Mari Mengenal Manfaat Ikan Teri untuk Ibu Hamil

Manfaat Ikan Teri untuk Ibu Hamil

Ikan teri seringkali kita temukan di berbagai masakan, khususnya masakan Indonesia. Rasa yang gurih membuat ikan ini menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Ikan teri mengandung banyak vitamin dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan ini pun aman dikonsumsi semua kalangan dari berbagai usia, termasuk ibu hamil. Bahkan, ikan teri dapat memberikan manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang manfaat ikan teri untuk ibu hamil, Anda juga bisa membaca artikel Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Untuk mengetahui apa saja pengaruh  kandungan-kandungan udang terhadap ibu hamil. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Kalkulator Gizi dari Crystal of the Sea untuk mengetahui kandungan gizi dari setiap makanan yang Anda makan.

Coba Gratis Produk Crystal Sea

Di artikel ini, Crystal of the Sea akan membahas seputar berbagai manfaat ikan teri untuk ibu hamil. Mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Bolehkah Ibu Hamil Memakan Ikan Teri?

Ikan teri seringkali kita temukan dalam berbagai masakan. Rasanya yang gurih membuat ikan ini menjadi favorit beberapa masyarakat Indonesia. Ikan teri mengandung banyak vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh. Ikan teri yang sebagian besar hidup di laut sangat aman untuk dikonsumsi secara umum, salah satunya ibu hamil. Hal ini dikarenakan ikan teri tergolong ikan yang rendah merkuri, aman dikonsumsi dan memberikan manfaat kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Baca juga: 12 Pilihan Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Manfaat Ikan Teri untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil cenderung mengalami peningkatan kebutuhan gizi tertentu seperti zat besi, kalsium, hingga asam lemak omega 3. Untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, khususnya asam lemak omega 3,ikan teri dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa manfaat ikan teri bagi kesehatan ibu hamil, yaitu:

1. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Rekomendasi kandungan kalsium yang harus dipenuhi oleh ibu hamil adalah 1.000 miligram per harinya. Zat gizi ini sangat penting untuk pembentukan otot, kesehatan pembuluh darah, dan saraf pada tubuh. Makanan seperti ikan teri yang kaya akan kalsium sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, penyerapan kalsium yang baik juga dapat membantu perkembangan tulang dan gigi pada bayi di dalam kandungan.

2. Melancarkan Perkembangan Otak Janin

Makanan seperti ikan teri, salmon, dan makarel merupakan sumber utama dari asam lemak omega 3, terutama DHA dan EPA (asam eikosapentanoat). Jenis omega 3 ini dinilai sangat penting dan bagus untuk perkembangan otak bayi. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mendapat asupan 200 miligram DHA saat hamil. Ikan teri merupakan sumber asam lemak esensial yang aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Baca juga: 11 Resep Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak

3. Sumber Zat Besi

Ibu hamil membutuhkan asupan zat besi sekitar 50 persen lebih banyak daripada perempuan yang tidak hamil, yaitu 27 miligram per hari. Hal ini dikarenakan volume darah pada ibu hamil cenderung meningkat secara signifikan, sehingga zat besi tambahan diperlukan untuk produksi sel darah merah. Selain itu, ikan teri juga mengandung zat besi heme. Jenis zat besi ini dapat ditemukan pada ikan dan daging. Zat besi heme lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan jenis zat besi lainnya yang ditemukan pada tumbuh-tumbuhan.

4. Menjaga Berat Badan

Ikan teri memiliki kadar kalori yang rendah, tetapi dengan kandungan protein yang tinggi. Oleh karena itu, menambahkan ikan teri pada menu makanan selama kehamilan dapat membantu untuk mengatur kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh dan membuat Anda lebih mudah kenyang. Hal ini juga sangat baik jika Anda ingin menjaga berat badan agar tidak bertambah drastis selama kehamilan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Anda mungkin mengalami beberapa masalah kesehatan kulit seperti jerawat, kulit kering, atau kulit kusam selama masa kehamilan. Mengonsumsi ikan teri dapat menjadi solusinya, karena makanan ini kaya dengan vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Ikan teri juga mengandung cukup banyak antioksidan yang dapat menghentikan kerusakan sel dalam tubuh.

Baca juga: Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil (Mencegah Stunting Bukan Sejak MPASI Namun Sejak Masa Kehamilan)

Amankah Ibu Hamil Mengonsumsi Bubuk Ikan Teri Nasi dari Crystal of the Sea?

White Anchovy Lezat dan Bergizi

Meskipun memiliki gizi yang sangat baik, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli ikan teri. Beberapa produk ikan teri memiliki kandungan sodium atau garam yang lebih tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini tentu dapat membahayakan kesehatan janin.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi ikan teri yang memiliki kadar garam yang lebih rendah, seperti Bubuk Ikan Teri Nasi Non-MSG dari Crystal of the Sea yang bisa ditaburkan ke atas makanan utama pada masa kehamilan. Food powder ini memiliki kandungan Omega-3, DHA, dan kalsium yang mendukung kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janinnya. Dapatkan produknya sekarang juga hanya di Tokopedia atau Shopee!

Produk Crystal Sea

Sumber rujukan:

  • https://m.klikdokter.com/info-sehat/read/3653251/manfaat-ikan-teri-untuk-ibu-hamil
  • https://id.theasianparent.com/teri-untuk-ibu-hamil
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Menyediakan camilan bagi si buah hati memang gampang-gampang susah. Mereka kerap merasa bosan dengan …

Artificial Intelligence (AI) telah merevolusi berbagai industri, termasuk industri makanan. Potensi AI menghadirkan peluang …

Mutu dan keamanan produk pangan terjamin apabila pabriknya menerapkan sistem HACCP secara ketat. Kesehatan …