dan Bergizi

6. Biskuit / Cookies

Biskuit atau Cookies untuk Anak

Anda juga bisa menjadikan biskuit sebagai camilan sehat untuk anak. Pilihlah biskuit yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum agar lebih sehat. Untuk membuatnya lebih disukai anak-anak, Anda bisa menambahkan selai buah-buahan, keju, atau dicelupkan ke dalam susu.

7. Pasta

Pasta

Pasta seringkali menjadi camilan yang disukai anak-anak karena memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Gunakanlah pasta yang terbuat dari gandum utuh dan tambahkan beberapa topping seperti jamur, ayam, atau sayuran agar lebih bergizi dan bernutrisi.

8. Ubi

Ubi Merah

Ubi merupakan camilan sehat untuk anak dengan kandungan beta-karoten yang sangat tinggi. Beta-karoten dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, sehingga baik untuk kesehatan mata dan juga kulit. Selain itu, ubi memiliki rasa manis yang disukai anak-anak.

9. Es Krim

Es Krim sebagai Camilan Anak

Sama halnya seperti keju, es krim juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang pada anak. Namun, saat memberikan es krim sehat untuk si kecil, pastikan kondisinya benar-benar sehat dan tidak sedang flu.

10. Sandwich

Sandwich

Selain dapat dijadikan makanan pokok untuk sarapan, ternyata sandwich juga bisa menjadi camilan sehat untuk anak. Supaya lebih sehat, gunakanlah roti gandum. Tambahkan juga topping seperti telur, tuna, atau ayam untuk memenuhi kebutuhan kalori dan protein.

Baca juga: 10 Makanan yang Mengandung Nutrisi Alami Untuk Anak

11. Yogurt

Yogurt

Yogurt dapat dijadikan camilan sehat untuk anak karena mengandung protein dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan. Selain itu, melansir dari National Center for Biotechnology Information, yogurt juga mengandung bakteri hidup yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan.

12. Kue

Kue sebagai pilihan camilan

Kue bisa menjadi camilan sehat untuk anak, asalkan tidak terlalu banyak menggunakan gula. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan buah-buahan sebagai penambah rasa manis alami. Buatlah tampilan kue semenarik mungkin agar anak Anda tertarik untuk makan.

13. Smoothies

Smoothies

Camilan sehat untuk anak tidak selalu berbentuk makanan padat, tetapi bisa juga dalam bentuk minuman seperti smoothies. Smoothies bisa menjadi alternatif cara memberikan asupan nutrisi vitamin pada anak yang tidak suka makan buah potong.

14. Oatmeal

Oatmeal

Oat sendiri merupakan jenis serealia yang dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Selain itu, oat juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh, sehingga memperlancar saluran pencernaan. Buatlah oatmeal menggunakan susu agar lebih bergizi.

15. Snack Ikan Kering

Snack Ikan Kering

Anda juga bisa menjadikan snack ikan kering dari Crystal of the Sea sebagai camilan sehat untuk anak. Snack ini terbuat dari ikan teri jengki dan kacang almond premium yang diolah dengan sangat baik, sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Kandungan Gizi Udang yang Lezat dan Sehat

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Camilan untuk Anak?

Sebagai orang tua, Anda juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk memberikan camilan sehat untuk anak. Menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), seorang dokter spesialis anak, idealnya anak makan makanan utama sebanyak 3 kali dengan diselingi 2-3 kali camilan dalam sehari.

Adapun waktu makan anak biasanya setiap 3-4 jam sekali. Sedangkan waktu yang tepat untuk memberikan camilan sebaiknya dilakukan disela-sela waktu makan utama, yaitu sekitar 1-2 jam sebelum makan utama berikutnya. Pemberian camilan dengan jeda waktu ini bertujuan agar anak tetap mau makan makanan utama selanjutnya. 

Jadi, usahakan pemberian camilan sehat untuk anak jangan terlalu mepet dengan waktu makan utama dan juga pastikan porsinya tidak terlalu banyak.

Contoh Resep Camilan Sehat yang Disukai Anak

Selain memberikan camilan yang sudah jadi, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda tentu bisa lebih mengetahui isi kandungan nutrisinya dan mengkreasikannya sesuai selera jika membuat camilan sendiri. Untuk itu, berikut adalah beberapa contoh resep camilan sehat untuk anak yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Agar-agar Buah

Resep Camilan yang Disukai Anak Agar-Agar Buah

Agar-agar dapat dijadikan camilan sehat untuk anak. Sebab, agar-agar tinggi akan serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan untuk membuatnya menjadi lebih bernutrisi dan bervitamin.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus bubuk agar-agar rasa buah
  • Buah potong secukupnya
  • ½ gelas susu sapi
  • 6 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • Air secukupnya

Cara membuat

  1. Tuang bubuk agar-agar ke dalam wadah, kemudian campur hingga rata dengan gula pasir dan tepung maizena.
  2. Panaskan susu dan air putih di atas kompor dengan api kecil, lalu masukkan campuran bubuk agar-agar secara perlahan sambil terus diaduk.
  3. Setelah mendidih, tuang dengan hati-hati ke dalam wadah cetakan.
  4. Tambahkan potongan buah yang sudah disiapkan, lalu dinginkan agar-agar hingga menjadi padat sebelum siap disantap.

Baca juga: 15 Contoh Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah yang Mudah Dibuat

2. Mac and Cheese

Mac and Cheese

Camilan satu ini menjadi salah satu yang menjadi favorit anak-anak. Selain bisa mengganjal lapar, mac and cheese dapat dijadikan camilan sehat untuk anak. Pastikan bahwa porsinya tidak terlalu banyak, sehingga anak tetap mau makan makanan utamanya.

Bahan-bahan 

  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 250 gr pasta makaroni
  • 200 ml susu bubuk yang telah dicairkan
  • 75 gr daging ham sapi
  • Garam dan lada secukupnya
  • 50 gr keju cheddar dan mozarella
  • 1 sdm tepung terigu
  • ½ siung bawang bombay yang dipotong dadu

Cara membuat

  1. Rebus pasta makaroni hingga empuk.
  2. Sambil menunggu makaroninya matang, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu, kemudian tambahkan daging ham sapi yang sudah dipotong kecil-kecil.
  3. Sambil diaduk, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu masukkan susu cair secara perlahan.
  4. Selanjutnya, masukkan makaroni yang sudah direbus sebelumnya dibarengi dengan garam dan lada secukupnya.
  5. Setelah itu, tambahkan keju mozarella dan cheddar yang telah diparut, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Jika sudah matang dan teksturnya mengental, tuangkan mac and cheese ke dalam mangkuk lalu taburkan lagi sedikit parutan keju di atasnya, dan camilan siap disajikan.

3.  Pizza Sederhana

Pizza Sederhana

Seringkali pizza dianggap sebagai makanan yang kurang sehat dan rendah gizi. Padahal, pizza bisa menjadi salah satu camilan sehat untuk anak bila dibuat menggunakan bahan-bahan yang kaya nutrisi. Untuk membuatnya menjadi camilan sehat, Anda bisa melihat resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 2 lbr roti tawar gandum
  • 1 sdm saus tomat
  • Lada dan garam secukupnya
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 buah jamur kancing 
  • Keju mozarella secukupnya
  • ½ buah tomat
  • 50 gr daging sapi cincang
  • Oregano secukupnya

Cara membuat

  1. Tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan jamur kancing dan daging sapi serta tambahkan lada, garam, dan juga oregano secukupnya.
  2. Setelah daging matang, kemudian tiriskan.
  3. Selanjutnya olesi roti tawar dengan saus tomat dan tambahkan tomat yang sudah dipotong.
  4. Kemudian tambahkan juga daging dan jamur kancing yang sudah ditumis sebelumnya serta beri sedikit taburan oregano dan parutan keju mozarella secukupnya
  5. Panggang roti di dalam oven selama 1 menit hingga kejunya meleleh.
  6. Keluarkan roti lalu potong sesuai selera, dan camilan sehat untuk anak siap dinikmati.

Itu dia 15 rekomendasi dan 3 resep camilan sehat untuk anak yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Bagaimana? Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda punya banyak ide dalam membuat camilan sehat untuk anak, bukan?

Jika dirasa masih kurang, Anda bisa mencoba membuat resep camilan sendiri dengan menggunakan food powder dari Crystal of the Sea. Yup, selain menyediakan camilan snack ikan kering, Crystal of the Sea juga menyediakan berbagai jenis food powder yang dapat Anda kreasikan untuk membuat camilan anak yang menyehatkan.

Semua produk Crystal of the Sea telah melalui uji lab yang sangat ketat dan diproses dengan mesin berteknologi tinggi, jadi sangat aman apabila diberikan untuk anak Anda. Yuk, segera hubungi Crystal of the Sea untuk melakukan pemesanan dan mulailah kreasikan camilan sehat untuk anak Anda sendiri di rumah.

Produk Crystal Sea

Sumber rujukan: 

  • https://www.orami.co.id/magazine/rekomendasi-camilan-sehat-untuk-anak
  • https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/gizi-anak/camilan-sehat-untuk-anak/
  • https://www.tokopedia.com/blog/resep-camilan-anak-sehat/
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Selama masa menyusui, kesehatan ibu sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bayi dan kesehatan dirinya …

Apakah Anda tahu bahwa ada banyak sekali jenis ikan teri di luar sana? Ikan …

‘Don’t judge a book by its cover’. Begitulah ungkapan yang harus terlintas di benak …