Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas dengan Benar Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas

Makanan adalah kebutuhan penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Namun, tidak semua makanan dapat dikonsumsi sekaligus dan inilah saatnya kita membutuhkan bantuan kulkas untuk menyimpan makanan agar tetap segar dan tahan lama. Tetapi, apakah Anda tahu cara menyimpan makanan di kulkas dengan benar? Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara menyimpan makanan di kulkas agar tetap segar dan lezat saat dikonsumsi.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas dengan Benar Agar Tahan Lama

Tips Agar makanan tetap segar saat disimpan di kulkas

Menyimpan berbagai jenis makanan di kulkas memiliki tujuan agar makanan tersebut dapat bertahan lama dan dapat dikonsumsi di kemudian hari. Namun, jika disimpan dengan cara yang tidak benar, makanan akan mudah terkontaminasi kuman atau risiko kerusakan makanan lainnya yang menyebabkan keracunan makanan. 

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami cara menyimpan makanan di kulkas dengan baik dan benar, sehingga kualitas makanan terjaga dan terhindar dari penyakit. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama, yaitu:

1. Menyimpan Daging di Tempat Tertutup

Daging adalah salah satu jenis makanan yang harus disimpan di tempat tertutup dalam kulkas. Pastikan Anda menggunakan wadah kedap udara atau bungkus daging dengan plastik cling wrap sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Hal ini akan membantu mencegah bau dan rasa dari daging menyebar ke makanan lainnya serta menjaga kelembapan daging agar tetap terjaga.

Baca juga: 7 Cara Menyimpan Makanan Agar Tetap Sehat dan Tahan Lama

2. Tidak Mencuci Buah Sebelum Disimpan dalam Kulkas

Sebaiknya jangan mencuci buah-buahan sebelum menyimpannya dalam kulkas. Kelembapan yang tinggi dalam kulkas dapat membuat buah menjadi lebih mudah busuk. Jika Anda ingin mencuci buah sebelum dikonsumsi, lebih baik lakukan setelah Anda mengeluarkannya dari kulkas.

3. Melapisi Rak Kulkas dengan Handuk atau Tisu

Untuk mencegah makanan yang bocor atau menetes dari membuat kulkas kotor, Anda dapat melapisi rak kulkas dengan handuk atau tisu. Ini akan membantu menyerap kelembapan dan menjaga kebersihan kulkas Anda. Pastikan untuk mengganti handuk atau tisu secara berkala agar tetap bersih dan efektif.

4. Tidak Menyimpan Tomat di dalam Kulkas

Tomat sebaiknya tidak perlu disimpan di dalam kulkas, kecuali jika sudah matang sepenuhnya. Suhu rendah dalam kulkas dapat merusak tekstur dan rasa tomat, membuatnya menjadi lembek dan kurang enak. Lebih baik simpan tomat di suhu ruangan agar tetap segar dan lezat.

5. Meletakkan Ujung Kecil Telur Menghadap Ke Bawah

Saat menyimpan telur di dalam kulkas, ada trik sederhana yang dapat Anda lakukan agar tetap segar lebih lama. Letakkan telur dengan ujung kecil menghadap ke bawah. Hal ini akan membantu menjaga agar kantong udara di dalam telur tetap berada pada posisi yang tepat dan memperpanjang masa simpan telur.

Baca juga: 6 Cara Menyimpan MPASI yang Benar, Jangan Sampai Salah!

6. Menyimpan Susu dan Produk Sejenisnya dengan Benar

Susu dan produk susu lainnya perlu disimpan dengan benar di dalam kulkas. Pastikan untuk menempatkan produk susu dalam rak yang tepat, biasanya di bagian tengah kulkas yang memiliki suhu yang stabil. Selain itu, tutuplah kembali botol susu dengan rapat setelah digunakan untuk mencegah masuknya udara yang dapat mempercepat kerusakan susu.

7. Membungkus Kacang-kacangan di Plastik

Ilustrasi Almond di Plastik

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, atau kacang mete sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara atau plastik. Ini akan membantu mencegah kacang-kacangan menjadi lembap dan cepat basi. Selain itu, simpan kacang-kacangan di tempat yang sejuk dan kering untuk mempertahankan kesegaran dan rasa yang baik.

8. Menjauhkan Bawang dari Bahan Makanan Lain

Bawang memiliki aroma yang kuat dan dapat menyerap bau dari makanan lainnya. Untuk mencegah bau dan rasa bawang menyebar ke makanan lain di dalam kulkas, sebaiknya simpan bawang dalam wadah terpisah atau bungkus dengan plastik cling wrap sebelum disimpan. Hal ini akan membantu menjaga kesegaran dan kualitas makanan lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Bahan Makanan yang Baik dan Sehat Dikonsumsi?

9. Memotong Tangkai Wortel

Sebelum menyimpan wortel dalam kulkas, pastikan untuk memotong tangkainya. Dengan melakukan ini, Anda dapat mencegah wortel menjadi layu lebih cepat. Simpan wortel dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik agar tetap segar dan lezat saat digunakan.

10. Memasukkan Sisa Makanan di Wadah Kedap Udara

Jika Anda memiliki sisa makanan yang ingin disimpan dalam kulkas, pastikan untuk memasukkannya ke dalam wadah kedap udara. Wadah kedap udara akan membantu mencegah masuknya udara ke dalam makanan, sehingga mempertahankan kesegaran dan kualitasnya lebih lama. Selain itu, jangan lupa untuk menuliskan tanggal simpan pada wadah tersebut agar Anda dapat mengingat kapan sebaiknya makanan tersebut dikonsumsi.

Menyimpan makanan di kulkas dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kesegaran dan kualitas makanan agar tahan lama. Dengan mengikuti panduan-panduan di atas, Anda dapat menyimpan makanan dengan efektif dan meminimalkan pemborosan. Jaga kebersihan kulkas Anda, kelola suhu dengan baik, dan perhatikan cara penyimpanan makanan yang tepat. Dengan demikian, Anda dapat menikmati makanan segar dan lezat setiap kali mengonsumsinya.

Set of 5 Small Jar Crystal of the Sea

Namun, jika Anda sedang membutuhkan makanan sehat praktis yang mudah untuk disimpan dan aman untuk dikonsumsi, Anda bisa menambahkan Food Powder Set of 5 Small Jar (White Anchovy, Brown Anchovy, Shrimp, Seaweed, dan Ikan Gabus) dari Crystal of the Sea ke dalam koleksi makanan sehat.

Selain aman untuk dikonsumsi mulai dari 6 bulan, koleksi food powder satu ini sudah siap saji, dan dapat ditambahkan saat Anda memasak sebagai pelengkap, atau ditaburkan langsung di makanan yang sudah jadi. Produk ini kaya akan zat gizi penting seperti omega-3, mineral, hingga vitamin yang akan meningkatkan nilai gizi makanan Anda tanpa mengorbankan kelezatan.

Tunggu apa lagi? Dapatkan produknya sekarang juga hanya di Tokopedia atau Shopee!

Produk Crystal of the Sea

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/5-cara-menyimpan-makanan-di-kulkas-agar-tahan-lama
  • https://hicookofficial.com/cara-menyimpan-bahan-makanan-di-kulkas/
  • https://indihome.co.id/blog/13-cara-menyimpan-makanan-segar-di-kulkas-agar-tahan-lama
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang kita anggap canggih tentu tidak lepas dari …

Tradisi mudik lebaran memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Oleh karena …

Setiap orang tua harus mengetahui dan memahami ciri-ciri anak stunting agar dapat mencegah atau …