12 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Ikan gabus, salah satu jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia, memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Ikan gabus tidak hanya enak saat dimasak, tetapi juga mengandung sejumlah zat gizi penting yang dapat memberikan dampak positif bagi tubuh kita. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa manfaat ikan gabus untuk kesehatan dan mengapa penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahuinya.

Apa Saja 5 Kandungan Penting yang Ada pada Ikan Gabus?

Ikan gabus merupakan sumber gizi yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah lima kandungan penting yang terdapat dalam ikan gabus dan berperan besar dalam mendukung kesehatan tubuh:

1. Protein Tinggi

Ikan gabus adalah sumber protein yang sangat baik. Dalam hal ini, setiap 100 gram ikan gabus memiliki kandungan protein sebesar 16,2 gram. Protein adalah salah satu zat gizi esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk berbagai fungsi penting. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. 

Protein juga diperlukan untuk sintetis hormon, enzim, dan berbagai molekul biologis lainnya. Mengonsumsi ikan gabus membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda, yang penting untuk pertumbuhan, perbaikan, dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

2. Asam Lemak Omega-3

Ikan gabus, seperti banyak ikan laut dan air tawar, mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoate) dan DHA (asam dokosaheksaenoat), memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Mereka membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung koroner, mengontrol tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Selain itu, asam lemak omega-3 berperan penting dalam perkembangan otak, terutama pada anak-anak dan bayi dalam kandungan.

3. Kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang ditemukan dalam ikan gabus. Kalsium adalah komponen utama dalam pembentukan tulang dan gigi.

Keseimbangan kalsium dalam tubuh sangat penting untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang. Selain itu, kalsium juga berperan dalam kontraksi otot, transmisi saraf, dan fungsi jantung yang normal.

4. Vitamin D

Ikan gabus juga mengandung vitamin D. Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium oleh tubuh. Dengan vitamin D yang cukup, tubuh dapat memanfaatkan kalsium dengan lebih efisien untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D juga berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh dan memiliki peran dalam menjaga kesehatan seluruh tubuh.

5. Vitamin B

Ikan gabus mengandung berbagai vitamin B termasuk B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), dan B12 (kobalamin). Adapun vitamin B memiliki peran yang beragam dalam tubuh, termasuk dalam metabolisme energi, pembentukan sel darah merah, dan fungsi sistem saraf. Vitamin B juga membantu mengatur mood dan membantu menjaga kesehatan kulit, mata, dan rambut.

Selain mengandung berbagai jenis vitamin, asam lemak dan kalsium, menurut Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), bahwa dalam tiap 100 gram ikan gabus segar, terkandung banyak gizi lain yang bermanfaat di antaranya:

  • Air: 79,6 gram (g).
  • Kalori: 80 kkal.
  • Karbohidrat: 2,6 g.
  • Fosfor: 139 mg.
  • Zat besi: 0,1 mg.
  • Natrium: 65 mg.
  • Kalium: 254 mg.
  • Tembaga: 0,3 mg.
  • Seng: 0,4 mg.
  • Retinol (Vit. A): 335 mikrogram (mcg).
  • Thiamin (Vit. B1): 0,4 mg.
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,2 mg.
  • Niacin (Vit. B3): 0,1 mg.

Baca juga: Banyak Khasiatnya, Inilah Manfaat Ikan Salmon untuk Mata

Apa Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan?

Ikan gabus, selain memiliki rasa yang lezat, juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasan secara lengkap mengenai berbagai manfaat ikan gabus bagi kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Katarak

Salah satu manfaat utama dari mengonsumsi ikan gabus adalah mampu mencegah penyakit katarak. Katarak adalah kondisi mata yang umum terjadi pada usia tua, di mana lensa mata menjadi kabur. 

Ikan gabus mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu mencegah perkembangan katarak.

2. Menguatkan Otot Tubuh

Ikan gabus juga merupakan sumber protein yang baik. Protein adalah zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Dengan mengonsumsi ikan gabus secara teratur, Anda dapat membantu menguatkan otot tubuh Anda, menjaga kekuatan fisik, dan mendukung mobilitas yang baik.

3. Sumber Energi yang Baik

Selain protein, ikan gabus juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama. Ini membuat ikan gabus menjadi makanan yang ideal untuk anak-anak yang sedang tumbuh, atlet, atau siapa pun yang membutuhkan tambahan energi dalam aktivitas sehari-hari.

4. Menjaga Kepadatan Tulang

Ikan gabus adalah sumber kalsium yang baik, yang sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang. Dengan mengonsumsi kalsium yang cukup, Anda dapat mengurangi risiko osteoporosis dan masalah tulang lainnya saat Anda menua.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Tulang

5. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Kandungan protein dalam ikan gabus juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Protein membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan mempromosikan regenerasi jaringan. Ini bisa membantu dalam pemulihan cepat setelah cedera atau operasi.

6. Mengurangi Komplikasi Kehamilan

Bagi ibu hamil, mengonsumsi ikan gabus bisa memberikan manfaat besar. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3, yang dikenal dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan kelahiran prematur. Omega-3 juga mendukung perkembangan otak janin.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan gabus juga melindungi jantung Anda. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Dengan mengonsumsi ikan gabus secara teratur, Anda dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

8. Mengurangi Nyeri Sendi

Bagi mereka yang mengalami masalah pada sendi, mengonsumsi ikan gabus dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan. Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan gejala arthritis dan kondisi sendi lainnya.

9. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Ikan gabus juga mengandung potasium, mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Keseimbangan cairan yang baik dapat membantu menghindari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya terkait dengan ketidakseimbangan elektrolit.

10. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Terakhir, ikan gabus mengandung serat yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

Baca juga: Camilan Sehat untuk Bumil yang Lezat & Bergizi

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menyertakan ikan gabus dalam pola makan sehari-hari dapat berperan dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap berbagai penyakit. Dalam menghadapi perubahan cuaca dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kesehatan, memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran sepanjang waktu.

12. Membantu Mengurangi Pembengkakan Tubuh

Kandungan albumin dalam ikan gabus dapat membantu mengurangi pembengkakan yang mungkin terjadi di tubuh. Dalam hal ini, pembengkakan seringkali menjadi indikator adanya peradangan atau masalah kesehatan yang lain. Dengan menjadikan ikan gabus sebagai bagian rutin dalam pola makan, tentu tubuh Anda mampu meredakan pembengkakan dengan lebih baik dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tips Mengolah Ikan Gabus yang Tepat

Meski mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan, penting untuk Anda mengetahui cara mengolah ikan gabus yang tepat agar khasiatnya yang didapatkan tetap optimal. Berikut penjelasannya.

1. Membersihkan dan Memotong dengan Teliti

Sebelum memasak, pastikan untuk membersihkan ikan gabus dengan baik, terutama dari bagian perutnya yang seringkali berisi lumpur atau kotoran. Selanjutnya, potong ikan dengan teliti, buang bagian kepala, sisik, dan tulang yang besar.

2. Pilihan Metode Memasak yang Tepat

Ikan gabus dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, dikukus, atau dibakar. Pilihan metode memasak ini tergantung pada preferensi rasa dan kebutuhan gizi Anda.

Misalnya, untuk kesehatan yang lebih baik, lebih baik memilih untuk mengukus atau membakar ikan gabus daripada menggorengnya.

3. Mengolah Bersama Bumbu dan Rempah

Agar rasa ikan gabus semakin lezat, Anda bisa mengolahnya dengan bumbu dan rempah-rempah favorit Anda. Bumbu tradisional seperti bawang putih, jahe, cabai, dan serai bisa memberikan cita rasa yang khas.

Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak garam atau bumbu-bumbu instan yang mengandung bahan tambahan yang kurang sehat.

Dengan berbagai manfaat ikan gabus yang telah dijelaskan di atas, tidak diragukan lagi bahwa ikan ini adalah sumber zat gizi penting yang harus dimasukkan dalam pola makan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Maka mengonsumsi ikan gabus secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan mata, otot, tulang, jantung, dan banyak aspek lain dari tubuh kita.

Oleh karena itu, penting bagi semua orang untuk mengetahui dan mengapresiasi manfaat kesehatan yang dimiliki ikan gabus.

Ikan Gabus Powder Crystal of the Sea

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya di mana Anda dapat menemukan produk olahan ekstrak ikan gabus yang berkualitas?

Jangan khawatir, kami merekomendasikan produk Bubuk Ikan Gabus dari Crystal of the Sea, sebagai sebuah merek yang telah terpercaya untuk menyediakan produk makanan laut berkualitas tinggi.

Kami menggunakan teknologi canggih untuk menjaga zat gizi alami dalam produk Bubuk Ikan Gabus ini sehingga aman untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga.

Selain berfungsi sebagai sumber protein yang sangat bergizi, ikan gabus juga dikenal karena mengandung zat albumin yang memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan setelah menjalani operasi.

Albumin adalah zat yang memiliki peran kunci dalam memfasilitasi pembentukan sel darah putih, yang memiliki peran vital dalam menjaga daya tahan tubuh dan sistem kekebalan.

Bubuk Ikan Gabus dari Crystal Sea sudah siap saji dan dapat digunakan secara langsung untuk berbagai menu masakan.

Anda dapat dengan mudah menambahkannya sebagai bumbu ke dalam masakan yang sedang Anda buat atau menaburnya secara langsung di atas hidangan yang sudah matang.

Tunggu apa lagi? Silakan kunjungi Tokopedia atau Shopee dan temukan produk Crystal of the Sea yang Anda butuhkan!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/8-manfaat-ikan-gabus-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-ikan-gabus/
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Ada banyak sekali manfaat ikan teri yang dapat dirasakan oleh orang-orang, mulai dari untuk …

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu hal yang tidak dapat diabaikan. Salah satu aspek …

Dalam industri makanan, food hygiene adalah konsep penting yang harus diterapkan. Penerapan food hygiene …