7 Manfaat Ikan Teri Nasi untuk Bayi, Penting Diketahui Moms

manfaat ikan teri nasi untuk bayi

Seiring dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya gizi pada masa pertumbuhan anak, orang tua kini makin cermat dalam memilih jenis makanan yang diberikan kepada Sang Buah Hati. Salah satu opsi yang mungkin belum banyak diketahui adalah ikan teri nasi; ikan berukuran kecil yang mengandung banyak sekali gizi baik untuk tumbuh kembang anak.

Dalam artikel ini, Crystal of the Sea akan menjelajahi berbagai manfaat ikan teri nasi untuk bayi. Dengan memahami kandungan gizinya, orang tua dapat lebih memahami bagaimana ikan teri nasi dapat memberikan kontribusi positif pada tumbuh kembang Si Kecil. Baca selengkapnya!

Manfaat Ikan Teri Nasi untuk Bayi berdasarkan Kandungan Gizinya

Ada banyak manfaat ikan teri nasi untuk bayi yang sangat berharga bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan kandungan gizinya yang kaya, ikan teri nasi dapat menjadi pilihan yang cerdas sebagai bagian dari Makanan Pendamping ASI (MPASI) anak. Beberapa manfaat utama ikan teri nasi berdasarkan kandungan gizinya antara lain:

Produk Crystal of the Sea

1. Kalsium

Kalsium adalah mineral esensial yang memiliki peran krusial dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Dengan kandungan sekitar 147 miligram kalsium per 100 gram ikan teri nasi, gizi ini memberikan kontribusi signifikan untuk membangun struktur tulang yang kuat. 

Asupan kalsium yang cukup pada masa pertumbuhan dapat mengurangi risiko masalah tulang pada masa dewasa, sehingga ikan teri nasi menjadi pilihan yang baik untuk mendukung perkembangan sistem rangka bayi.

Baca juga: 10 Makanan yang Baik untuk Tulang yang Kuat dan Sehat

2. Omega-3

Asam lemak omega-3, yang meliputi DHA dan EPA, memiliki peran penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf. Ikan teri nasi menjadi salah satu sumber yang kaya akan omega-3, dengan kandungan sekitar 1 gram per 100 gram. 

Omega-3 membantu membentuk struktur otak yang optimal pada bayi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi risiko terjadinya masalah pernapasan seperti asma. Dengan memasukkan ikan teri nasi dalam MPASI anak, orang tua dapat memberikan dukungan yang maksimal pada perkembangan otak Si Kecil.

3. Protein

Protein memiliki peran utama dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kandungan protein yang tinggi, yaitu sekitar 20 gram per 100 gram ikan teri nasi, menjadikannya sumber energi yang penting untuk pertumbuhan bayi. 

Protein membantu memastikan bahwa sel-sel tubuh berkembang dengan baik, mendukung fungsi organ, dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Dengan menyediakan asupan protein yang mencukupi melalui ikan teri nasi, orang tua dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada masa bayi.

4. Zat Besi

Zat besi adalah gizi penting untuk membentuk hemoglobin, protein yang membantu mengangkut oksigen dalam darah. Ikan teri nasi menyediakan zat besi dalam jumlah yang cukup, yaitu sekitar 3 miligram per 100 gram. 

Kekurangan zat besi pada bayi dapat menyebabkan anemia, yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan menyertakan ikan teri nasi dalam diet, orang tua dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Baca juga: Inilah Mitos MPASI yang Bikin Galau Bunda, Apa Saja?

5. Vitamin A

Vitamin A dalam ikan teri nasi berperan dalam menjaga kesehatan mata, mendukung pertumbuhan tulang, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Dengan kandungan sekitar 15 µg per 100 gram, vitamin A dalam ikan teri nasi memberikan kontribusi positif pada fungsi organ-organ penting dalam tubuh Si Kecil. Menyertakan ikan teri nasi dalam menu makanan anak merupakan cara yang efektif untuk memastikan asupan vitamin A yang cukup.

6. Vitamin E

Meskipun dalam jumlah yang relatif kecil, yaitu sekitar 0,6 mg per 100 gram, vitamin E dalam ikan teri nasi memiliki peran sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Pemberian vitamin E melalui ikan teri nasi dapat membantu mempertahankan kekebalan tubuh Si Kecil dan memberikan perlindungan tambahan terhadap efek buruk lingkungan.

7. Vitamin K

Ikan teri nasi menyediakan vitamin K dalam jumlah kecil, yaitu sekitar 0,1 µg per 100 gram. Vitamin K memiliki peran krusial dalam proses pembekuan darah. Ketika Si Kecil mengalami luka atau cedera, vitamin K membantu menghentikan pendarahan dengan memastikan pembekuan darah yang efisien.

Meskipun dalam jumlah kecil, vitamin K ini penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan Si Kecil, dan ikan teri nasi dapat menjadi salah satu sumbernya dalam diet sehari-hari.

Baca juga: Mari Mengenal Bubuk Teri MPASI yang Lezat

Bagaimana Cara Memasukkan Ikan Teri Nasi ke Dalam MPASI Anak?

Memasukkan ikan teri nasi ke dalam Makanan Pendamping ASI (MPASI) anak dapat memberikan gizi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa cara kreatif untuk memasukkan ikan teri nasi ke dalam MPASI yang disukai anak.

1. Topping untuk Salad

Ikan teri nasi dengan rasa yang kuat dan gurih dapat dijadikan topping yang lezat untuk salad anak. Campurkan ikan teri nasi yang telah dimasak dan dihaluskan ke dalam salad sayur-sayuran favorit anak. Selain memberikan rasa yang menarik, ini juga merupakan cara yang menyenangkan untuk mengajak anak-anak menyukai sayuran.

2. Tumisan Sayur dengan Ikan Teri Nasi

Tambahkan ikan teri nasi dalam tumisan sayur sebagai cara untuk memberikan rasa yang unik pada hidangan sehat. Dengan memadukan ikan teri nasi dengan berbagai sayuran, Anda tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat tetapi juga meningkatkan nilai gizi dari hidangan tersebut.

Baca juga: Bunda Wajib Coba, 10 Resep MPASI Salmon yang Baik untuk Kesehatan Bayi

3. Gorengan Ikan Teri Nasi sebagai Camilan

Goreng ikan teri nasi untuk dijadikan camilan yang sehat dan bergizi. Anak-anak seringkali menyukai makanan yang renyah dan gurih, dan ikan teri nasi yang digoreng dapat menjadi alternatif camilan yang baik. Pastikan untuk menggunakan minyak yang sehat untuk proses penggorengan.

4. Campuran pada Nasi Goreng

Jadikan ikan teri nasi sebagai bahan tambahan pada nasi goreng. Dengan rasa gurih dan kaya nutrisinya, ikan teri nasi dapat menjadi penyedap alami untuk nasi goreng yang disukai anak-anak. Campurkan ikan teri nasi saat menumis bumbu nasi goreng untuk menciptakan hidangan yang lezat dan bergizi.

5. Bubur Ikan Teri Nasi

Buatlah bubur dengan tambahan ikan teri nasi untuk memberikan gizi tambahan pada bubur bayi. Proses ikan teri nasi hingga halus dan campurkan ke dalam bubur sayuran atau bubur beras bayi. Ini adalah cara yang baik untuk memperkenalkan rasa ikan pada bayi sedini mungkin.

Bubuk Ikan Salmon

Dalam mengeksplorasi manfaat ikan teri nasi untuk bayi, tidak dapat dimungkiri bahwa penyajian yang praktis dan sehat dapat menjadi kunci keberhasilan dalam mengintegrasikan gizi tersebut dalam menu anak-anak. Untuk memudahkan orang tua dalam memberikan gizi terbaik untuk Si Kecil, jangan ragu untuk menggunakan bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea.

Bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea dibuat dengan bahan kualitas terbaik dan telah diproses dengan cermat untuk mempertahankan kandungan gizi yang optimal. Produk ini juga sudah siap saji dan dapat langsung ditaburkan di atas MPASI anak atau dijadikan sebagai salah satu bahan masakan untuk membuat hidangan MPASI yang lezat.

Dengan menggunakan bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea, Anda tidak perlu repot-repot membersihkan ikan atau mengolahnya secara manual. Menarik sekali, kan? Jadi, yuk beli bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea untuk MPASI Si Kecil!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber:

https://www.alodokter.com/meski-kecil-ikan-teri-mengandung-nutrisi-penting-untuk-anak-lho

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Sertifikat FDA (Food and Drug Administration) adalah pencapaian penting bagi perusahaan yang bergerak di …

Momen pasca melahirkan dan menyusui bisa menjadi masa yang menantang buat Bunda. Bagaimana tidak, …

Dalam industri makanan, food hygiene adalah konsep penting yang harus diterapkan. Penerapan food hygiene …