Bolehkah Bayi 6 Bulan Diberikan MPASI Ikan Teri? Simak Pembahasannya di Sini

bolehkah bayi 6 bulan mpasi ikan teri

Memahami jenis makanan yang aman dan sehat untuk bayi merupakan salah satu aspek penting dalam peran sebagai orang tua. Saat bayi memasuki fase pendampingan ASI (MPASI) pada usia 6 bulan, pertanyaan seputar jenis makanan yang cocok sering kali muncul. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan orang tua adalah, “Bolehkah bayi 6 bulan diberikan MPASI ikan teri?”

Melalui artikel ini, Crystal of the Sea akan menjawab pertanyaan tersebut dengan merinci kandungan gizi ikan teri dan cara terbaik untuk memperkenalkannya sebagai MPASI kepada Sang Buah Hati. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Bolehkah Bayi 6 Bulan Diberikan MPASI Ikan Teri?

Mengenalkan ikan teri sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk bayi usia 6 bulan memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk memasukkan ikan teri ke dalam menu makanan bayi Anda.

kandungan ikan teri

Dilansir dari Solid Starts, ikan teri segar dapat diperkenalkan pada usia sekitar usia 6 bulan. Ini merupakan langkah yang baik karena ikan teri segar kaya akan protein dan berbagai gizi penting seperti kalsium, folat, magnesium, niacin, selenium, dan vitamin A. Selain itu, ikan teri juga merupakan sumber asam lemak omega-3, terutama DHA, yang sangat penting untuk perkembangan otak dan penglihatan bayi.

Namun, perlu diingat bahwa ikan teri memiliki rasa yang cukup asin karena memiliki kandungan garam yang biasanya tinggi. Bahkan, produk ikan teri kalengan seringkali memiliki tingkat sodium yang lebih tinggi lagi, yang mana tidak cocok untuk perut bayi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memberikan Sang Buah Hati bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea.

Anda dapat langsung menaburkan bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea ke atas MPASI yang sudah dibuat untuk Si Kecil untuk menambah rasanya agar lebih lezat. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan produk ini ke dalam resep MPASI yang akan dibuat. Selain mudah digunakan, produk ini juga mengandung gizi yang sama seperti ikan teri segar, jadi Anda tetap dapat memberikan yang terbaik untuk Si Kecil.

Baca juga: Panduan Pemberian MPASI dari IDAI untuk Bayi Usia 6 Bulan

Kandungan Gizi Ikan Teri untuk Bayi 6 Bulan

Mengenalkan ikan teri sebagai bagian dari Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk bayi 6 bulan memerlukan pemahaman yang baik mengenai kandungan gizinya. Berikut ini adalah informasi tentang nilai gizi ikan teri per 100 gram yang dapat menjadi panduan untuk memastikan bahwa bayi Anda mendapatkan gizi cukup dan seimbang.

Informasi Gizi Ikan Teri Segar (100 Gram)

  • Kalori: 131
  • Total Lemak: 4.8g (6% dari kebutuhan harian)
    • Lemak Jenuh: 1.3g (6%)
    • Lemak Trans: 0g
  • Kolesterol: 60mg (20%)
  • Sodium: 104mg (4%)
  • Total Karbohidrat: 0g (0%)
    • Serat Makanan: 0g (0%)
    • Gula Total: 0g
  • Protein: 20.4g (41%)
  • Vitamin C: 0mg (0%)
  • Vitamin D: —
  • Zat Besi: 3.3mg (18%)
  • Kalsium: 147mg (11%)
  • Kalium: 383mg (8%)
  • Fosfor: 174mg (14%)

Catatan: Persentase kebutuhan harian memberi tahu seberapa banyak gizi dalam satu porsi makanan berkontribusi pada kebutuhan harian manusia. Angka ini didasarkan pada asumsi konsumsi 2.000 kalori per hari.

Informasi Gizi Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea (4 Gram)

  • 202mg Omega-3
  • 148mg DHA
  • 74mg Kalsium
  • 5mcg Yodium

Catatan: Takaran 4 gram didasarkan pada sekitar satu sendok teh.

Baca juga: 5 Akibat Bayi Kekurangan ASI Ekslusif yang Ibu Wajib Tahu

Cara Terbaik untuk Memperkenalkan Ikan Teri sebagai MPASI

Memperkenalkan ikan teri sebagai bagian dari Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada bayi memerlukan pendekatan yang hati-hati dan bertahap. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan pengenalan ikan teri sebagai MPASI berjalan dengan lancar dan aman.

1. Pilih Ikan Teri Segar dan Berkualitas Tinggi

Penting untuk memilih ikan teri yang segar dan berkualitas tinggi. Pastikan ikan teri yang Anda pilih tidak memiliki bau tajam atau tidak sedap. Perhatikan warna cerah dan mata yang jernih sebagai tanda kualitas ikan teri segar. Menggunakan bahan baku yang baik akan memberikan nutrisi terbaik untuk bayi Anda.

2. Persiapkan dengan Benar Sebelum Memasak

Sebelum memasak ikan teri, lakukan persiapan yang teliti. Membersihkan ikan teri dengan baik, termasuk penghilangan bagian-bagian yang tidak diinginkan seperti kepala dan usus, dapat membantu mengurangi potensi rasa yang kurang sedap. Pilihan memasak ikan teri dengan cara direbus atau dikukus akan mempertahankan nutrisi penting tanpa menambahkan lemak berlebih.

3. Hancurkan atau Potong Ikan Teri dengan Tekstur yang Sesuai

Saat ikan teri sudah dimasak, pastikan untuk menghancurkannya atau memotongnya menjadi potongan kecil dengan tekstur yang sesuai untuk bayi. Memastikan tekstur yang lembut dan mudah dikunyah akan mempermudah bayi dalam mengonsumsinya. Pilihan ini juga meminimalkan risiko tersedak dan membantu bayi dalam mengeksplorasi rasa makanan baru.

Baca juga: Mari Mengenal Bubuk Teri MPASI yang Lezat

4. Perkenalkan Ikan Teri dalam Porsi Kecil

Saat memperkenalkan ikan teri sebagai MPASI, awali dengan memberikan porsi kecil kepada bayi. Memberikan porsi kecil memungkinkan bayi untuk mencicipi rasa dan tekstur baru tanpa memberikan tekanan berlebihan pada sistem pencernaan mereka. Ini juga memberi kesempatan bagi bayi untuk menyesuaikan diri dengan makanan baru dalam jumlah yang terkontrol.

5. Amati Respons Bayi dan Sesuaikan dengan Perlahan

Setelah memberikan ikan teri, amati respons bayi dengan cermat. Perhatikan tanda-tanda alergi atau ketidaknyamanan seperti ruam, gatal, atau perubahan perilaku. Jika bayi menunjukkan reaksi yang baik, Anda dapat perlahan-lahan meningkatkan jumlah ikan teri dalam porsi makanan mereka.

Konsistensi dalam memantau respons bayi akan membantu Anda menyesuaikan pola makan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Ikan Teri sebagai MPASI

Dalam memberikan MPASI kepada bayi usia 6 bulan, keputusan bijaksana dalam memilih bahan baku yang berkualitas tinggi menjadi kunci utama untuk memberikan nutrisi yang optimal. Crystal of the Sea menyadari betapa pentingnya memastikan kualitas dan keamanan setiap makanan yang diberikan kepada bayi Anda.

Untuk itu, Crystal of the Sea menyediakan berbagai produk MPASI 6 bulan yang tidak hanya menyehatkan, tetapi juga lezat dan dapat disukai oleh bayi. Salah satu produk yang cocok digunakan untuk MPASI 6 bulan adalah food powder siap saji yang dapat langsung ditaburkan ke atas MPASI Sang Buah Hati. Tunggu apa lagi? Berikan yang terbaik untuk Sang Buah Hati sekarang!

Sumber rujukan:

  • https://tools.myfooddata.com/nutrition-facts/174182/100g/1
  • https://solidstarts.com/foods/anchovy/
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Dampak Artificial Intelligence (AI) ternyata begitu signifikan bagi bisnis. Di satu sisi, AI memberikan …

Tidak terasa si kecil sudah berusia 6 bulan dan siap memulai MPASI pertamanya. Sebagai …

Memahami jenis makanan yang aman dan sehat untuk bayi merupakan salah satu aspek penting …