12 Manfaat Omega 3 untuk Anak serta Sumber Makanan Terbaiknya

Manfaat Omega 3 untuk Anak

Omega 3 adalah jenis asam lemak yang esensial bagi kesehatan manusia. Zat ini terdiri dari tiga jenis utama: ALA (alfa-linolenat), EPA (eicosapentaenoic acid), dan DHA (docosahexaenoic acid). Ketiganya bekerja sama untuk mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk perkembangan otak, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan jantung, baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak. Jika ingin mulai memberikan asupan omega 3 rutin untuk anak, Anda bisa mulai memahami setiap manfaatnya terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang 12 manfaat omega 3 untuk anak yang harus diketahui sebelum memberikan asupan omega 3 pada anak secara rutin.

Coba Produk Crystal of the Sea Sekarang Juga

Mengenal 12 Manfaat Omega 3 untuk Anak

Omega 3 memiliki sejumlah manfaat penting bagi tumbuh kembang anak. Berikut adalah 12 manfaat utama omega 3 untuk anak:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Omega 3, terutama DHA, merupakan komponen penting dari struktur otak. DHA membantu dalam pembentukan sel-sel otak dan membran sel, yang berperan dalam fungsi kognitif seperti belajar, memori, dan konsentrasi. Anak-anak yang mendapatkan asupan omega 3 yang cukup cenderung memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

2. Menjaga Kesehatan Mata

DHA juga merupakan komponen utama retina mata. Asupan omega 3 yang memadai membantu menjaga kesehatan mata anak, mencegah gangguan penglihatan seperti rabun jauh dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang

Omega 3 membantu penyerapan kalsium dan mineral lain yang penting untuk pertumbuhan tulang. Ini membantu anak memiliki tulang yang kuat dan mencegah risiko osteoporosis di kemudian hari.

Baca juga: Kebutuhan Omega-3 Per Hari yang Harus Dipenuhi

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Omega 3 memiliki sifat anti inflamasi dan meningkatkan respons imun tubuh. Ini membantu anak-anak melawan infeksi dan penyakit, serta mengurangi risiko peradangan kronis.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Omega 3 berperan dalam regulasi siklus tidur dan produksi hormon melatonin. Anak-anak dengan asupan omega 3 yang cukup cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas, yang penting untuk pemulihan tubuh dan perkembangan yang optimal.

6. Meringankan Gejala ADHD

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega 3 dapat membantu mengurangi gejala ADHD pada anak, seperti hiperaktivitas, impulsivitas, dan kurangnya fokus. Ini membuat anak lebih mampu berkonsentrasi dan belajar dengan baik.

7. Mengontrol Gula Darah

Omega 3 dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengatur kadar gula darah anak. Ini penting terutama untuk anak-anak dengan risiko diabetes tipe 2 atau masalah metabolisme lainnya.

8. Meningkatkan Mood dan Kesejahteraan Mental

Omega 3 memiliki efek positif pada mood dan kesejahteraan mental anak. Asupan omega 3 yang cukup dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan gejala stres pada anak, serta meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

9. Memelihara Kesehatan Jantung

Omega 3 membantu menjaga kesehatan jantung anak dengan menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ini penting untuk menjaga kesehatan jantung anak sepanjang hidup mereka.

10. Mengurangi Risiko Asma

Asupan omega 3 yang cukup dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran napas, mengurangi gejala asma, dan mengurangi risiko serangan asma pada anak.

11. Optimalkan Keterampilan Sosio-emosional

Omega 3 memiliki dampak positif pada perkembangan sosio-emosional anak. Anak-anak dengan asupan omega 3 yang cukup cenderung memiliki kemampuan untuk mengatur emosi, berinteraksi secara positif dengan orang lain, dan membangun hubungan sosial yang sehat.

12. Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Bahasa

Omega 3 membantu meningkatkan fungsi kognitif, yang juga berdampak pada kemampuan belajar dan perkembangan bahasa anak. Anak-anak dengan asupan omega 3 yang cukup cenderung lebih baik dalam menyerap dan memproses informasi, serta mengembangkan kemampuan bahasa mereka dengan lebih baik.

Pilihan Sumber Makanan Terbaik yang Mengandung Omega 3

Omega 3 adalah gizi penting yang harus dipenuhi dalam diet sehari-hari anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa sumber makanan terbaik yang mengandung omega 3, termasuk salah satunya ikan teri:

1. Ikan Teri

Ikan ini merupakan sumber omega 3 yang kaya, terutama dalam bentuk DHA dan EPA. Mengonsumsi ikan teri secara teratur dapat memberikan manfaat omega 3 yang besar bagi kesehatan anak. Oleh karena itu, pastikan untuk menyertakan ikan teri dalam menu makanan anak Anda untuk memastikan asupan omega 3 yang cukup.

Baca juga: Manfaat Teri Nasi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak

2. Biji-bijian

Biji rami dan biji chia mengandung ALA, sebuah jenis omega 3 yang dapat diubah menjadi DHA dalam tubuh. Menambahkan biji-bijian ini ke dalam diet anak dapat memberikan tambahan omega 3.

3. Kacang-kacangan

Kacang kenari, kacang kedelai, dan kacang merah adalah sumber ALA lainnya yang baik. Mengonsumsi kacang-kacangan ini juga dapat meningkatkan asupan omega 3 anak.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kangkung juga mengandung omega 3, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah. Menambahkan sayuran ini ke dalam makanan anak dapat membantu meningkatkan asupan omega 3 mereka.

5. Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan mengandung konsentrasi tinggi DHA dan EPA. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan suplemen kepada anak.

Baca juga: Apa Itu Minyak Ikan Omega-3?

Dari uraian mengenai manfaat omega 3 untuk anak di atas, dapat disimpulkan bahwa asupan gizi ini memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Omega 3 tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga memiliki dampak positif pada kognisi, emosi, dan kesejahteraan mental anak. Dengan memberikan asupan omega 3 yang cukup, Anda dapat membantu anak tumbuh menjadi individu yang sehat, cerdas, dan bahagia.

White Anchovy 80 g

Untuk memastikan bahwa anak Anda mendapatkan asupan omega 3 yang cukup, penting untuk memperhatikan menu makanan sehari-hari mereka. Salah satu cara untuk menambah asupan omega 3 adalah dengan menggunakan bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea. Bubuk ikan teri ini merupakan sumber yang kaya akan omega 3, terutama DHA dan EPA, yang sangat baik untuk kesehatan otak dan jantung anak-anak.

Keunggulan dari bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea adalah kemurnian dan kualitasnya yang terjamin. Dibuat dari ikan teri segar yang diproses secara higienis, bubuk ikan teri ini menjaga kandungan gizi alami ikan teri yang tinggi akan omega 3. Dengan menggunakan bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea, Anda dapat dengan mudah menambahkan asupan omega 3 dalam berbagai hidangan favorit anak, seperti bubur, sop, atau sayuran.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba bubuk ikan teri dari Crystal of the Sea dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan Anda dan keluarga!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://telemed.ihc.id/artikel-detail-1111-Manfaat-Omega-3-Untuk-Perkembangan-Otak-Anak.html
  • https://bebeclub.co.id/artikel/nutrisi/1-tahun/manfaat-omega-3-untuk-anak
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Kehadiran Artificial Intelligence (AI) makin dibutuhkan dalam dunia bisnis pada dewasa ini. Apa pun …

Ketika bayi sudah berumur 10 bulan, orang tua harus mengetahui apa saja menu MPASI …

Penerapan HACCP pada makanan merupakan sistem yang digunakan untuk menjamin mutu dan keamanan makanan …