11 Manfaat Teri Nasi untuk Kesehatan Ibu dan Anak

manfaat teri nasi

Ikan teri nasi, meski ukurannya kecil, menyimpan sejuta manfaat kesehatan, terutama bagi ibu dan anak. Ikan kecil ini kaya akan nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, zink, vitamin A, tembaga, dan berbagai vitamin B, yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Dalam artikel ini, Crystal of the Sea akan menjelajahi 11 manfaat teri nasi yang luar biasa jika dikonsumsi secara rutin, serta membahas cara yang efektif untuk memasukkan ikan ini ke dalam pola makan sehari-hari. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Manfaat Teri Nasi untuk Kesehatan Ibu dan Anak?

Ikan teri nasi dapat menjadi sumber dari berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, terutama bagi ibu dan anak. Berikut ini adalah 11 manfaat teri nasi yang dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Produk Crystal of the Sea

1. Memelihara dan Perbaikan Jaringan Tubuh

Sebanyak 100 gram ikan teri nasi mengandung 10,3 gram protein. Protein adalah nutrisi esensial yang berperan dalam pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh. Untuk ibu hamil, protein sangat penting untuk mendukung perkembangan janin. Selain itu, protein membantu menjaga kekuatan otot dan fungsi organ tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan teri nasi adalah sumber asam lemak omega-3, termasuk asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Asam lemak omega-3 telah terbukti memiliki dampak positif pada kesehatan jantung. 

EPA dan DHA dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, mengurangi risiko pembekuan darah, serta menjaga kelenturan pembuluh darah. Ini membuat ikan teri nasi menjadi pilihan ideal untuk menjaga kesehatan jantung ibu dan anak.

3. Melindungi Kesehatan Otak

Asam lemak omega-3 dalam ikan teri nasi memiliki peran penting dalam melindungi kesehatan otak. DHA, salah satu jenis asam lemak omega-3, merupakan komponen utama otak dan membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan sel-sel saraf. Konsumsi ikan teri nasi secara teratur dapat memberikan perlindungan terhadap penurunan kognitif, mempertahankan fungsi otak yang optimal sepanjang usia.

Baca juga: 9 Manfaat Ikan Gabus Bagi Ibu Menyusui

4. Menurunkan Risiko Penyakit Mata

Vitamin A yang tinggi dalam ikan teri nasi membantu menjaga kesehatan mata. Retinol, bentuk vitamin A yang ditemukan dalam ikan teri, penting untuk menjaga integritas sel-sel mata dan mencegah risiko degenerasi makula dan katarak. Ini menjadi pertimbangan penting untuk ibu hamil dan anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan.

5. Mencegah Anemia

Kombinasi zat besi dan vitamin B12 dalam ikan teri nasi sangat penting untuk mencegah anemia. Zat besi adalah komponen utama dalam pembentukan sel darah merah, dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Vitamin B12 juga diperlukan untuk pembentukan sel darah merah yang sehat dan mengoptimalkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

6. Menguatkan Tulang

Tingginya kalsium dan fosfor dalam ikan teri nasi berkontribusi pada kesehatan tulang dan gigi. Kalsium adalah mineral esensial untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang, sementara fosfor berperan dalam mengatur proses metabolisme dan penyerapan kalsium. Konsumsi ikan teri nasi secara rutin dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Baca juga: 10 Makanan yang Baik untuk Tulang yang Kuat dan Sehat

7. Menyehatkan Kulit

Asam lemak omega-3 dalam ikan teri nasi memberikan manfaat besar bagi kesehatan kulit. Asam lemak ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kandungan antiinflamasi dalam asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksem.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan teri nasi, dengan kandungan protein, vitamin, dan mineralnya, dapat menjadi teman baik bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Protein dalam ikan teri nasi membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi keinginan untuk ngemil, dan mempercepat metabolisme. Selain itu, vitamin dan mineral dalam ikan teri nasi memberikan dukungan nutrisi yang penting selama proses penurunan berat badan.

9. Mendukung Fungsi Otot dan Sistem Saraf

Kalsium, fosfor, vitamin B, selenium, kalium, dan natrium dalam ikan teri nasi berperan penting dalam menjaga fungsi otot dan sistem saraf. Kalsium dan fosfor mendukung kontraksi otot dan pengiriman sinyal saraf, sementara vitamin B dan mineral lainnya membantu menjaga keseimbangan elektrolit.

Ini dapat memberikan energi yang cukup bagi ibu yang sedang hamil atau menyusui, serta memastikan perkembangan sistem saraf yang sehat pada anak-anak.

Baca juga: Bunda Wajib Coba, 10 Resep MPASI Salmon yang Baik untuk Kesehatan Bayi

10. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Ikan teri nasi, sebagai salah satu ikan rendah merkuri, dapat menjadi pilihan aman bagi ibu hamil. Kandungan nutrisi seperti kalium, folat, dan zat besi sangat penting selama kehamilan. 

Kalium membantu menjaga tekanan darah yang sehat, folat mendukung perkembangan sistem saraf janin, dan zat besi membantu mengatasi risiko anemia selama kehamilan. Konsumsi ikan teri nasi secara bijak dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin.

11. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Konsumsi ikan teri nasi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Asam lemak omega-3 dalam ikan teri nasi telah terbukti dapat melindungi jantung, mengurangi risiko diabetes, dan menstabilkan tekanan darah. Ini memberikan manfaat kesehatan jangka panjang, membuat ikan teri nasi menjadi pilihan makanan yang cerdas untuk mencegah penyakit-penyakit kronis.

Dengan segala manfaat teri nasi yang luar biasa untuk kesehatan, tidak dapat dimungkiri bahwa menjadikannya bagian dari pola makan sehari-hari merupakan keputusan cerdas untuk mendukung kesehatan ibu dan anak. Kaya akan protein, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral, ikan teri nasi dapat membawa berbagai gizi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Bubuk Teri MPASI yang Lezat

Untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal dari ikan teri nasi tanpa kesulitan mengolah ikan utuh, langsung saja beli bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea. Dibuat dari bahan berkualitas tinggi, bubuk ikan teri ini mengandung banyak sekali gizi penting untuk kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bubuk ikan teri ini secara langsung, baik ditaburkan ke atas makanan atau digunakan sebagai bahan masakan. Tidak hanya bubuk ikan teri, Crystal of the Sea juga menyediakan berbagai produk makanan sehat lainnya. Penasaran apa saja? Langsung saja klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber:

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/6-manfaat-dahsyat-ikan-teri-bagi-kesehatan-tubuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Dalam keanekaragaman kuliner, ikan teri menjadi salah satu bahan makanan yang sangat diminati karena …

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari tingginya Masalah keamanan pangan di Indonesia. Badan …

Kandungan albumin dari ikan gabus adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan manfaat …