15 Macam Makanan yang Mengandung Omega-3

makanan yang mengandung omega 3

Omega-3 merupakan jenis asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak ini sendiri, sehingga kita perlu mendapatkannya dari makanan yang kita konsumsi. Omega-3 memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan omega-3 adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi ini secara alami.

Dalam artikel ini, Crystal of the Sea akan membahas 15 macam makanan yang mengandung omega-3 dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Temukan daftar lengkapnya di bawah ini!

Coba Produk Crystal of the Sea Sekarang Juga

Apa Saja Makanan yang Mengandung Omega-3?

Omega-3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu menjaga kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf. Berikut ini adalah 15 macam makanan yang mengandung omega-3 dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

1. Ikan Teri

Ikan teri merupakan sumber omega-3 yang baik dan juga mengandung banyak protein. Ikan teri adalah ikan kecil yang sering kali dimakan secara utuh, termasuk tulang dan dagingnya. Meskipun ukurannya kecil, ikan teri kaya akan asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA. Kandungan protein yang tinggi juga membuat ikan teri menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

2. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber omega-3 terbaik, terutama omega-3 jenis DHA dan EPA. Ikan salmon dikenal karena kandungan lemak sehatnya yang tinggi, terutama asam lemak omega-3. Omega-3 dalam salmon telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga kesehatan jantung dan otak, serta mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Baca juga: Jadi Salah Satu Ikan yang Digemari, Ketahui Berbagai Kandungan Ikan Salmon

3. Tuna

Tuna juga mengandung omega-3, terutama omega-3 jenis DHA. Tuna adalah ikan laut yang populer dikonsumsi di seluruh dunia. Selain omega-3, tuna juga kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis tuna, seperti tuna sirip biru, mengandung kadar merkuri yang tinggi dan sebaiknya dikonsumsi dengan bijaksana.

4. Sarden

Sarden mengandung omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi, terutama omega-3 jenis DHA. Sarden adalah ikan kecil yang sering dikemas dalam kaleng dan merupakan sumber omega-3 yang terjangkau dan mudah didapat. Mengonsumsi sarden secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3 Anda dan mendukung kesehatan jantung dan otak.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak sehat, termasuk omega-3. Meskipun tidak sebanyak ikan atau kacang-kacangan, alpukat mengandung omega-3 dalam bentuk ALA yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan.

6. Jambu

Jambu juga mengandung omega-3, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber lainnya. Jambu adalah buah tropis yang kaya akan gizi, termasuk vitamin C, serat, dan antioksidan. Meskipun mengandung omega-3 dalam jumlah yang relatif kecil, mengonsumsi jambu secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

7. Kembang Kol

Kembang kol juga mengandung omega-3, terutama omega-3 jenis ALA. Kembang kol adalah sayuran cruciferous yang kaya akan gizi dan serat. Mengonsumsi kembang kol secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

8. Kedelai

Kedelai mengandung omega-3 dalam bentuk ALA yang penting untuk kesehatan jantung. Kedelai adalah salah satu sumber protein nabati yang paling lengkap dan juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Produk kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai merupakan pilihan yang baik untuk memperoleh omega-3 dari sumber nabati.

9. Biji Chia

Biji chia merupakan sumber omega-3 yang baik, terutama ALA yang penting untuk kesehatan otak. Biji chia adalah biji-bijian kecil yang kaya akan serat, protein, dan omega-3. Mengonsumsi biji chia secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar omega-3 dalam tubuh Anda dan mendukung kesehatan jantung dan otak.

10. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai muda yang mengandung omega-3. Edamame merupakan camilan yang populer di banyak budaya Asia dan juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Mengonsumsi edamame dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3 Anda dan memberikan gizi penting bagi tubuh.

Baca juga: Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Tubuh Anda

11. Kerang

Kerang mengandung omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi, terutama omega-3 jenis EPA. Kerang adalah sumber protein laut yang baik dan juga mengandung banyak mineral penting seperti zat besi, seng, dan selenium. Mengonsumsi kerang secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar omega-3 dalam tubuh Anda dan mendukung kesehatan jantung.

12. Belut

Belut juga mengandung omega-3, terutama omega-3 jenis DHA. Belut adalah ikan air tawar yang kaya akan protein dan gizi penting lainnya. Meskipun mungkin tidak sepopuler ikan laut lainnya, belut merupakan sumber omega-3 yang baik dan dapat menjadi pilihan alternatif untuk memperoleh gizi ini.

13. Udang

Udang mengandung omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi, terutama omega-3 jenis EPA. Udang adalah sumber protein laut yang rendah lemak dan juga mengandung banyak mineral seperti selenium dan yodium. Meskipun mengandung kolesterol, udang tetap merupakan pilihan makanan yang sehat jika dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang moderat.

14. Makarel

Makarel adalah ikan berlemak yang mengandung omega-3 dalam jumlah tinggi. Makarel adalah salah satu sumber omega-3 yang paling kaya, terutama omega-3 jenis EPA dan DHA. Mengonsumsi makarel secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar omega-3 dalam tubuh Anda dan mendukung kesehatan jantung.

15. Telur Omega-3

Telur yang diperkaya omega-3 adalah sumber omega-3 yang baik untuk vegetarian. Telur yang diperkaya omega-3 diberi makanan tambahan yang mengandung omega-3, sehingga menghasilkan telur yang mengandung omega-3 lebih tinggi dari telur biasa. Telur omega-3 adalah pilihan yang baik untuk vegetarian yang ingin memperoleh omega-3 dari sumber non-hewani.

White Anchovy Food Powder

Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Omega-3 tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan otak, tetapi juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memasukkan makanan-makanan seperti ikan teri, salmon, dan kacang-kacangan ke dalam diet sehari-hari, Anda dapat memenuhi kebutuhan omega-3 Anda dengan mudah.

Apabila Anda bingung untuk mendapatkan asupan omega-3 dari mana, pertimbangkan untuk mengonsumsi bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea. Bubuk Teri Nasi non-MSG ini mengandung 202 mg Omega-3, 148 mg DHA, 74 mg Kalsium, dan 5mcg Iodium. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan gizi penting ini tanpa harus mengonsumsi ikan teri utuh. Jangan ragu untuk mencoba bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan Anda!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/10-makanan-yang-mengandung-omega-3
  • https://bebeclub.co.id/artikel/nutrisi/1-tahun/manfaat-omega-3-dari-7-sumber-makanan
  • https://www.tokopedia.com/blog/makanan-yang-mengandung-omega-3-hlt
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

AI telah menjadi salah satu bidang teknologi yang berkembang pesat dan memiliki potensi besar …

Rambut yang sehat dan indah adalah impian bagi banyak orang. Namun, seringkali faktor lingkungan, …

Seiring dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya gizi pada masa pertumbuhan anak, orang tua kini …