9 Cara Membuat Ikan Teri Krispi dan Renyah, Awas Ketagihan!

cara membuat ikan teri krispi

Ikan teri krispi merupakan salah satu hidangan yang populer dan digemari banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya cocok sebagai camilan atau lauk pendamping nasi. Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat ikan teri krispi yang renyah dan garing dengan mudah.

Apa Saja Kandungan Gizi Penting yang Ada Pada Menu Ikan Teri Krispi?

Ikan teri krispi tidak hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga kaya akan kandungan gizi yang penting bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat pada menu ikan teri krispi:

  • Protein: Ikan teri merupakan sumber protein hewani yang baik. Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot dan kulit.
  • Asam Lemak Omega-3: Ikan teri mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan sistem saraf.
  • Vitamin B12: Ikan teri mengandung vitamin B12 yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi sistem saraf yang sehat.
  • Mineral: Ikan teri juga mengandung mineral penting seperti selenium, fosfor, dan zat besi yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi ikan teri krispi secara teratur, Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Cara Membuat Ikan Teri Krispi yang Renyah dan Garing

Berikut adalah langkah-langkah lengkap untuk membuat ikan teri krispi yang renyah dan garing di rumah:

1. Menyiapkan Bahan-Bahan dan Peralatan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan ikan teri krispi, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan Anda perlukan:

  • 500 gram ikan teri (bisa menggunakan jenis teri Medan)
  • 400 gram tepung protein sedang
  • 200 gram tepung bumbu instan
  • 30 gram tepung tapioka
  • 30 gram tepung beras
  • 5 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 500 ml air bersih
  • 30 ml santan instan

Peralatan yang diperlukan:

  • Wadah untuk mencampur adonan
  • Wajan untuk menggoreng
  • Saringan untuk meniriskan ikan teri
  • Spatula untuk mengaduk ikan teri saat digoreng

Pastikan semua bahan dan peralatan telah disiapkan sebelum memulai proses pembuatan.

Baca juga: 9 Jenis Ikan Teri dari Berbagai Dunia, Yuk Cari Tahu!

2. Mencuci Bersih dan Meniriskan Ikan Teri

Langkah pertama dalam membuat ikan teri krispi adalah mencuci bersih ikan teri. Cuci ikan teri dengan air mengalir sebanyak 5 sampai 6 kali atau hingga air bilasan benar-benar bersih. Setelah itu, tiriskan ikan teri dengan menggunakan saringan agar air berlebih dapat mengalir dan ikan teri benar-benar kering.

3. Mencampurkan Tepung dan Bumbu Sesuai Selera

Selanjutnya, siapkan wadah untuk mencampurkan tepung dan bumbu instan. Campurkan tepung protein sedang, tepung bumbu instan, tepung tapioka, dan tepung beras ke dalam wadah tersebut. Tambahkan juga irisan daun jeruk, kaldu ayam bubuk, dan merica bubuk sesuai dengan selera Anda. Aduk semua bahan hingga merata sehingga menjadi adonan tepung yang siap digunakan untuk melapisi ikan teri.

4. Menambahkan Air Bersih dan Santan

Setelah adonan tepung dan bumbu tercampur dengan baik, tambahkan air bersih ke dalam wadah tersebut. Selanjutnya, tambahkan juga santan instan ke dalam adonan dan aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata. Pastikan konsistensi adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

5. Membaluri Ikan Teri dengan Tepung

Ambil satu per satu ikan teri yang telah ditiriskan, lalu balurkan ke dalam adonan tepung yang telah disiapkan. Pastikan ikan teri terbalut dengan merata oleh adonan tepung tersebut.

6. Mengayak Ikan Teri

Setelah ikan teri terbalut dengan adonan tepung, ayak ikan teri untuk menghilangkan sisa tepung yang tidak menempel. Pastikan setiap bagian ikan teri telah tertutupi oleh lapisan tepung yang tipis dan merata.

Baca juga: 5 Perbedaan Ikan Teri Nasi dan Ikan Bilis yang Sering Dianggap Sama

7. Memasukkan Teri ke Dalam Larutan Santan

Selanjutnya, masukkan ikan teri yang telah terbalut tepung ke dalam larutan santan instan. Pastikan semua ikan terendam oleh larutan santan tersebut sehingga lapisan tepung menjadi lebih tebal dan memberikan tekstur yang lebih garing pada ikan teri krispi.

8. Masukkan Kembali Ikan Teri ke Dalam Tepung dan Goreng

Setelah ikan teri direndam dalam larutan santan, masukkan kembali ikan teri ke dalam adonan tepung yang telah disiapkan. Pastikan semua bagian ikan teri terbalut dengan merata oleh adonan tepung. Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng ikan teri hingga berwarna kuning keemasan dan crispy.

9. Tiriskan dan Sajikan Ikan Teri Krispi

Setelah ikan teri matang dan berwarna keemasan, angkat ikan teri dari wajan dan tiriskan minyaknya. Sajikan ikan teri krispi hangat sebagai camilan atau lauk pendamping nasi. Nikmati kelezatan ikan teri krispi yang renyah dan gurih bersama keluarga tercinta.

Baca juga: 6 Ciri Ciri Ikan Teri yang Segar dan Varian Resepnya

Membuat ikan teri krispi yang renyah dan garing tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat hidangan yang lezat dan bergizi untuk dinikmati bersama keluarga. Pastikan untuk selalu mengunakan ikan teri segar ke dalam bahan utama resep ikan teri krispi ini untuk sajian camilan maupun lauk yang lebih lezat dan sehat.

Ikan Teri Nasi Kering Kualitas Premium & non-MSG

Jika Anda merasa bingung dalam memilih ikan teri segar dan berkualitas untuk hidangan sehari-hari keluarga, tidak perlu khawatir! Anda bisa memilih ikan teri kering dari Crystal of the Sea sebagai pilihan terbaik. Mengapa Anda harus memilih produk ini?

Ikan teri keringi dari Crystal of the Sea dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami berkualitas tinggi dan proses produksi yang terjamin kebersihannya. Setiap ikan teri diproses dengan teliti untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

Selain itu, ikan teri kering dari Crystal of the Sea memiliki cita rasa yang lezat dan kaya akan gizi. Dengan menambahkan ikan teri ini pada masakan, Anda dapat meningkatkan rasa dan aroma makanan dengan cepat dan mudah. Tidak hanya itu, ikan teri juga mengandung gizi penting seperti protein, omega-3, dan vitamin B12, yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan keluarga Anda.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Produk Crystal of the Sea

Sumber referensi:

  • https://cookpad.com/id/resep/7216169-ikan-teri-crispy
  • https://www.fimela.com/food/read/4955419/resep-teri-krispi-cocok-untuk-camilan-dan-lauk
  • https://cookpad.com/id/resep/3994345-teri-nasi-crispy
  • https://www.briliofood.net/foodpedia/9-cara-bikin-teri-krispi-garing-dan-renyah-hingga-6-bulan-2212270.html
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/08/10/080500/resep-teri-krispi-renyah-dan-tahan-lama-ala-devina-hermawan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Sertifikat FDA (Food and Drug Administration) adalah pencapaian penting bagi perusahaan yang bergerak di …

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. …

Apa itu picky eater? Mudahnya, picky eater adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan orang, …