Yuk Kenali 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Tubuh

Rumput laut, yang sebagian besar kita kenal sebagai salah satu bahan masakan untuk membuat sushi atau onigiri, sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan kandungan gizi yang kaya, rumput laut telah menjadi bahan pangan yang populer di berbagai belahan dunia.

Kali ini, Crystal of the Sea akan mengeksplorasi lebih dalam mengenai jenis-jenis rumput laut yang dapat dikonsumsi dan manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh kita. Mari pelajari selengkapnya di bawah ini!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Kandungan Gizi Rumput Laut

Rumput laut, atau seaweed, adalah salah satu jenis alga yang terdiri dari beberapa varietas. Makanan yang menggunakan rumput laut sebagai bahan utama umumnya berasal dari Asia, dan selain memberikan sentuhan rasa yang unik, rumput laut juga kaya akan berbagai gizi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari US Department of Agriculture FoodData Central, sekitar 15 gram rumput laut mengandung:

  • 44,7 kalori
  • 4,77 gram protein
  • 0,601 gram lemak
  • 7,86 gram karbohidrat
  • 0,84 gram serat
  • 0,456 gram gula
  • 2,1 mikrogram vitamin A
  • 0,75 miligram vitamin C
  • 0,75 miligram vitamin E

Namun, jumlah vitamin dan mineral dalam rumput laut sedikit berbeda tergantung pada jenisnya.

Baca juga: Banyak Khasiatnya, Inilah 6 Manfaat Ikan Salmon untuk Mata

Jenis-Jenis Rumput Laut yang Dapat Dikonsumsi

Berbagai jenis rumput laut hadir dalam makanan dari negara-negara Asia, memberikan rasa khas dan manfaat kesehatan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis rumput laut yang sering digunakan dalam masakan.

1. Nori

Nori mungkin adalah jenis rumput laut yang paling banyak dikenal, terutama sebagai bahan yang melapisi sushi.

Selain itu, nori juga dapat dikonsumsi sebagai keripik atau ditambahkan ke dalam salad untuk memberikan rasa gurih yang khas. Kandungan vitamin B12 dan antioksidan membuat nori menjadi pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

2. Wakame

Wakame adalah jenis rumput laut yang sering digunakan dalam sup miso karena memiliki rasa lembut dan tekstur yang lezat ketika basah. Kaya akan kalsium, magnesium, dan besi, wakame tidak hanya menambahkan cita rasa pada hidangan, tetapi juga memberikan kontribusi pada kesehatan tulang dan darah.

3. Kombu

Kombu adalah jenis rumput laut yang sering digunakan dalam masakan kebanyakan Jepang, terutama untuk membuat kaldu dashi. Kombu kaya akan asam glutamat alami yang dapat memberikan rasa umami pada hidangan. Selain itu, kombu juga mengandung iodin, yang penting untuk fungsi kelenjar tiroid yang sehat.

4. Hijiki

Hijiki adalah jenis rumput laut dengan rasa yang kuat dan tekstur yang kenyal. Sering digunakan dalam masakan Jepang, hijiki kaya akan serat dan mineral, termasuk kalsium, zat besi, dan magnesium. Konsumsi hijiki dapat memberikan dukungan pada kesehatan tulang dan pembentukan darah.

5. Dulse

Dulse adalah jenis rumput laut yang memiliki rasa manis dan gurih. Biasanya dikonsumsi dalam bentuk kering atau digoreng, dulse mengandung sejumlah gizi seperti zat besi, vitamin B6, dan vitamin B12. Rasanya yang unik membuatnya cocok sebagai camilan sehat atau tambahan pada hidangan ringan.

Baca juga: Apa Saja Makanan Tinggi Kalsium untuk Ibu Menyusui?

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Tubuh

Rumput laut bukan hanya sekadar bahan masakan untuk berbagai hidangan, tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan kandungan gizi yang kaya, beberapa manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh termasuk:

1. Mendukung Fungsi Kelenjar Tiroid

Rumput laut mengandung iodin dan asam amino tyrosine, yang mendukung fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid membutuhkan iodin untuk memproduksi hormon, dan kurangnya iodin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Sebagai sumber iodin yang unik, rumput laut dapat menyumbangkan hingga 1,989% dari kebutuhan harian hanya dalam satu lembar rumput laut kering.

2. Sumber Gizi yang Baik

Setiap jenis rumput laut memiliki set unik gizi. Dengan menambahkan sedikit rumput laut ke dalam makanan, Anda tidak hanya memberikan rasa, tekstur, dan aroma pada hidangan tetapi juga meningkatkan asupan vitamin dan mineral.

Sebagai contoh, 1 sendok makan spirulina kering menyediakan riboflavin, thiamin, zat besi, mangan, tembaga, dan protein tanpa lemak.

3. Kaya Antioksidan Pelindung

Rumput laut mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, bersama dengan berbagai senyawa tumbuhan seperti flavonoid dan karotenoid.

Sebuah karotenoid khusus bernama fucoxanthin, yang dominan dalam alga cokelat seperti wakame, memiliki kapasitas antioksidan 13,5 kali lebih tinggi dari vitamin E.

4. Menyokong Kesehatan Usus

Rumput laut adalah sumber serat yang luar biasa, mencapai 25–75% dari berat keringnya. Serat ini dapat digunakan sebagai sumber makanan bagi bakteri usus yang baik, mempromosikan kesehatan usus dan meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek.

5. Membantu Pengurangan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam rumput laut tidak mengandung kalori, dan serat ini dapat memperlambat pengosongan lambung, memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, senyawa fucoxanthin dalam rumput laut dapat memiliki efek anti-obesitas dengan meningkatkan metabolisme lemak.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa rumput laut dapat membantu mengurangi kolesterol darah dan mencegah pembekuan darah.

Kandungan fucans dalam rumput laut juga dapat berpotensi mengurangi pembekuan darah, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung.

7. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa senyawa fucoxanthin dan alginat dalam rumput laut dapat membantu mengelola kadar gula darah, mengurangi risiko diabetes tipe 2. Meskipun penelitian ini sebagian besar dilakukan pada hewan, hasilnya menjanjikan untuk penelitian lebih lanjut pada manusia.

Bubuk Nori Rumput Laut Murni Tanpa Garam Crystal of the Sea

Dapatkan Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Tubuh dari Crystal of the Sea!

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh, langsung saja dapatkan bubuk rumput laut dari Crystal of the Sea. Terbuat dari kombinasi Nori dan Wakame tanpa tambahan garam, gula, MSG, atau bahan tambahan lainnya, produk kami dapat memberikan kandungan iodium, omega-3, asam folat, vitamin B9, dan protein bagi Anda.

Bubuk rumput laut kami tidak hanya memberikan manfaat kesehatan bagi orang dewasa, tetapi juga ideal untuk memberikan asupan gizi tambahan bagi Si Kecil. Tidak menggunakan bahan pengawet dan telah bersertifikasi halal, bubuk rumput laut kami hadir dengan tekstur halus yang mudah larut, memberikan pengalaman kuliner yang lezat dan sehat.

Kunjungi Crystal of the Sea sekarang untuk membeli Seaweed Powder dan rasakan manfaat kesehatannya secara langsung. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk yang kami tawarkan, Anda bisa klik di sini!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/7-manfaat-rumput-laut-bagi-kesehatan-tubuh
  • https://seaweednetwork.id/8-manfaat-rumput-laut-yang-menakjubkan-untuk-kesehatan
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1103574/nutrients
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Sebagai orang tua yang masih memiliki bayi, Anda harus mengetahui tips MPASI saat bepergian. …

Pentingnya asupan gizi yang tepat sejak dini menjadi fokus utama bagi orang tua yang …

Libur telah tiba dan Anda pasti memiliki rencana traveling yang ingin direalisasikan. Namun, liburan …