11 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Diet

Program diet sangat berkaitan erat dengan menjaga kompleksitas dan penyerapan gizi tubuh. Biasanya, makanan yang mengandung garam, gula, atau lemak jenuh yang terlalu banyak sangat dihindari karena dapat mengganggu proses penyerapan zat gizi, atau bahkan dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes, atau hipertensi. Oleh karena itu, kali ini Crystal of the Sea akan membahas tentang apa saja makanan yang tidak boleh dimakan saat diet. Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sebelum masuk ke ulasan lebih lanjut, jika Anda sedang mencari berbagai macam menu makanan yang sehat untuk program diet Anda, Anda bisa membaca artikel Makanan Sehat untuk Diet Pemula. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Kalkulator Gizi dari Crystal of the Sea untuk memantau dan mengetahui setiap kandungan gizi yang Anda konsumsi setiap harinya.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet

Apa Saja Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat Anda melaksanakan program diet, yaitu:

1. Kentang Goreng dan Keripik Kentang

Kentang sebenarnya merupakan salah satu pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi saat diet. Namun, berbeda halnya ketika Anda mengonsumsi kentang yang digoreng. Proses penggorengan dapat membuat kandungan kalori dan minyak di dalam kentang menjadi lebih tinggi.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat kentang untuk menurunkan berat badan, masaklah kentang dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Pada dasarnya, makanan yang dipanggang jauh lebih baik dikonsumsi saat diet, karena nilai gizi yang terkandung di dalamnya dapat terjaga.

Coba Produk Crystal of the Sea Sekarang Juga

2. Kue dan Biskuit

Kue dan biskuit juga menjadi jenis makanan yang harus Anda hindari saat diet. Selain rendah kandungan gizi, camilan ini juga tinggi gula, sehingga akan meningkatkan berat badan. Kalori yang terkandung di dalamnya juga terbilang tinggi, tetapi tidak memberi efek kenyang, sehingga Anda dapat dengan mudah mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih.

Bila Anda ingin makanan manis selama diet, sangat disarankan untuk mengonsumsi cokelat hitam. Selain kaya kandungan antioksidan, cokelat hitam juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Es Krim

Es krim memang seringkali menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi saat cuaca panas, karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan. Namun, ketika Anda sedang diet, sebaiknya hindari konsumsi es krim, karena camilan ini mengandung kadar gula dan kalori yang sangat tinggi.

Bila tetap ingin merasakan kesegaran es krim tetapi dengan kandungan yang sehat, Anda cukup membuatnya dengan memanfaatkan buah segar, dan yoghurt. Es krim dengan dua bahan ini jauh lebih menyehatkan, karena di dalamnya terdapat berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Pilihan Camilan Sehat untuk Bumil yang Lezat dan Bergizi

4. Roti Putih

Mengonsumsi roti putih dengan selai dapat menjadi pilihan sarapan yang praktis dan membuat Anda kenyang. Namun, selama diet Anda sangat disarankan untuk mengganti roti putih ini dengan roti gandum utuh. Roti gandum utuh memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, sehingga memberikan efek kenyang lebih lama.

Selain itu, makanan tinggi karbohidrat seperti roti menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berujung pada beberapa penyakit komplikasi berbahaya seperti diabetes.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa diet rendah kalori dengan menu roti gandum utuh dapat menghilangkan lebih banyak lemak perut daripada diet dengan menu nasi putih maupun roti putih.

5. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji umumnya memiliki kandungan kalori, kolesterol, dan garam yang tinggi, serta rendah gizi. Bila dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini dapat meningkatkan kenaikan berat badan secara berlebihan. Selain itu konsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, agar program diet Anda berhasil dan kesehatan tubuh tetap terjaga, sebaiknya hindari konsumsi makanan siap saji, perbanyak minum air mineral, dan perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang.

6. Makanan dengan Gula Tambahan

Makanan dengan Gula Tambahan

Produk makanan berlabel rendah lemak atau bebas lemak tidak selamanya sehat, Hal ini dikarenakan untuk memperkuat rasa makanan, gula tambahan seperti fruktosa, maltosa, dan sukrosa seringkali ditambahkan ke dalam makanan tersebut.

Hal ini tentu harus Anda hindari saat program diet, karena selain dapat menaikkan berat badan, konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

7. Minuman Kemasan

Minuman manis kemasan, seperti kopi kalengan, jus buah kemasan, dan soda, memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebihan, akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan Anda dan meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan mengonsumsi jus buah murni tanpa gula tambahan, sehingga kebutuhan serat harian Anda dapat tercukupi.

8. Nasi Putih

Nasi putih sebaiknya dihindari saat menjalani program diet. Meskipun nasi putih memiliki kadar lemak yang lemah, namun nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Hal ini berarti konsumsi nasi putih dalam jumlah besar dapat mengakibatkan lonjakan kadar gula darah, yang tentunya meningkatkan rasa lapar. Hal tersebut tentunya berpotensi mengganggu keberhasilan program diet.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih nasi merah untuk menjaga pola makan yang sehat, baik untuk diet maupun metode penurunan berat badan lainnya seperti OCD.

9. Manisan Buah-buahan Kering

Buah-buahan segar dikenal kaya akan serat dan nutrisi yang bermanfaat, dan umumnya memiliki kandungan kalori yang rendah. Namun, dalam bentuk kering, buah-buahan tersebut dapat memiliki kandungan kalori yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi manisan buah-buahan kering saat ingin mencapai berat badan ideal.

Dikarenakan kadar airnya yang lebih rendah, buah-buahan kering menjadi sumber fruktosa yang lebih terkonsentrasi. Akibatnya, dalam setiap gramnya, buah kering mengandung lebih banyak kalori dan gula jika dibandingkan dengan buah segar.

10. Kacang Kacangan Goreng

Kacang-kacangan, spesifiknya kacang yang telah digoreng atau kacang yang telah ditambahkan gula atau pemanis lainnya untuk makanan penutup, sebaiknya Anda hindari selama proses diet. Walau kacang dalam bentuk alaminya boleh Anda konsumsi saat diet, kacang yang telah digoreng apalagi telah ditambahkan gula atau pemanis lainnya hanya akan membuat berat badan naik.

11. Makanan Panggang

Tidak hanya goreng-gorengan, Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang dipanggang saat sedang diet. Makanan panggang sering kali harus dihindari saat sedang melakukan diet karena biasanya mengandung kadar kalori, gula, dan lemak yang tinggi. Proses pemanggangan sering melibatkan penggunaan tepung terigu dan gula dalam jumlah besar, yang dapat meningkatkan asupan kalori dan menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan

Apa Akibat Jika Tidak Makan 1 Hari?

Orang yang tidak makan sama sekali dalam kurun waktu 24 jam akan mengalami hipoglikemia, karena seluruh glukosanya digunakan sebagai sumber energi dan tidak mendapatkan asupan pengganti. Apakah hipoglikemia itu? Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal.

Jika kondisi ini dibiarkan, akan menyebabkan komplikasi seperti koma, kerusakan sistem saraf, otak, dan organ tubuh yang dapat menyebabkan kematian.

Untuk mengatasi hal tersebut kita sebaiknya selalu mematuhi jadwal makan dan memiliki menu makanan dengan zat gizi yang tinggi untuk mengoptimalkan kerja organ tubuh.

Rekomendasi Jam Makan untuk Diet 

Dilansir dari situs halodoc.com, makan siang di akhir waktu (makan setelah pukul 3 sore) cenderung menurunkan lebih sedikit berat badan dibandingkan makan lebih awal. Membatasi waktu makan mulai pukul 6 pagi hingga 7 malam dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan hingga 244 kalori. Hal tersebut menunjukkan bahwa puasa semalaman dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah survei mengungkapkan waktu terbaik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam jika ingin menurunkan berat badan adalah:

  • Sarapan: tepat setelah pukul 7 pagi
  • Makan siang: Antara pukul 12.30 dan 13.00
  • Makan malam: antara pukul 18.00 dan 18.30

Baca juga: Camilan Malam untuk Diet yang Sangat Baik Buat Kesehatan

Apakah Boleh Makan Mie Instant saat Diet?

Makan mie instan saat diet sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan mie instan rendah serat dan kalori, serta mengandung banyak bahan tambahan seperti pengawet yang kurang sehat untuk tubuh. Selain itu, mie instan juga mengandung tinggi kalori, lemak, dan natrium yang dapat mengganggu program diet.

Sebaiknya, dalam program diet sebaiknya mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan sumber protein yang rendah lemak.

Baca juga: Menu Makanan untuk Diet yang Bisa Anda Coba

Apa Saja Makanan Tinggi Kalori yang Harus Dihindari Saat Diet?

Beberapa makanan tinggi kalori yang sebaiknya dihindari termasuk makanan olahan seperti bacon, salami, sosis, bakso, dan daging olahan lainnya.

Pastikan juga menghindari makanan cepat saji seperti ayam goreng, burger, kentang goreng, es krim, kue, kue kering, minuman manis, minuman kemasan, keripik, dan minuman alkohol.

Makanan ini cenderung mengandung kalori tinggi, gula, lemak, dan seringkali rendah akan zat gizi penting, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas atau dihindari, terutama saat sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

Apakah Boleh Makan Almond Fish Snack saat Diet?

Almond Fish dari Crystal of the Sea Baik untuk Pertumbuhan Anak

Almond Fish Snack sangat aman untuk Anda konsumsi di saat diet. Hal ini dikarenakan makanan ini memiliki kalori rendah, dan mengandung banyak gizi yang diperlukan oleh tubuh, di antaranya yaitu omega-3, omega-6, vitamin B2, vitamin E, protein, dan kalsium. Jadi, bagi Anda pecinta makanan seafood yang sedang melakukan program diet, ada camilan sehat berbahan ikan yang aman disantap, yaitu Almond Fish Snack. Penasaran? Dapatkan produknya sekarang juga hanya di Tokopedia atau Shopee Crystal of the Sea!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/makanan-yang-harus-dihindari-saat-diet
  • https://health.kompas.com/read/23C07160100268/apa-yang-terjadi-jika-tidak-makan-seharian-?page=all
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-jam-makan-untuk-diet-yang-perlu-diketahui
  • https://www.sehatq.com/forum/apakah-makan-mie-instan-saat-diet-itu-benar-q47978
  • https://hellosehat.com/diabetes/akibat-gula-darah-tinggi/
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Dalam fase pertumbuhan yang kritis, kebutuhan akan gizi pada balita menjadi hal yang sangat …

Memilih makanan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan bisa menjadi hal yang menantang untuk Bunda. …

Masih banyak sekali orang yang belum mengetahui apa itu stunting dan penyebabnya. Padahal, masalah …