7 Cara Membuat Sambal Ikan Teri Sederhana dan Lezat

cara membuat sambal ikan teri sederhana

Sambal ikan teri merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Kombinasi antara rasa pedas, gurih, dan aroma ikan teri yang khas membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya lezat, sambal ikan teri juga mudah untuk dibuat di rumah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat sambal ikan teri sederhana dan mudah dibuat.

Sambal ikan teri adalah salah satu varian sambal yang memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Dengan bahan utama ikan teri yang kaya akan protein dan bumbu-bumbu rempah yang memberikan aroma dan rasa yang khas, sambal ikan teri menjadi pilihan yang tepat untuk menyajikan hidangan yang lezat dan bergizi.

Mari kita simak lebih lanjut mengenai cara membuat sambal ikan teri yang sederhana namun menggugah selera.

Apa Saja Kandungan Gizi Baik yang Ada Pada Menu Sambal Ikan Teri?

Sebelum kita mempelajari cara membuat sambal ikan teri, penting untuk mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada hidangan ini. Sambal ikan teri mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk protein, lemak sehat, serta berbagai vitamin dan mineral.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Berikut adalah beberapa kandungan gizi baik yang terdapat pada menu sambal ikan teri:

  • Protein: Ikan teri merupakan sumber protein hewani yang baik. Protein diperlukan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.
  • Lemak Sehat: Meskipun ikan teri mengandung lemak, namun sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Vitamin dan Mineral: Ikan teri juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, selenium, dan fosfor, yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan mengonsumsi sambal ikan teri secara teratur, Anda dapat memperoleh berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: 9 Jenis Ikan Teri dari Berbagai Dunia, Yuk Cari Tahu!

Cara Membuat Sambal Ikan Teri Sederhana dan Mudah Dibuat

Sambal ikan teri adalah hidangan yang khas dan menggugah selera. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal ikan teri yang sederhana dan mudah dibuat:

1. Menyiapkan Bahan-Bahan Utama dan Peralatan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat sambal ikan teri:

  • 100 gram ikan teri kering
  • 5-10 buah cabai rawit (sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Selain itu, pastikan juga Anda telah menyiapkan peralatan memasak seperti wajan, pisau, dan penggiling bumbu.

2. Mencuci Bersih dan Meniriskan Ikan Teri

Langkah pertama adalah mencuci bersih ikan teri dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan garam yang berlebih. Setelah itu, tiriskan ikan teri dengan menggunakan saringan atau serbet dapur.

3. Menggoreng dan Menghaluskan Bumbu

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng ikan teri hingga kering dan renyah. Angkat ikan teri dan tiriskan minyaknya.

Sementara itu, siapkan bumbu-bumbu lain seperti cabai rawit, bawang putih, dan tomat. Haluskan bumbu-bumbu tersebut dengan menggunakan blender atau ulekan hingga halus.

Baca juga: 5 Perbedaan Ikan Teri Nasi dan Ikan Bilis yang Sering Dianggap Sama

4. Menumis Ikan Teri Hingga Harum dan Matang

Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan yang sama. Tumis ikan teri yang telah digoreng hingga harum dan matang. Pastikan ikan teri tidak terlalu kering saat ditumis agar teksturnya tetap renyah.

5. Menumis Bumbu yang Telah Dihaluskan

Selanjutnya, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang. Tambahkan garam dan gula secukupnya untuk memberikan rasa pada sambal.

6. Menumis Kembali Ikan Teri dan Bumbu

Setelah bumbu matang, masukkan kembali ikan teri yang telah ditumis ke dalam wajan. Aduk rata ikan teri dengan bumbu hingga tercampur merata. Biarkan sambal ikan teri mendidih sebentar agar bumbu meresap ke dalam ikan teri.

7. Sajikan Sambal Ikan Teri

Setelah matang, angkat sambal ikan teri dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Sambal ikan teri siap dinikmati sebagai pelengkap makanan Anda.

Baca juga: 6 Ciri Ciri Ikan Teri yang Segar dan Varian Resepnya

Hidangan Utama yang Cocok Ditemani dengan Sambal Ikan Teri

Sambal ikan teri adalah saus pedas dan gurih yang cocok untuk disajikan sebagai pelengkap berbagai hidangan utama. Berikut adalah empat hidangan utama yang cocok ditemani dengan sambal ikan teri:

1. Nasi Goreng Ikan Teri

Nasi goreng ikan teri adalah hidangan yang lezat dan mudah untuk disajikan. Tambahkan sambal ikan teri ke dalam nasi goreng yang telah matang, lalu aduk hingga merata. Sambal ikan teri akan memberikan rasa pedas dan gurih yang menyatu sempurna dengan nasi goreng, membuat hidangan ini makin nikmat.

2. Ayam Goreng Ikan Teri

Ayam goreng ikan teri adalah hidangan yang klasik namun tetap lezat. Goreng potongan ayam hingga kecokelatan dan matang, lalu sajikan dengan sambal ikan teri sebagai sausnya. Kombinasi antara rasa gurih ayam goreng dan pedasnya sambal ikan teri akan membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan.

3. Pisang Goreng Ikan Teri

Pisang goreng ikan teri adalah camilan yang unik dan menggugah selera. Potong pisang menjadi bagian-bagian kecil, lalu goreng hingga keemasan. Sajikan pisang goreng dengan sambal ikan teri sebagai sausnya. Kombinasi antara rasa manis pisang goreng dan pedasnya sambal ikan teri akan menciptakan sensasi rasa yang unik dan memikat.

4. Sayur Asem Ikan Teri

Sayur asem ikan teri adalah hidangan yang segar dan bergizi. Rebus sayuran seperti kacang panjang, labu siam, dan terong hingga matang, lalu tambahkan ikan teri sebagai tambahan protein. Sajikan sayur asem dengan sambal ikan teri sebagai pelengkapnya. Rasa pedas dan gurih dari sambal ikan teri akan memberikan tambahan cita rasa yang menyegarkan pada hidangan ini.

Baca juga: 3 Varian Resep Ikan Teri untuk MPASI Bayi

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari cara membuat sambal ikan teri yang sederhana dan mudah dibuat. Sambal ikan teri adalah hidangan yang kaya akan rasa pedas, gurih, dan menggugah selera, yang cocok disajikan sebagai pelengkap berbagai hidangan utama.

Langkah-langkah untuk membuat sambal ikan teri meliputi persiapan bahan-bahan, penggorengan ikan teri, penghalusan bumbu, dan proses penumisan bumbu dengan ikan teri. Setelah matang, sambal ikan teri siap disajikan sebagai pelengkap hidangan utama seperti nasi goreng, ayam goreng, pisang goreng, dan sayur asem.

Sebagai tambahan, pastikan Anda menggunakan ikan teri segar berkualitas ke dalam bahan utama resep sambal ikan teri ini untuk untuk sajian lauk yang lebih lezat dan sehat. Ikan teri yang segar dan berkualitas akan memberikan tambahan cita rasa yang lebih gurih dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan demikian, mari kita coba untuk membuat sambal ikan teri di rumah dan nikmati sensasi rasa yang khas dan menggugah selera bersama keluarga dan teman-teman.

Jika Anda bingung memilih ikan teri berkualitas untuk hidangan sehari-hari keluarga, tak perlu ragu lagi. Pilihan terbaik adalah ikan teri kering dari Crystal of the Sea

Crystal of the Sea dikenal akan standar keamanan pangan yang ketat. Produk kami telah melewati serangkaian pengujian dan sertifikasi untuk memastikan tidak adanya kontaminasi atau bahan berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.

Dengan memilih ikan teri kering dari Crystal of the Sea, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran bahwa Anda memberikan makanan yang aman dan berkualitas tinggi kepada orang-orang yang Anda cintai.

Tak hanya itu, kemasan produk yang praktis dan mudah disimpan menjadikannya pilihan yang ideal untuk digunakan dalam berbagai hidangan sehari-hari. 

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Produk Crystal of the Sea

Sumber referensi:

  • https://www.fimela.com/food/read/5179201/resep-sambal-teri-sederhana-bisa-dicoba-kapan-saja
  • https://www.fimela.com/food/read/5012594/resep-sambal-teri-sederhana-yang-pedas-gurih-enak
  • https://www.finnafood.com/blog/resep-sambal-teri-sederhana-bikinnya-gak-ribet/
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Sebagai orang tua, kita harus mengetahui apa saja ciri-ciri stunting agar dapat memastikan bahwa …

Artificial Intelligence (AI) telah merevolusi berbagai industri, termasuk industri makanan. Potensi AI menghadirkan peluang …

Bingung membuat makanan MPASI 1 tahun agar anak tidak GTM? GTM atau Gerakan Tutup …