Yuk Cari Tahu Kandungan Gizi Udang yang Lezat dan Sehat

Manfaat Udang dan Kandungan Gizinya

Udang merupakan salah satu makanan laut (seafood) yang digemari oleh banyak orang. Dibandingkan dengan jenis seafood lainnya seperti rajungan dan lobster, udang memiliki harga yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, udang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan gizi udang yang melimpah dapat mengatasi beberapa masalah penyakit seperti penyakit jantung, gondok, bahkan mencegah kanker.

Melalui artikel ini, Anda akan memahami informasi lengkap terkait kandungan gizi pada udang dan juga manfaatnya untuk kesehatan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi tersebut lebih dalam, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Saja Kandungan Gizi Udang?

Apa Saja Kandungan Gizi Udang

Udang adalah jenis seafood yang lezat, bergizi dan mudah diolah untuk berbagai macam hidangan. Meskipun ukurannya kecil, namun ternyata udang memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Udang mengandung berbagai macam vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, C, D, E, dan B12.

Selain itu, udang juga mengandung banyak mineral esensial yang terdiri dari fosfor, selenium, zinc, kalsium, magnesium, dan kalium. Tidak sampai disitu, udang juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Namun, perlu diingat bahwa udang juga memiliki kandungan merkuri yang dapat berbahaya bagi tubuh dan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Jadi, konsumsilah udang secukupnya dan jangan berlebihan.

Berikut ini tabel kandungan gizi udang dalam porsi 85 gram yang dikutip dari USDA Agricultural Research Service:

Kandungan Gizi UdangNilai
Air74.3 g
Energi99 kcal
Protein24 g
Lemak total (fat) 0.28 g
Karbohidrat0.2 g
Kalsium (Ca)70 mg
Besi (Fe) 0.51 mg
Magnesium (Mg)39 mg
Phosphorus (P)237 mg
Potassium (K)259 mg
Sodium (Na)111 mg
Zinc (Zn)1.64 mg
Copper (Cu)0.379 mg
Manganese (Mn)0.033 mg
Kolesterol189 mg
Kandungan Gizi Udang

Baca juga: 10 Resep Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak

Manfaat Udang bagi Kesehatan

Manfaat Udang bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan gizi udang, apakah Anda sudah tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Jika belum, mari simak ulasannya berikut ini.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Makan udang menurunkan risiko penyakit jantung

Udang mengandung Asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara mengontrol kadar trigliserida. Selain itu, Asam lemak omega-3 juga berfungsi meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) yang mencegah terjadinya plak pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Mencegah Gejala Osteoporosis

Kandungan mineral yang tinggi pada udang seperti kalsium dan fosfor dapat menjaga kualitas, kekuatan, dan juga massa tulang. Selain itu, udang juga memiliki kandungan kalium yang dapat meningkatkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga tidak terbuang begitu saja melalui urin. Inilah yang membuat udang dapat mencegah terjadinya gejala osteoporosis.

3. Membantu Produksi Sel dan Jaringan Tubuh

Protein adalah nutrisi penting yang berfungsi untuk pembentukan sel dan jaringan dalam tubuh. Selain itu protein juga digunakan untuk memproduksi berbagai macam hormon dan enzim.

Mengonsumsi udang dapat membantu mempercepat proses tersebut, karena makanan laut yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

4. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit sehat dan bersih secara alami, dapat mengonsumsi udang secara teratur. Udang mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sehingga membuat kulit tetap sehat dan mencegah gejala penuaan dini seperti muncul noda hitam, keriput, dan sunburn.

5. Membantu Mengatasi Obesitas

Udang bermanfaat menurunkan berat badan

Kandungan vitamin D dan zat besi pada udang dapat meningkatkan hormon leptin. Hormon ini dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Selain itu, udang juga merupakan makanan yang rendah lemak, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan terhindar dari obesitas, rutinlah konsumsi udang.

6. Mencegah Penyakit Gondok dan Kemandulan

Yodium adalah nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu memproduksi hormon tiroid. Apabila asupan yodium dalam tubuh tidak terpenuhi, maka Anda akan berisiko terkena penyakit gondok, kemandulan bahkan jenis kanker tertentu.

Mengonsumsi udang secara rutin dengan porsi yang sesuai, dapat memenuhi kebutuhan yodium dalam tubuh, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Temukan Jawabannya di Sini

7. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Bagi seorang wanita, menstruasi atau datang bulan adalah suatu kondisi yang kurang mengenakan. Pasalnya, saat menstruasi wanita akan merasakan nyeri yang luar biasa, sehingga sering mengalami perubahan mood dan cenderung selalu emosi.

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam udang dapat mengurangi kram saat menstruasi dan juga membuat emosi menjadi lebih stabil.

8. Mencegah Kerontokan Rambut

Udang sebagai salah satu sumber makanan penghasil zinc yang berguna untuk nutrisi kulit kepala

Manfaat udang selanjutnya adalah bisa mencegah kerontokan rambut. Hal ini karena udang memiliki kandungan zinc yang berfungsi dalam menciptakan sel kulit dan rambut baru.

Selain itu, zinc juga membantu dalam menutrisi kulit kepala dan rambut agar lebih sehat dan kuat, sehingga kerontokan dapat berkurang.

9. Mengatasi Gejala Anemia

Gejala anemia atau kurang darah seringkali membuat penderitanya merasa lemas dan pusing. Rutin mengonsumsi udang dapat mengatasi masalah tersebut. Ini dikarenakan udang mengandung zat besi, vitamin A, dan B12 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Saat sel darah merah dalam tubuh tercukupi dengan baik, maka Anda tidak akan mengalami anemia.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Udang kaya akan kandungan antioksidan dan omega-3. Dua jenis nutrisi ini dikenal dapat menghambat perkembangan sel kanker. Selain itu, udang juga mengandung senyawa selenium yang dapat mencegah munculnya kanker prostat pada pria.

Nikmati Udang Lezat Bergizi dengan Mudah

Setelah mengetahui kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, sekarang Anda makin tertarik untuk mengonsumsi udang, bukan? Menikmati rasa dan manfaat gizi udang kini bisa lebih mudah dengan adanya produk food powder dari Crystal of the Sea. Anda tidak perlu lagi repot-repot mengolah udang mentah untuk dijadikan hidangan yang lezat dan bergizi.

Nikmati Udang Bergizi dengan Food Powder Crystal of the Sea
Cara Praktis Nikmati Udang Bergizi dengan Food Powder dari Crystal of the Sea

Food powder dari Crystal of the Sea, memiliki empat varian rasa yang terdiri dari udang, teri nasi, teri jengki, dan rumput laut. Semua produk Crystal of the Sea dibuat menggunakan bahan alami dengan kualitas premium dan telah diuji laboratorium, sehingga kandungan nutrisi, vitamin dan rasanya tetap terjaga serta aman dikonsumsi.

Dapatkan produknya sekarang juga dengan menghubungi Crystal of the Sea dan rasakan manfaat kandungan gizi udang dengan cara yang praktis!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/175180/nutrients
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bahaya-manfaat-makan-udang/
  • https://www.halodoc.com/artikel/inilah-nutrisi-dan-manfaat-yang-terkandung-dalam-udang
  • https://katadata.co.id/safrezi/berita/6156828433603/kandungan-bahaya-dan-manfaat-udang-untuk-kesehatan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Setelah membahas apa itu stunting dan penyebabnya, Anda juga harus mengetahui dampak stunting jangka …

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang kita anggap canggih tentu tidak lepas dari …

Makanan adalah kebutuhan penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Namun, tidak semua makanan dapat dikonsumsi …