7 Cara Menggoreng Ikan Teri agar Renyah dan Matang Sempurna

cara menggoreng ikan teri agar renyah

Ikan teri merupakan salah satu hidangan laut yang banyak disukai oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya cocok sebagai lauk pendamping atau bahkan sebagai camilan. Namun, tidak semua orang berhasil menggoreng ikan teri dengan hasil yang renyah. Melalui artikel ini, Anda akan diajarkan cara menggoreng ikan teri agar renyah sempurna.

Apa Saja Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Menggoreng Ikan Teri?

Dalam proses menggoreng ikan teri, terdapat beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dan dapat mengakibatkan hasil akhir yang kurang memuaskan. Berikut adalah beberapa kesalahan tersebut:

1. Tidak Membersihkan Ikan Teri Secara Cermat

Salah satu kesalahan umum adalah tidak membersihkan ikan teri dengan cermat sebelum digoreng. Kotoran atau sisa-sisa lain yang masih menempel pada ikan teri dapat mengganggu proses penggorengan dan menyebabkan hasil akhirnya tidak optimal.

Baca juga: 9 Jenis Ikan Teri dari Berbagai Dunia, Yuk Cari Tahu!

2. Penggunaan Minyak yang Kurang Tepat

Penggunaan minyak yang tidak cukup banyak atau tidak cukup panas dapat mengakibatkan ikan teri menjadi lembek dan kurang renyah. Minyak yang cukup banyak dan panas akan memastikan ikan teri terendam sempurna dan matang merata.

3. Kurangnya Perhatian pada Metode Penggorengan yang Dipilih

Setiap metode penggorengan memiliki karakteristiknya sendiri. Salah memilih metode penggorengan dapat membuat ikan teri tidak matang secara merata atau bahkan terlalu berminyak.

4. Terlalu Sering Mengaduk Ikan Teri

Mengaduk ikan teri terlalu sering saat proses penggorengan dapat mengganggu proses pemasakan dan mengakibatkan ikan teri tidak matang merata. Sebaiknya aduk ikan teri sesekali saja untuk memastikan matangnya secara merata.

5. Kurang Memperhatikan Indikator Kematangan

Beberapa indikator kematangan seperti perubahan warna menjadi kecokelatan atau terdengarnya bunyi gemericik saat digoreng sering diabaikan. Padahal, hal-hal tersebut menandakan bahwa ikan teri telah matang sempurna dan siap untuk diangkat dari minyak.

Produk Crystal of the Sea

Tips Cara Menggoreng Ikan Teri agar Renyah

Menggoreng ikan teri agar hasilnya renyah membutuhkan beberapa teknik khusus. Berikut adalah 7 tips cara menggoreng ikan teri agar dapat menghasilkan tekstur yang renyah dan nikmat:

1. Cuci Ikan Teri Secara Bersih

Langkah pertama yang sangat penting adalah membersihkan ikan teri secara menyeluruh sebelum proses penggorengan. Pastikan untuk mencuci ikan teri dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan bau yang tidak diinginkan. Ini akan memastikan ikan teri memiliki rasa yang segar dan bersih.

Baca juga: 7 Cara Menyimpan Ikan Teri Agar Awet dan Tetap Segar

2. Keringkan Ikan Teri dengan Baik

Setelah dicuci, pastikan ikan teri dikeringkan dengan handuk dapur atau tisu hingga benar-benar kering. Kadar air yang berlebih pada ikan teri dapat mengganggu proses penggorengan dan membuatnya kurang renyah.

3. Gunakan Minyak yang Cukup Banyak dan Panaskan dengan Baik

Pastikan untuk menggunakan minyak yang cukup banyak dan dipanaskan dengan baik sebelum menggoreng ikan teri. Minyak yang cukup banyak akan memastikan ikan teri terendam sepenuhnya dan matang secara merata.

4. Pilih Metode Penggorengan yang Tepat

Ada beberapa metode penggorengan yang dapat digunakan, seperti deep frying atau shallow frying. Pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi dan peralatan memasak yang tersedia di dapur Anda.

5. Jangan Terlalu Sering Mengaduk

Hindari mengaduk ikan teri terlalu sering selama proses penggorengan. Aduk ikan teri sesekali saja untuk memastikan matangnya secara merata tanpa merusak tekstur renyahnya.

6. Perhatikan Indikator Kematangan

Perhatikan tanda-tanda kematangan ikan teri seperti perubahan warna menjadi kecokelatan dan terdengarnya bunyi gemericik saat digoreng. Ini menandakan bahwa ikan teri telah matang sempurna dan siap untuk diangkat dari minyak.

7. Tiriskan dengan Baik

Setelah matang, angkat ikan teri dan tiriskan dengan menggunakan saringan atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Pastikan ikan teri benar-benar kering sebelum disajikan agar tetap renyah.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menghasilkan ikan teri goreng yang renyah dan lezat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.

Baca juga: 3 Varian Resep Ikan Teri untuk MPASI Bayi

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menggoreng ikan teri agar menjadi renyah membutuhkan perhatian pada beberapa faktor penting. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membersihkan ikan teri dengan baik dan mengeringkannya secara menyeluruh sebelum proses penggorengan.

Penggunaan minyak yang cukup banyak dan panas, pemilihan metode penggorengan yang tepat, serta menghindari pengadukan terlalu sering juga merupakan hal-hal yang penting untuk diperhatikan.

Selain itu, untuk menyempurnakan sajian ikan teri goreng, Anda dapat menambahkan bubuk teri jengki sebagai bahan pelengkap. Bubuk teri jengki akan menambah cita rasa gurih pada ikan teri goreng, membuatnya lebih lezat dan sehat untuk disantap sebagai camilan maupun lauk.

Bubuk Ikan Teri Jengki

Jika Anda bingung memilih bubuk ikan teri berkualitas untuk hidangan sehari-hari keluarga, tidak perlu khawatir. Pilihan terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah Bubuk Teri Jengki dari Crystal of the Sea. Mengapa demikian?

Sebab, Bubuk Teri Jengki dari Crystal of the Sea diproduksi menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan proses produksi yang higienis. Hal ini memastikan bahwa bubuk ikan teri yang dihasilkan memiliki cita rasa yang khas dan kualitas yang terjamin. Selain itu, Bubuk Teri Jengki juga memiliki tekstur halus dan tinggi gizi, sehingga cocok digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai hidangan.

Dengan memilih Bubuk Teri Jengki dari Crystal of the Sea, Anda dapat memberikan hidangan sentuhan kualitas yang istimewa dan cita rasa yang lezat. Jadi, jangan ragu lagi untuk mencoba produk ini dan buat hidangan makin istimewa.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber referensi:

  • https://www.haibunda.com/moms-life/20200219092009-76-81888/tips-menggoreng-ikan-teri-agar-renyah-dan-matang-sempurna
  • https://sajiansedap.grid.id/read/103621812/cara-menggoreng-ikan-teri-agar-renyah-jangan-lupa-untuk-lakukan-1-trik-ini-saat-menggoreng-ikan?page=all
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Salah kaprah mengenai porsi makan yang cukup banyak membuat bayi cepat besar menimbulkan kekeliruan …

Ingin menghadirkan variasi Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang kaya rasa untuk si kecil? Anda …

Anda telah mengetahui ada banyak dampak yang diakibatkan oleh stunting baik dampak jangka pendek …