Cara Membuat MPASI Ikan Teri Lezat dan Praktis untuk Si Kecil di Rumah

cara membuat mpasi ikan teri

Memasak MPASI (Makanan Pendamping ASI) bagi si kecil merupakan langkah penting dalam memberikan asupan gizi yang seimbang sejak dini. Salah satu pilihan yang bergizi dan lezat adalah mengintegrasikan ikan teri dalam menu MPASI. Ikan teri bukan hanya menjadi variasi yang menyenangkan dalam pola makan si kecil, tetapi juga membawa beragam manfaat gizi yang sangat dibutuhkan. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah lengkap dalam cara membuat MPASI ikan teri yang lezat untuk si kecil, serta mengungkapkan pentingnya memasukkan ikan teri ke dalam menu MPASI sebagai pilihan gizi yang cerdas.

Apa 5 Manfaat Gizi Ikan Teri untuk Si Kecil?

Ikan teri merupakan sumber gizi yang luar biasa dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Berikut adalah lima manfaat gizi ikan teri yang perlu diperhatikan:

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea
  • Kaya Protein: Ikan teri mengandung protein tinggi, yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh, pertumbuhan otot, dan mendukung sistem kekebalan tubuh si kecil.
  • Asam Lemak Omega-3: Asam lemak omega-3, terutama DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid), hadir dalam ikan teri dan memberikan dukungan kritis untuk perkembangan otak dan penglihatan si kecil.
  • Kalsium dan Fosfor: Gizi ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi si kecil. Kalsium dan fosfor dalam proporsi yang tepat membantu membangun kerangka tubuh yang kuat.
  • Zat Besi: Ikan teri mengandung zat besi, yang esensial untuk mencegah anemia pada si kecil. Anemia dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan dalam pertumbuhan.
  • Vitamin D: Ikan teri menyediakan sumber alami vitamin D, yang mendukung penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca juga: Apa Saja Makanan Tinggi Kalsium untuk Ibu Menyusui?

Cara Membuat MPASI Ikan Teri yang Mudah dan Lezat untuk Bayi

Pada bagian ini kami akan memberikan tips cara membuat MPASI dari bahan ikan teri:

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses memasak MPASI ikan teri, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Ikan teri segar
  • Sayuran pilihan (bayam, wortel, brokoli, labu kuning, kentang, jagung manis, tomat, kacang panjang)
  • Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea
  • Air matang

2. Membersihkan Ikan Teri

Membersihkan ikan teri adalah tahap krusial sebelum memasak. Pastikan untuk mencuci ikan teri secara menyeluruh dan memastikan semua bagian perut dan tulang telah dihilangkan dengan hati-hati.

3. Proses Memasak Ikan Teri

Proses memasak ikan teri dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti merebus, mengukus, atau menggoreng. Pilih metode sesuai dengan preferensi si kecil dan pertimbangan gizi. Pastikan untuk memasak ikan teri hingga matang dengan baik.

4. Mengolah Ikan Teri Menjadi Hidangan MPASI

Setelah ikan teri matang, langkah selanjutnya adalah mengolahnya menjadi hidangan MPASI yang lezat dan bergizi. Tambahkan sayuran pilihan sesuai dengan selera dan kebutuhan gizi si kecil. 

Jangan lupa untuk memasukkan Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea untuk memberikan rasa kaya gizi pada hidangan MPASI. Pastikan tekstur makanan sesuai dengan tahap perkembangan si kecil agar dapat dengan mudah dikonsumsi dan dicerna.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menciptakan MPASI ikan teri yang tidak hanya lezat tetapi juga menyediakan gizi yang diperlukan untuk perkembangan optimal si kecil. Selanjutnya, mari kita tinjau beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat memasak MPASI ikan teri untuk si kecil.

Baca juga: 10 Ciri Bayi Kekurangan ASI dan Cara Mengatasi dengan Tepat: Panduan untuk Ibu Menyusui

Tips Penting saat Memasak MPASI Ikan Teri untuk Si Kecil

Memasak MPASI ikan teri bagi si kecil memerlukan perhatian khusus terhadap beberapa faktor kunci. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memastikan bahwa hidangan yang disajikan tidak hanya lezat tetapi juga menyediakan gizi yang optimal sesuai dengan perkembangan si kecil.

1. Memastikan Ikan Teri Benar-Benar Bersih sebelum Dimasak

Sebelum memasak, pastikan ikan teri telah dibersihkan secara menyeluruh. Mencuci ikan teri di bawah air mengalir membantu menghilangkan kotoran dan sisa-sisa yang mungkin masih menempel. 

Perhatikan juga untuk menghapus bagian perut dan tulang yang tidak diinginkan dengan teliti. Kebersihan ikan teri tidak hanya berdampak pada tampilan hidangan, tetapi juga menjamin keamanan dan kebersihan konsumsi bagi si kecil.

2. Memperhatikan Tekstur Makanan agar Sesuai dengan Perkembangan Si Kecil

Tingkat perkembangan si kecil memainkan peran penting dalam menentukan tekstur makanan. Jika si kecil masih dalam fase pengenalan makanan padat, pertimbangkan untuk menghaluskan atau menghancurkan ikan teri menjadi tekstur yang lebih lembut. 

Sebaliknya, bagi yang sudah terbiasa makan makanan padat, pertahankan beberapa potongan kecil ikan teri untuk memberikan variasi tekstur dan merangsang pengalaman mengunyah. Hal ini membantu mengembangkan kemampuan makan dan mencerna secara bertahap.

3. Menyesuaikan Porsi Makanan Sesuai dengan Usia Si Kecil

Perhatikan usia si kecil saat menyesuaikan porsi makanan. Anak yang lebih kecil mungkin memerlukan porsi yang lebih kecil, sementara anak yang lebih besar mungkin membutuhkan porsi yang lebih besar. 

Sesuaikan porsi makanan dengan nafsu makan dan kebutuhan gizi si kecil. Hal ini penting untuk mencegah kelebihan atau kekurangan makanan, memastikan bahwa setiap sajian memberikan kontribusi optimal terhadap pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Baca juga: 7 Protein Hewani untuk MPASI Bayi pada Tahun Pertama

8 Rekomendasi Menu MPASI Ikan Teri yang Lezat untuk Si Kecil

Mengintegrasikan ikan teri dalam menu MPASI si kecil adalah pilihan cerdas untuk memberikan gizi yang kaya dan cita rasa yang lezat. Berikut adalah 8 resep MPASI ikan teri yang tidak hanya enak, tetapi juga menyediakan manfaat gizi yang beragam untuk perkembangan optimal si kecil.

1. Bubur Ikan Teri Bayam

Bubur ikan teri bayam adalah pilihan lezat yang menggabungkan kebaikan ikan teri, sayuran bayam, dan karbohidrat dari bubur. Manfaat gizinya meliputi tingginya kandungan protein, zat besi, dan serat dari bayam, serta asam lemak omega-3 dari ikan teri.

2. Puree Kentang Ikan Teri

Puree kentang ikan teri adalah sajian lembut yang cocok untuk si kecil yang masih dalam fase pengenalan makanan padat. Kentang memberikan energi sementara ikan teri menyediakan protein dan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak.

3. Sop Ikan Teri Wortel

Sop ikan teri wortel menggabungkan kelezatan ikan teri dengan kandungan beta-karoten tinggi dari wortel. Beta-karoten penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh si kecil.

4. Tim Ikan Teri Brokoli

Tim ikan teri brokoli adalah hidangan yang kaya serat dari brokoli dan protein berkualitas tinggi dari ikan teri. Brokoli juga menyediakan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

5. Bubur Ikan Teri Labu Kuning

Bubur ikan teri labu kuning memberikan kombinasi rasa manis dan gurih. Labu kuning kaya akan vitamin A, sementara ikan teri memberikan asupan zat besi dan kalsium yang penting.

6. Puree Ikan Teri Jagung Manis

Puree ikan teri jagung manis adalah pilihan lezat untuk memperkenalkan rasa manis jagung pada si kecil. Jagung manis memberikan serat, vitamin B, dan energi tambahan.

7. Sop Ikan Teri Tomat

Sop ikan teri tomat memberikan rasa segar dari tomat dan kebaikan ikan teri. Tomat menyediakan vitamin C dan likopen, antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

8. Tim Ikan Teri Kacang Panjang

Tim ikan teri kacang panjang adalah kombinasi yang menggugah selera. Kacang panjang menyediakan serat dan vitamin K, sedangkan ikan teri memberikan asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otak.

Memberikan MPASI ikan teri kepada si kecil memiliki peran krusial dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Ikan teri bukan hanya memberikan variasi rasa yang lezat, tetapi juga menyediakan beragam gizi penting. 

Baca juga: 10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Apa Sajakah?

Protein, asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, dan vitamin D yang terkandung dalam ikan teri mendukung perkembangan otak, tulang, dan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu, keberadaan ikan teri dalam menu MPASI membantu menciptakan kebiasaan makan sehat sejak dini, yang dapat berdampak positif pada kesehatan jangka panjang.

Untuk memastikan si kecil mendapatkan manfaat maksimal dari ikan teri, sangat disarankan untuk menambahkan produk Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea ke dalam menu MPASI. Bubuk Ikan Teri ini menjadi pilihan unggul karena beberapa alasan utama.

Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea dibuat dari ikan teri berkualitas tinggi. Proses produksi yang cermat dan terkontrol ketat memastikan bahwa bubuk ini bebas dari kontaminan dan aman untuk dikonsumsi oleh si kecil. Kualitas bahan baku yang dipilih dengan teliti juga memberikan keaslian rasa ikan teri yang lezat pada setiap sajian.

Bubuk Ikan Teri ini tidak hanya memberikan rasa lezat, tetapi juga menyediakan gizi optimal yang dibutuhkan oleh si kecil. Kaya akan protein, asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, dan vitamin D, produk ini mendukung pertumbuhan otak, perkembangan tulang, dan sistem kekebalan tubuh si kecil. Dengan menambahkan bubuk ini ke dalam menu MPASI, Anda memastikan bahwa gizi yang dibutuhkan si kecil tetap terpenuhi dengan baik.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Produk Crystal of the Sea

Sumber referensi:

  • https://cookpad.com/id/cari/mpasi%20teri%20basah
  • https://www.popmama.com/baby/7-12-months/sysilia-tanhati/sumber-omega-3-ini-8-resep-mpasi-berbahan-dasar-ikan-teri
  • https://kumparan.com/mama-rempong/resep-mpasi-10-11-bulan-bubur-ikan-teri-1xU1s2xVVuD
  • https://www.kompas.com/food/read/2020/07/04/101500775/resep-tim-saring-ikan-teri-cocok-untuk-mpasi-si-kecil
  • https://www.ibupedia.com/artikel/balita/mau-anak-tumbuh-cerdas-beri-ikan-teri-sebagai-menu-mpasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Pernahkah Anda sebagai konsumen membayangkan proses quality control (QC) pada produk makanan atau minuman …

Sertifikat HACCP adalah salah satu indikator yang wajib diperhatikan sebelum Anda membeli sebuah produk …

Apa itu picky eater? Mudahnya, picky eater adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan orang, …