Cara Membuat Tekwan Ikan Teri yang Lezat dan Mudah Disajikan

cara membuat tekwan ikan teri

Pencinta kuliner Indonesia pasti tidak asing dengan berbagai hidangan tradisional yang menggugah selera. Salah satu di antaranya adalah tekwan, hidangan khas Palembang yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan cita rasanya yang lezat.

Mungkin Anda pernah menikmati tekwan di restoran khas, tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat menciptakan kelezatan tersebut sendiri di rumah? Mari telusuri bersama-sama cara membuat tekwan ikan teri yang lezat dengan mudah!

Apa Itu Tekwan?

Tekwan adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari kombinasi daging ikan dan tapioka. Tekwan biasanya dibuat dalam bentuk bulatan kecil-kecil, seperti bakso, dan disajikan dalam kuah udang dengan cita rasa khas. Umumnya, tekwan disertai dengan sohun, potongan bengkuang, dan jamur, serta diberi sentuhan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Produk Crystal of the Sea

Asal-usul nama “tekwan” dapat dilacak dari kata “Berkotek Samo Kawan” dalam bahasa Palembang yang bermakna “duduk bersama teman untuk berbincang” atau mungkin berasal dari bahasa Hokkien tâi-oân (台丸), yang secara fonetis mirip dengan kata Taiwan (Hanzi: 台灣; Pe̍h-ōe-jī: Tâi-oân).

Baca juga: 9 Jenis Ikan Teri dari Berbagai Dunia, Yuk Cari Tahu!

Apakah Penggunaan Ikan Teri Sesuai dalam Pembuatan Tekwan?

Tekwan memang biasanya dibuat menggunakan ikan tenggiri. Namun, dengan karakteristik rasa gurihnya yang khas, ikan teri dapat memberikan dimensi rasa yang unik pada tekwan yang Anda buat. Penggunaan ikan teri tidak hanya dapat mendukung kelezatan hidangan, tetapi juga dapat memberikan sentuhan khusus yang mungkin tidak didapatkan dari ikan tenggiri atau bahan lainnya.

Tidak hanya sebagai bahan baku untuk membuat tekwan, Anda juga bisa menggunakan ikan teri sebagai pengganti udang dalam membuat kuah tekwan yang gurih. Selain itu, ikan teri juga dapat memperkaya nilai gizi tekwan dengan memberikan asupan gizi seperti omega-3 dan protein.

Oleh karena itu, penggunaan ikan teri sebagai bahan dalam pembuatan tekwan dapat dianggap sebagai pilihan yang cerdas untuk menciptakan hidangan yang lezat dan bergizi.

Baca juga: 3 Varian Resep Ikan Teri untuk MPASI Bayi

Cara Membuat Tekwan Ikan Teri

Membuat tekwan dengan tambahan ikan teri bukanlah hal yang sulit, dan hasilnya akan memanjakan lidah Anda dengan kelezatan yang unik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menciptakan tekwan ikan teri yang lezat di rumah.

Bahan Tekwan

  • 1 ons Ikan teri
  • 8 sendok makan tepung tapioka
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 2 putih telur
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • Daun bawang (secukupnya)
  • Air panas (secukupnya)

Bahan Kuah dan Pelengkap

Langkah Pembuatan

  1. Cuci bersih ikan teri, lalu rendam dalam air panas agar mudah dihaluskan.
  2. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, daun bawang, dan kaldu ayam dalam wadah. Tambahkan air panas secukupnya.
  3. Uleni semua bahan hingga menyatu, lalu tambahkan putih telur ke dalam campuran tersebut.
  4. Uleni lagi adonan ikan teri yang sudah dihaluskan hingga tidak lengket di tangan dan bisa dibentuk.
  5. Ambil adonan tekwan, bulatkan, dan masukkan ke dalam panci air mendidih. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  6. Masak tekwan hingga mengapung. Jika sudah mengapung, itu menandakan tekwan sudah matang. Tiriskan dalam wadah yang sudah disiapkan.
  7. Rendam bihun jagung dengan air dingin, lalu rebus pokcoy dan wortel yang sudah dipotong panjang.
  8. Untuk bumbu kuah, didihkan air dan panaskan minyak untuk menumis bumbu halus (bawang putih, merica, dan miri). Setelah harum, tuangkan ke dalam panci air yang sudah mendidih. Bumbui dengan Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea dan gula secukupnya. Aduk rata dan masak kembali hingga mendidih.
  9. Sajikan bihun jagung, wortel, pokcoy, dan tekwan dalam mangkuk saji.
  10. Siram dengan kuah yang sudah disiapkan dan beri sambal sesuai dengan selera. Tekwan pun sudah siap disajikan.

Baca juga: 6 Ciri Ciri Ikan Teri yang Segar dan Varian Resepnya

Resep Tekwan Ikan Tenggiri dengan Kuah Teri

Apabila Anda kesulitan untuk menemukan ikan teri untuk dijadikan sebagai bahan dasar tekwan, gunakan saja ikan tenggiri seperti tekwan biasa. Namun, pastikan untuk tetap menggunakan ikan teri sebagai bahan kuahnya dengan Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea.

Bahan Tekwan

Bahan Kuah

Langkah Pembuatan

  1. Aduk ikan tenggiri yang sudah dihaluskan sambil dimasukkan air secara bertahap hingga teksturnya menjadi kental.
  2. Masukkan putih telur, gula, Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea, dan tepung tapioka secara bertahap sambil diaduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.
  3. Didihkan air, kecilkan api kompor, cubit-cubit hingga membentuk bulatan, dan ambil sedikit demi sedikit adonan tekwan. Masukkan ke dalam air yang ada di dalam baskom.
  4. Setelah adonan mengambang, angkat dan tiriskan. Tekwan siap dicampurkan ke dalam kuah atau bisa juga dihasilkan sebagai stok yang dapat dibekukan.
  5. Untuk membuat kuah, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak. Tuangkan tumisan ke dalam air bekas merebus tekwan, tambahkan lada, gula, dan Bubuk Ikan Teri dari Crystal of the Sea secukupnya.
  6. Masukkan tekwan ke dalam kuah dan uji rasa sesuai selera.
  7. Masukkan pelengkap, seperti sohun, bawang goreng, seledri, dan lain sebagainya sesuai selera. Tekwan pun sudah siap disajikan.
Bubuk Ikan Teri Nasi Non-MSG Crystal of the Sea

Bagaimana, mudah sekali kan cara membuat tekwan ikan teri di atas? Agar Anda dapat segera membuatnya, yuk langsung saja beli bubuk teri jengki dari Crystal of the Sea.

Tidak hanya untuk membuat tekwan, bubuk ikan teri kami juga dapat Anda gunakan untuk hidangan lainnya, langsung saja taburkan di atas makanan yang sudah jadi atau campurkan ke dalam resep masakan Anda sebagai pengganti garam atau penyedap rasa.

Selain bubuk ikan teri, kami juga menyediakan banyak produk makanan sehat lainnya, mulai dari Dried Seafood hingga Snack. Tertarik untuk mendapatkannya? Langsung saja klik di sini!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/resep-tekwan-ikan

https://id.wikipedia.org/wiki/Tekwan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Pasti Anda mulai mencari informasi tentang bahan makanan dan menu MPASI yang tepat ketika …

Dalam fase pertumbuhan yang kritis, kebutuhan akan gizi pada balita menjadi hal yang sangat …

Anda sedang pusing karena anak melancarkan aksi Gerakan Tutup Mulut (GTM)? Tidak ada salahnya …