Growth faltering adalah Berat Badan Anak Seret? Kenali Penyebabnya, Jangan Sembarang Kasih Vitamin!

Growth faltering adalah

Apa itu Growth Faltering?

Growth faltering adalah

Growth faltering adalah kenaikan berat badan yang lambat atau yang sering dikenal dengan berat badan seret, dapat dilihat dengan tidak sesuainya kenaikan berat tiap bulannya. Hal ini merupakan hal yang sering terjadi pada anak usia 3-24 bulan. Pastinya, hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua khususnya Bunda, karena jika hal ini berlanjut tanpa ditangani dengan baik dan benar maka dapat menyebabkan stunting dan berdampak jangka panjang yang banyak seperti gangguan pertumbuhan dan kemampuan kognitif.

Baca juga: Inilah Penyebab Stunting Menurut WHO dan Kemenkes

Era digital sekarang ini memudahkan Bunda mendapatkan informasi secara cepat. Namun penting sekali untuk selektif terhadap informasi yang beredar dengan memastikan bahwa berasal dari sumber yang tepercaya. Dalam kasus ini, banyak sekali beredar vitamin penambah nafsu makan yang digadang-gadang dapat meningkatkan nafsu makan serta berat badan anak. Nah, faktanya, hal semacam ini belum pernah terbukti secara ilmiah dan justru dapat membahayakan Ananda sekalian jika ternyata kandungan dalam vitamin tersebut tidak aman untuk anak.

Penyebab Growth Faltering

Sebenarnya, permasalahan BB seret pada anak ini ada beberapa penyebab dan juga perlu diatasi dengan penanganan yang berbeda tergantung penyebabnya. Mari simak penjelasan dari tiap penyebab faltering growth di bawah ini.

1. Kurang Adekuatnya Nutrisi yang Masuk

Pada dasarnya, jika anak mengalami growth faltering maka tahapan perkembangan anak akan berjalan lebih lambat. Jadi, Masalah pertama yang harus dipikirkan adalah apakah kalori dari makanan yang dimakan anak sudah mencukupi kebutuhan kalori hariannya atau belum.

Bisa dicek pada infografis di bawah ini ya Bunda.

Cukupi Kebutuhan Kalori Harian Anak untuk mencegah Weight Faltering

2. Masalah Penyerapan Nutrisi

Hal yang perlu dipikirkan setelah kecukupan nutrisi anak adalah adanya gangguan penyerapan nutrisi. Jadi sebetulnya nutrisi yang dimakan sudah cukup, namun gagal diserap secara optimal oleh tubuh anak, sehingga zat penting yang seharusnya diserap untuk pertumbuhan dan cadangan energi anak ternyata tidak tercukupi.

Nah, jika Bunda sudah yakin nutrisi yang dimakan anak seharusnya sudah cukup namun BB tidak kunjung naik optimal selama 2 bulan berturut-turut, segera konsultasikan ke dokter yaa …

Produk Crystal of the Sea untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak

3. Adanya Infeksi

Penyakit infeksi pada anak balita seringkali tidak menimbulkan gejala yang khas. Terkadang hanya ditandai dengan kenaikan BB yang tidak optimal atau bahkan tidak naik sama sekali. Jika Bunda telah memastikan jumlah nutrisi yang masuk sudah sesuai namun BB anak tidak naik optimal dalam 2 bulan berturut-turut, maka sudah selayaknya memikirkan adanya silent disease atau penyakit tersembunyi lainnya.

Beberapa penyakit infeksi yang sering terjadi pada anak dan tidak menimbulkan gejala adalah Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan Tuberkulosis (TBC). Nah, untuk mengetahui apakah anak terinfeksi penyakit tersebut, Bunda perlu konsultasi ke dokter terlebih dahulu supaya dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

4. Kekurangan Mikronutrien Penting

Penyebab growth faltering yang tersering adalah kekurangan zat besi atau biasa disebut dengan Anemia Defisiensi Besi (ADB). Sama dengan uraian di atas, ADB ini terkadang dapat dilihat dengan adanya pucat atau cepat lelah pada anak, namun seringnya anak tidak menunjukkan gejala tersebut atau orang tua yang tidak menyadari hal tersebut.

ADB ini dapat dicegah dengan pemberian sumber zat besi yang cukup pada makanan anak yaitu protein hewani sesuai takaran.

Selain itu IDAI telah merekomendasikan untuk pemberian suplemen zat besi rutin pada seluruh anak di Indonesia. Jika dirasa anak kurang asupan protein hewani sesuai takaran dan tidak konsumsi suplementasi zat besi sesuai yang dianjurkan pada gambar di bawah ini, maka Bunda perlu segera konsultasi ke dokter karena ada kemungkinan anak menderita ADB.

suplementasi zat besi anak yang dianjurkan

Cegah Growth Faltering dengan Memberikan Makanan Sehat pada Anak

Agar tumbuh kembang anak Anda semakin baik, lengkapi kebutuhan gizinya dengan produk makanan sehat dari Crystal of the Sea. Ada banyak sekali jenis makanan yang dapat Anda berikan, seperti, snack ikan teri, food powder hingga nugget tempe teri. Yuk cegah gangguan pertumbuhan pada anakdengan penuhi kebutuhan zat gizinya menggunakan produk Crystal of the Sea yang 100% menggunakan bahan murni tanpa pengawet!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea untuk Cegah Growth Faltering pada Anak

Ditulis oleh: dr. Farah Uma Mauhibah

Sumber referensi:

  • Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2011. Suplementasi Besi untuk Anak. Jakarta.
  • UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2018. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Jakarta.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Seiring dengan perkembangan anak, memberikan asupan gizi yang optimal, terutama pada masa pendahuluan MPASI …

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. …

Memperkenalkan bayi pada makanan padat, atau yang dikenal sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI), dapat …