13 Kandungan Gizi Kerang yang Penting untuk Tubuh

kandungan gizi kerang

Kerang merupakan salah satu makanan laut yang banyak digemari. Di balik cangkangnya yang keras, tersembunyi berbagai gizi yang luar biasa. Bukan hanya kaya akan rasa, kerang juga menyimpan segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Dari protein hingga asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral esensial, kandungan gizi kerang menawarkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat dan bugar.

Dalam artikel ini, Crystal of the Sea akan memberitahukan berbagai kandungan gizi yang dimiliki oleh kerang dan bagaimana makanan laut yang satu ini bisa menjadi tambahan yang sempurna dalam pola makan sehat Anda. Tanpa panjang lebar lagi, simak sampai tuntas artikel di bawah ini!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Kandungan Gizi Kerang

Seperti yang telah disebutkan di atas, kerang merupakan sumber makanan yang sangat bergizi. Berikut beberapa kandungan gizi utama yang terdapat dalam kerang:

1. Kalori dan Lemak

Dalam 3 ons kerang, ada 145 kalori dan 4 gram lemak. Kandungan lemak yang rendah ini sangat baik bagi Anda yang ingin menjaga asupan kalori dan lemak. Kalori yang terdapat dalam kerang memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, sementara kandungan lemak yang rendah menjadikannya pilihan makanan yang sehat.

2. Protein

Kerang merupakan sumber protein yang sangat baik. Dalam 85 gram kerang, mengandung 11 gram protein atau setara dengan 22% dari angka kecukupan gizi (AKG) harian. Protein ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, serta pembentukan enzim dan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Selenium

Kandungan selenium dalam kerang adalah 67 mikrogram. Selenium merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selenium juga berperan dalam fungsi tiroid dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Inilah Kandungan Ikan Teri, Kaya Akan Kalsium dan Zat Besi

4. Zat Besi

Kerang mengandung 12 miligram zat besi atau 66% dari AKG. Zat besi ini diperlukan untuk produksi hemoglobin yang membawa oksigen dalam darah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan dan kelemahan.

5. Vitamin B12

Kerang juga merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Dalam satu mangkuk kerang, kandungan vitamin B12 mampu memenuhi kebutuhan harian untuk orang dewasa, yang mana Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan saraf dan produksi sel darah merah.

6. Kalium

Selain Vitamin B12, Kerang mengandung 533,8 miligram kalium atau 15 %dari AKG. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, fungsi otot, dan transmisi saraf. Asupan kalium yang cukup dapat membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah penyakit kardiovaskular. 

7. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 juga menjadi kandungan gizi kerang yang tinggi. Berada di sekitar 168 mg, gizi ini baik untuk mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 17 Macam Makanan yang Mengandung Omega-3

8. Vitamin A

Vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh juga terkandung di dalam kerang. Terdapat 10 mikrogram (mcg) atau 9% dari AKG. Sebagaimana yang diketahui, vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, hingga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

9. Kalsium

Kerang juga mengandung 78,2 miligram kalsium atau sekitar 7 persen dari AKG. Kalsium diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Asupan kalsium yang cukup juga penting untuk fungsi otot dan saraf yang normal.

10. Vitamin C

Tidak hanya di buah-buahan, kerang pun ternyata memiliki kandungan Vitamin C. Berada di sekitar 11,1 miligram atau 18% dari AKG, vitamin ini dapat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan.

11. Mangan

Kerang juga mengandung 0,4 miligram mangan. Untuk mangan sendiri berperan dalam metabolisme tubuh dan kesehatan tulang. Mineral ini juga penting untuk pembentukan jaringan ikat, penyerapan kalsium, dan fungsi enzim yang tepat.

12. Karbohidrat

Perlu diingat bahwa kerang termasuk makanan rendah karbohidrat yang hanya terdapat sekitar 2 gram karbohidrat, setara dengan 1% dari AKG untuk karbohidrat orang dewasa. Hal ini menjadikan kerang pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mengikuti diet rendah karbohidrat, seperti diet ketogenik.

13. Kolesterol

Dalam 3 ons kerang hijau, terdapat 48 mg kolesterol. Jumlah ini setara dengan 16% dari AKG untuk kolesterol orang dewasa. Meskipun kerang hijau mengandung kolesterol, namun kolesterolnya terutama berasal dari kolesterol HDL (kolesterol baik).

Baca Juga: Bisa dengan Mengonsumsi Ikan Salmon, Inilah 9 Cara Menurunkan Kolesterol untuk Anda Ketahui!

Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Kerang

Mengonsumsi kerang secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kerang kaya akan asam lemak omega-3, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Omega-3 membantu menurunkan kolesterol LDL, kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Di sisi lain, omega- 3 membantu meningkatkan kolesterol HDL, kolesterol baik yang membantu membersihkan kolesterol LDL dari aliran darah. Hal ini secara keseluruhan dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner, stroke, dan aritmia.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kerang kaya akan zinc dan vitamin C yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zinc membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan produksi sel darah putih, lalu vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, zinc juga membantu mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan produksi kolagen, protein yang penting untuk membangun jaringan baru.

3. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Anak-anak

Protein, vitamin, dan mineral dalam kerang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, vitamin membantu berbagai fungsi tubuh, dan mineral membantu membangun tulang dan gigi.

Lebih dari itu, omega-3 dan vitamin B12 dalam kerang juga penting untuk perkembangan otak anak-anak. Omega-3 membantu meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat, sedangkan vitamin B12 membantu menjaga kesehatan saraf. Gizi ini secara keseluruhan dapat mendukung perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Demikianlah kandungan gizi kerang yang penting untuk tubuh. Dari begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan, tidak heran jika kerang menjadi pilihan makanan yang populer. Namun, penting untuk mengonsumsi kerang dengan bijak, terutama bagi mereka yang memiliki alergi terhadap makanan laut. Pastikan kerang yang dikonsumsi dalam kondisi segar dan telah dimasak dengan baik untuk menghindari risiko infeksi atau keracunan makanan.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat gizi kerang dengan praktis, kami merekomendasikan produk Oyster Powder dari Crystal of the Sea. Produk ini merupakan bubuk kerang yang dapat menjadi pelengkap hidangan Anda yang tidak hanya enak, tetapi juga mengandung zinc, vitamin B12, dan omega-3 (DHA) yang tinggi. Bubuk ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil, terutama pada otak dan jaringan tubuh.

Lebih dari itu, Oyster Powder dari Crystal of the Sea terbuat dari kerang tiram (oyster) kualitas premium tanpa tambahan garam, gula, dan MSG. Dengan produk ini, Anda bisa mendapatkan semua manfaat gizi kerang dalam bentuk yang praktis dan mudah digunakan.

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan Oyster Powder dari Crystal of the Sea sekarang juga dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda dan keluarga!

Coba Produk Crystal of the Sea Sekarang Juga

Sumber Referensi:

  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kerang-untuk-kesehatan
  • https://www.halodoc.com/artikel/intip-kandungan-nutrisi-kerang-dan-manfaatnya
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. …

Dalam era digital saat ini, teknologi terus berkembang pesat dan memberikan dampak signifikan dalam …

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, teknologi Artificial Intelligence (AI) telah menjadi topik …