Inilah Kandungan Ikan Teri, Kaya Akan Kalsium dan Zat Besi

kandungan ikan teri

Ikan teri, meskipun sering dianggap remeh karena ukurannya yang kecil, sebenarnya merupakan sumber gizi yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizinya yang kaya membuat ikan teri layak diperhitungkan sebagai bagian penting dalam menu makanan sehari-hari. Artikel ini akan mengulas secara mendalam mengenai keunggulan ikan teri, khususnya dalam hal kandungan gizi dan manfaatnya untuk kesehatan.

5 Kandungan Gizi Utama dalam Ikan Teri

Ikan teri memiliki kandungan gizi yang luar biasa, meskipun ukurannya kecil. Berikut adalah lima kandungan gizi utama dalam ikan teri yang membuatnya begitu bernilai bagi kesehatan:

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

1. Protein Tinggi

Ikan teri merupakan sumber protein yang sangat baik. Dalam setiap sajian, ikan teri menyediakan jumlah protein yang signifikan, esensial untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

2. Asam Lemak Omega-3

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri menjadikannya sebagai salah satu jenis ikan berlemak. Asam lemak ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan memberikan dampak positif pada berbagai aspek kesehatan.

3. Kalsium yang Tinggi

Meskipun ikan teri kecil, kandungan kalsiumnya sangat signifikan. Kalsium adalah gizi penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam menjaga fungsi saraf yang optimal.

4. Zat Besi

Kehadiran zat besi dalam ikan teri mendukung pembentukan hemoglobin, yang sangat penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi ikan teri membantu mencegah risiko anemia.

5. Vitamin A dan E

Ikan teri juga mengandung vitamin A dan E. Vitamin A menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin E berperan sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kombinasi kelima kandungan gizi ini menjadikan ikan teri sebagai pilihan yang cerdas untuk meningkatkan asupan gizi sehari-hari. Dengan porsi yang kecil, ikan teri mampu memberikan dampak besar bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 10 Makanan yang Baik untuk Tulang yang Kuat dan Sehat

Manfaat Ikan Teri untuk Tubuh

Ikan teri, dengan kandungan gizinya yang luar biasa, memberikan berbagai manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan teri secara teratur:

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Ikan teri mengandung asam lemak omega-3, seperti asam EPA dan asam DHA. Kedua jenis asam lemak ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Konsumsi ikan teri secara teratur dapat membantu:

  • Menurunkan Kolesterol: Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Menurunkan Risiko Aterosklerosis: Kandungan omega-3 membantu menjaga kebersihan pembuluh darah arteri, mengurangi risiko terbentuknya plak aterosklerosis.
  • Mengatur Tekanan Darah: Omega-3 juga dapat membantu mengatur tekanan darah, mengurangi beban kerja jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Asam lemak omega-3 dalam ikan teri tidak hanya bermanfaat untuk jantung tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan otak. Manfaat utama meliputi:

  • Mencegah Penyakit Alzheimer: Omega-3 dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dengan menurunkan kadar protein beta-amiloid dalam otak.
  • Menjaga Fungsi Kognitif: Konsumsi ikan teri dapat meningkatkan fungsi kognitif dan menjaga daya ingat.
  • Melindungi dari Peradangan: Asam lemak omega-3 memiliki sifat antiinflamasi, melindungi sel-sel otak dari peradangan yang dapat merusak fungsi mereka.

3. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Kandungan kalsium dalam ikan teri memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Manfaat ini melibatkan:

  • Pertumbuhan Tulang yang Optimal: Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak dan menjaga kekuatan tulang pada orang dewasa.
  • Pencegahan Osteoporosis: Asupan kalsium yang cukup membantu mencegah risiko osteoporosis, terutama pada wanita setelah menopause.
  • Kesehatan Gigi: Selain tulang, kalsium juga mendukung kesehatan gigi, menjaga struktur gigi agar tetap kuat.

Baca juga: Bunda Wajib Coba, 10 Resep MPASI Salmon yang Baik untuk Kesehatan Bayi

Cara Memilih dan Menyimpan Ikan Teri

Ikan teri, meskipun ukurannya kecil, membutuhkan perhatian khusus saat memilih dan menyimpannya agar tetap segar dan enak dikonsumsi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memilih dan menyimpan ikan teri dengan baik:

1. Pilih Ikan Teri yang Segar

Pilih ikan teri yang tampak segar dengan mata yang jernih dan tidak keruh. Warna tubuh ikan teri sebaiknya cerah dan tidak pudar. Hindari ikan teri yang memiliki bau amis atau tidak segar, karena ini bisa menjadi indikator ikan yang sudah tidak layak konsumsi.

2. Perhatikan Penyimpanan di Toko

Pastikan ikan teri disimpan dalam kondisi dingin atau beku untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan memastikan kesegaran ikan terjaga. Pilih ikan teri yang disajikan dalam wadah tertutup atau kemasan vakum untuk melindungi ikan dari kontaminasi dan mempertahankan kelembaban.

3. Cek Kadar Garam

Kadar garam yang cukup tinggi adalah salah satu cara tradisional untuk mengawetkan ikan teri. Pastikan ikan teri yang Anda pilih memiliki kadar garam yang cukup untuk menjaga kesegarannya. Jika membeli ikan teri yang diasinkan atau diasapi, pastikan proses pengasinan dilakukan dengan baik untuk menghindari terlalu asin atau terlalu tawar.

4. Simpan dengan Benar di Rumah

Setelah membeli, simpan ikan teri di dalam kulkas untuk menjaga kesegaran. Gunakan wadah kedap udara atau bungkus dengan rapat menggunakan plastik pembungkus atau kantong vakum. Jangan menyimpan ikan teri terlalu lama di dalam kulkas. Konsumsilah dalam waktu yang sesingkat mungkin untuk menikmati cita rasa terbaiknya.

Dengan memperhatikan cara-cara di atas, Anda dapat memastikan bahwa ikan teri yang Anda pilih tetap segar dan lezat. Hal ini tidak hanya mempengaruhi rasa masakan yang dihasilkan tetapi juga memastikan bahwa ikan teri tetap menjadi sumber gizi yang berkualitas bagi kesehatan Anda.

Baca juga: Mari Mengenal Bubuk Teri MPASI yang Lezat

Tips Kreatif Memasak Ikan Teri

Ikan teri, dengan keunikannya, dapat menjadi bahan yang menarik untuk diolah dalam berbagai variasi hidangan. Berikut ini beberapa tips kreatif dalam memasak ikan teri:

1. Menggunakan Ikan Teri sebagai Topping

Menggunakan ikan teri sebagai topping pada hidangan favorit dapat memberikan dimensi rasa yang unik. Cobalah menaburkan ikan teri yang telah digoreng kering di atas pizza sebelum dipanggang. 

Hal ini akan memberikan sentuhan gurih yang melengkapi rasa keju dan saus tomat, menciptakan harmoni cita rasa yang tak terlupakan. Selain itu, ikan teri juga bisa dijadikan topping pada salad sayuran segar untuk memberikan rasa gurih yang menyegarkan atau dicampurkan ke dalam saus pasta favorit untuk mendapatkan hidangan pasta dengan sentuhan laut yang lezat.

2. Menggoreng Ikan Teri dengan Bumbu yang Berbeda

Penggorengan ikan teri dengan variasi bumbu dapat menghadirkan kelezatan yang berbeda setiap kali disajikan. Anda bisa mencoba mengolah ikan teri dengan bumbu balado yang pedas dan sedikit manis. 

Hasilnya adalah hidangan dengan cita rasa pedas yang memikat. Selain itu, mencoba menggoreng ikan teri dengan bumbu kecap manis, bawang putih, dan jahe akan menghasilkan hidangan yang manis, gurih, dan harum. Eksplorasi berbagai bumbu ini akan membuka peluang untuk menikmati ikan teri dengan variasi rasa yang kreatif.

3. Mengolah Ikan Teri menjadi Camilan Sehat

Ikan teri dapat diolah menjadi camilan sehat yang cocok dinikmati kapan saja. Jika Anda menginginkan opsi camilan yang lebih sehat, pertimbangkan untuk memanggang ikan teri dalam oven dengan sedikit minyak zaitun dan bumbu pilihan Anda.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan camilan gurih yang rendah kalori dan tetap menggugah selera. Selain itu, Anda juga bisa mencampur ikan teri dengan kacang-kacangan panggang atau mengolahnya menjadi keripik ikan teri yang ringan. Dengan variasi camilan sehat ini, Anda tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga mendapatkan asupan gizi yang baik.

Dalam menyimpulkan, penting untuk menyoroti manfaat kandungan gizi yang terdapat dalam ikan teri untuk kesehatan tubuh Anda. Ikan teri, meskipun berukuran kecil, mengandung gizi yang sangat berharga. 

Kaya akan protein, omega-3, kalsium, zat besi, dan vitamin, ikan teri memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesehatan jantung, otak, tulang, dan berbagai aspek vital lainnya. Keberagaman gizi ini membuat ikan teri menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat optimal dari kandungan gizi ikan teri, kami merekomendasikan produk Ikan Teri Jengki dari Crystal of the Sea. Produk ini tidak hanya menghadirkan kualitas terbaik tetapi juga menambah kelezatan menu makanan Anda. Ikan Teri Jengki dari Crystal of the Sea diproses dengan teliti untuk memastikan kebersihan, rasa, dan kandungan gizi yang terjaga.

Dengan menambahkan Ikan Teri Jengki dari Crystal of the Sea ke dalam menu sehari-hari atau camilan sehat keluarga, Anda tidak hanya memperkaya cita rasa hidangan tetapi juga memberikan kontribusi positif untuk kesehatan seluruh keluarga.

Yuk berikan yang terbaik untuk tubuh dengan produk Crystal of the Sea. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk kami, klik di sini!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-gizi/6-manfaat-dahsyat-ikan-teri-bagi-kesehatan-tubuh
  • https://www.halodoc.com/artikel/kaya-omega-3-ini-manfaat-ikan-teri-untuk-kesehatan
  • https://www.alodokter.com/meski-kecil-ikan-teri-mengandung-gizi-penting-untuk-anak-lho
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Apakah Anda tahu bahwa ada banyak sekali jenis ikan teri di luar sana? Ikan …

Program diet harus dilakukan dengan disiplin. Namun, mungkin bagi yang baru memulai, tentu akan …

Sebagai orang tua yang masih memiliki bayi, Anda harus mengetahui tips MPASI saat bepergian. …