Apa Itu Expired Date dan Bedanya dengan Best Before?

Apa Itu Expired Date

Ketika membeli bahan makanan atau makanan berkemasan, Anda pasti menemukan tulisan expired date pada bagian labelnya. Ada juga label makanan yang ditandai dengan best before, bukan expired date, sehingga sering menimbulkan pertanyaan ketika membelinya.

Sekilas keduanya memiliki makna yang sama, yaitu menandakan batas waktu makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi. Namun, apa sebenarnya expired date dan best before, serta perbedaan di antara keduanya?

Selain expired date dan best before date, terkadang ditemukan juga use by date pada kemasan makanan. Ketiga jenis tanggal kedaluwarsa makanan ini harus dipahami dengan benar agar tidak terjadi salah kaprah. Lantas, apa yang menjadi perbedaan antara ketiganya? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini!

Apa Itu Expired Date?

Expired date atau ‘tanggal kedaluwarsa’ adalah tanggal maksimal produk makanan tersebut masih berada dalam kondisi baik dan masih bisa dikonsumsi sesuai dengan nilainya. Sederhananya, expired date menandakan batas waktu konsumsi produk makanan tersebut sebelum makanan tersebut tidak lagi bernilai, yang ditandai dengan makanan yang membusuk dan tidak bergizi sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

Makanan yang sudah melewati masa expired date tidak bisa dikonsumsi karena tidak lagi memberikan kualitas dan nilai yang ideal. Contohnya, produk susu cair yang sudah kedaluwarsa akan mengalami penggumpalan dan menimbulkan bau tidak sedap. Makanan seperti ini tidak boleh lagi dikonsumsi karena bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Cara membaca expired date cukup mudah. Contohnya, Anda mempunyai susu cair dengan expired date 4 Juli 2023. Artinya, makanan ringan tersebut tidak aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Bahan Makanan yang Baik dan Sehat Dikonsumsi?

Apa Itu Best Before Date?

Best before date atau ‘baik sebelum’ merupakan tanggal yang menandakan makanan tersebut memiliki ketahanan minimal untuk mempertahankan sifatnya ketika disimpan dengan benar. Singkatnya, makanan yang dilabeli dengan keterangan best before date memiliki nilai dan sifat yang sama seperti saat diproduksi. Nilai makanan tersebut tetap bertahan apabila disimpan sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasannya.

Best before lebih merujuk pada nilai optimal yang dimiliki produk makanan. Produk makanan tersebut masih bisa dikonsumsi meski sudah melewati tanggal best before, tetapi nilainya sudah menurun atau tidak lagi sama seperti saat baru didistribusikan ke pasar. Beberapa contoh makanan yang ditandai dengan best before date adalah makanan ringan, makanan kaleng, makanan beku (frozen food), atau makanan kering (pasta atau berat).

Bagaimana cara membacanya? Contohnya, Anda membeli produk frozen food dengan tanggal kedaluwarsa 4 Juli 2023. Artinya, Anda masih bisa memasak frozen food setelah tanggal tersebut. Hanya saja, frozen food tersebut tidak lagi memiliki tekstur, rasa, atau aroma yang sama seperti sebelum tanggal best before.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Apa Itu Use by Date?

Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, used by date juga berarti tanggal kedaluwarsa. Bedanya dengan expired date adalah tanggal ini biasa dicantumkan pada produk makanan yang mudah rusak atau tidak memiliki usia panjang. Used by date juga bisa diartikan sebagai tanggal maksimal produk makanan bisa dikonsumsi dengan aman.

Used by date menjadi patokan mengenai perkiraan waktu munculnya zat mikrobiologis yang mengontaminasi suatu produk makanan. Tanggal ini biasa ditemukan pada makanan segar, seperti produk susu, daging segar, atau ikan. Makanan yang sudah melewati tanggal used by tidak boleh dikonsumsi karena bisa menyebabkan keracunan makanan yang bisa membahayakan kesehatan.

Contohnya, Anda membeli ayam potong di supermarket. Bagian labelnya bertuliskan ‘use by: 30 Maret 2023’. Artinya, ayam potong tersebut harus diolah atau dimasak sebelum tanggal 30 Maret 2023. Apabila melewati tanggal tersebut, produk ayam potong sudah terkontaminasi bakteri berbahaya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini 12 Cara Mengatasi Keracunan Makanan Kedaluwarsa

Jenis Makanan yang Wajib Memiliki Expired Date

Penggunaan expired date atau tanggal kedaluwarsa biasanya diperlukan pada produk makanan tertentu yang memiliki umur simpan lebih lama atau rawan mengalami perubahan kualitas yang signifikan setelah melewati tanggal tersebut. Beberapa produk yang umumnya memiliki expired date adalah:

  • Susu formula bayi atau makanan bayi
  • Vitamin dan suplemen
  • Obat-obatan bebas yang dijual di luar resep dokter
  • Cake mix
  • Baking powder atau bubuk pengembang

Sejatinya, hampir setiap bahan makanan memiliki tanggal kedaluwarsanya sendiri. Anda bisa menggunakan daftar di bawah ini untuk menentukan patokan tanggal kedaluwarsa dari masing-masing bahan makanan:

  • Telur: Dikonsumsi 3-5 minggu ketika disimpan di lemari es.
  • Yoghurt: Dikonsumsi dalam 2 minggu ketika didinginkan atau 2 bulan ketika dibekukan.
  • Susu: Diminum dalam 1 minggu setelah dibuka dan disimpan di lemari es.
  • Mentega: Dikonsumsi dalam 3 bulan jika didinginkan.
  • Daging ayam dan ikan: Dikonsumsi dalam 2 minggu bila tidak dibuka atau 5 hari jika dibuka dan disimpan di lemari es. Bisa dikonsumsi dalam waktu 2 bulan jika dibekukan.
  • Sosis: Dikonsumsi dalam 2 minggu bila tidak dibuka atau 1 minggu jika dibuka dan disimpan di lemari es. Bisa dikonsumsi dalam waktu 1-2 bulan jika dibekukan.
  • Saus tomat: Dikonsumsi dalam 6 bulan bila dibuka dan disimpan di lemari es.

Baca juga: Mengenal Bahaya Foodborne Illness dan Cara Mencegahnya

Perbedaan antara Expired Date, Best Before, dan Use by Date

Setelah memahami pengertian antara expired date, best before, dan used by date, Anda mungkin masih bingung dalam membedakannya karena ketiganya sekilas hampir memiliki kesamaan. Untuk mengetahui perbedaannya, simak penjelasan berikut ini.

Expired date dan used by date pada dasarnya memiliki makna yang sama, yaitu batas waktu maksimal makanan bisa dikonsumsi atau diolah dengan aman. Perbedaannya terletak pada penggunaannya. Expired date lebih banyak digunakan pada makanan kemasan, seperti mi instan atau makanan kalengan yang menandakan bahwa usia simpannya lebih lama. Sedangkan used by date lebih sering digunakan pada makanan segar, seperti daging, ikan, dan produk susu.

Sementara itu, best before date lebih menekankan sisi kualitas makanan, berbeda dengan expired date dan used by date yang mengutamakan keamanan makanan. Makanan yang memiliki label best before date masih bisa dikonsumsi, meskipun sudah melampaui tanggal best before. Risikonya adalah makanan tersebut mengalami penurunan kualitas, baik dari segi aroma, tekstur, atau rasa.

Terlepas dari perbedaan antara ketiga jenis tanggal kedaluwarsa tersebut, lebih baik Anda mengonsumsi makanan sebelum tanggal yang tercantum. Periksalah setiap tanggal kedaluwarsa produk makanan sebelum dikonsumsi atau diolah supaya Anda bisa memastikan kualitas, kesegaran, dan keamanan produk makanannya.

Bagaimana? Sudahkah Anda memahami apa itu expired date serta perbedaannya dengan best before date dan use by date setelah membaca artikel ini? Tetaplah mengingat perbedaan ketiga tanggal kedaluwarsa ini ketika Anda sedang membeli produk atau bahan makanan untuk keluarga.

Dried Food Crystal of the Sea terjamin Food Safety-nya

Lebih baik Anda memilih makanan dengan tanggal kedaluwarsa yang cukup lama, tetapi tetap menggunakan bahan alami dalam proses pembuatannya. Tidak perlu bingung mencarinya karena Anda bisa menemukannya dengan mudah hanya di Crystal of the Sea.

Kami menyediakan produk makanan laut yang terdiri dari 3 pilihan rasa, yaitu White Anchovy, Brown Anchovy, dan Ebi Udang. Dried seafood dari Crystal of the Sea bisa bertahan selama 8 bulan jika disimpan di luar kulkas, tetapi lebih direkomendasikan untuk disimpan dalam lemari es untuk mempertahankan warna makanannya. Hubungi kami untuk mendapatkan produknya sekarang juga!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://runsystem.id/id/blog/expired-artinya/
  • https://gizigo.id/tanggal-kadaluarsa/
  • https://www.blibli.com/friends/blog/apa-sih-perbedaan-best-before-dan-expired-date/
  • https://www.webmd.com/diet/features/do-food-expiration-dates-matter
  • https://www.realsimple.com/food-recipes/shopping-storing/food/food-expiration-dates-guidelines-chart
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Ikan adalah salah satu sumber protein tinggi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Protein …

Memahami jenis makanan yang aman dan sehat untuk bayi merupakan salah satu aspek penting …

Udang merupakan salah satu makanan laut (seafood) yang digemari oleh banyak orang. Dibandingkan dengan …