8 Cara Bikin Sambal Jengkol Ikan Teri yang Lezat dan Praktis

cara bikin sambal jengkol ikan teri

Buat orang Indonesia, sambal harus jadi salah satu pelengkap yang tak boleh dilewatkan. Seperti sambal jengkol ikan teri yang menjadi salah satu hidangan khas Indonesia dengan cita rasa pedas dan gurih. Cara bikin sambal jengkol ikan teri pun tidak sulit sehingga banyak masyarakat mengonsumsinya sehari-hari. 

Apa lagi kombinasi antara jengkol yang memiliki tekstur kenyal dan ikan teri yang gurih menciptakan paduan rasa yang memikat lidah. Jika Anda belum pernah membuatnya, dalam artikel ini kita akan membahas secara detail cara bikin sambal jengkol ikan teri yang lezat dan praktis untuk disajikan di rumah.

Apa Saja Gizi Penting yang Ada Pada Menu Sambal Jengkol Ikan Teri?

Sambal jengkol ikan teri merupakan hidangan yang kaya akan gizi penting yang dibutuhkan tubuh. Kombinasi antara jengkol, ikan teri, dan bumbu-bumbu lainnya menciptakan hidangan yang mengandung berbagai zat gizi esensial, termasuk protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Produk Crystal of the Sea

Berikut adalah beberapa gizi penting yang terkandung dalam sambal jengkol ikan teri:

  • Protein: Baik jengkol maupun ikan teri merupakan sumber protein yang baik. Protein diperlukan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta berperan penting dalam proses metabolisme.
  • Asam Lemak Omega-3: Ikan teri mengandung asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic), yang penting untuk kesehatan jantung dan otak.
  • Serat: Jengkol mengandung serat, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah.
  • Vitamin dan Mineral: Sambal jengkol ikan teri juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Antioksidan: Bumbu-bumbu yang digunakan dalam sambal, seperti cabai merah dan bawang putih, mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: 3 Varian Resep Ikan Teri untuk MPASI Bayi

Cara Bikin Sambal Jengkol Ikan Teri yang Lezat dan Praktis

Sambal jengkol ikan teri merupakan hidangan yang lezat dan praktis untuk disajikan di meja makan. Berikut adalah langkah-langkah lengkap dalam membuat hidangan yang menggugah selera ini:

1. Merebus dan Memotong Jengkol

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merebus jengkol hingga empuk. Setelah empuk, potong jengkol sesuai selera untuk memudahkan proses memasak selanjutnya.

2. Mencuci Ikan Teri dengan Air Bersih

Cuci ikan teri dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan garam berlebih yang mungkin masih menempel pada ikan.

3. Menggoreng Ikan Teri dan Sisihkan

Goreng ikan teri hingga kecokelatan dan kering. Setelah digoreng, sisihkan ikan teri untuk digunakan dalam proses selanjutnya.

4. Menggoreng Jengkol yang Telah Direbus

Selanjutnya, goreng jengkol yang telah direbus hingga kecokelatan. Proses penggorengan ini akan memberikan tekstur yang lebih krispi pada jengkol.

Baca juga: 6 Ciri Ciri Ikan Teri yang Segar dan Varian Resepnya

5. Mencuci dan Menghaluskan Cabai, Bawang, serta Tomat

Cuci bersih cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Kemudian haluskan bumbu-bumbu tersebut menggunakan blender atau alat penggiling lainnya.

6. Menumis Bumbu Bersama Penyedap

Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan penyedap rasa seperti garam dan gula sesuai dengan selera.

7. Memasukkan Ikan Teri dan Jengkol Ke Dalam Tumisan Sambal

Setelah bumbu matang, masukkan ikan teri dan jengkol yang telah digoreng ke dalam tumisan sambal. Aduk rata agar bumbu meresap sempurna ke dalam ikan teri dan jengkol.

8. Menyajikan Sambal Jengkol Ikan Teri

Sambal jengkol ikan teri siap disajikan. Nikmati hidangan lezat ini sebagai lauk pendamping nasi hangat atau sebagai camilan yang menggugah selera.

Baca juga: 5 Perbedaan Ikan Teri Nasi dan Ikan Bilis yang Sering Dianggap Sama

Hidangan yang Cocok Ditemani Sambal Jengkol Ikan Teri

Sambal jengkol ikan teri merupakan hidangan yang khas dan lezat, yang cocok disandingkan dengan berbagai hidangan utama. Berikut beberapa hidangan utama yang sangat cocok untuk dinikmati bersama sambal jengkol ikan teri:

  • Nasi Putih: Kombinasi sederhana antara nasi putih hangat dengan sambal jengkol ikan teri dapat menjadi hidangan yang memuaskan dan menggugah selera. Rasa gurih dan pedas dari sambal akan menambah cita rasa nasi yang sederhana menjadi lebih istimewa.
  • Ayam Goreng: Potongan ayam goreng yang renyah dengan sambal jengkol ikan teri adalah paduan yang sempurna. Kombinasi tekstur dan rasa dari ayam goreng yang gurih dan sambal yang pedas akan membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan.
  • Ikan Bakar: Hidangan ikan bakar segar dipadu dengan sambal jengkol ikan teri akan menciptakan sensasi rasa yang luar biasa. Aroma harum dari ikan bakar bersatu dengan rasa gurih dan pedas dari sambal akan memberikan pengalaman makan yang tak terlupakan.
  • Sayur Tumis: Sayuran tumis yang segar, seperti kangkung atau bayam, juga sangat cocok untuk dinikmati bersama sambal jengkol ikan teri. Paduan antara rasa gurih dan pedas dari sambal dengan kelezatan sayuran tumis akan menciptakan hidangan sehat dan lezat.

Dengan mengombinasikan sambal jengkol ikan teri dengan hidangan utama favorit Anda, Anda akan menemukan pengalaman makan yang memuaskan dan menggugah selera. Rasakan sensasi cita rasa yang unik dan nikmati kelezatan hidangan ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Baca juga: 9 Jenis Ikan Teri dari Berbagai Dunia, Yuk Cari Tahu!

Dalam pembuatan sambal jengkol ikan teri yang lezat dan praktis, terdapat langkah-langkah yang sederhana namun menghasilkan hidangan yang menggugah selera. Dengan merebus dan memotong jengkol, mencuci ikan teri, menggoreng kedua bahan tersebut, hingga memasak bumbu sambal dengan tepat, kita dapat menciptakan hidangan yang lezat dan memikat.

Bubuk Ikan Teri Jengki

Selain itu, dengan menambahkan bubuk teri jengki ke dalam resep ini, kita bisa meningkatkan rasa dan kesehatan hidangan kita, baik sebagai camilan maupun lauk pendamping. Dengan begitu, sajian ini tidak hanya enak tetapi juga lebih bergizi.

Jika Anda merasa kesulitan dalam memilih bubuk ikan teri berkualitas untuk hidangan sehari-hari keluarga, tidak perlu khawatir lagi. Pilihan terbaik adalah Bubuk Teri Jengki dari Crystal of the Sea

Produk ini tidak hanya terjamin kualitasnya, tetapi juga memberikan cita rasa yang autentik dan lezat pada masakan Anda. Dengan menggunakan Bubuk Teri Jengki, Anda dapat meningkatkan kualitas hidangan Anda dan membuat masakan Anda lebih istimewa.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Sumber referensi:

  • https://cookpad.com/id/resep/6194957-sambal-jengkol-teri-enak
  • https://cookpad.com/id/resep/13373781-sambal-jengkol-teri
  • https://endeus.tv/resep/sambal-jengkol-teri-pedas-bikin-nambah-nasi
  • https://www.yummy.co.id/resep/sambal-teri-jengkol-1
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Kehadiran Artificial Intelligence (AI) makin dibutuhkan dalam dunia bisnis pada dewasa ini. Apa pun …

Sebagai konsumen yang peduli dengan kesehatan, Anda pasti menginginkan makanan yang aman untuk dikonsumsi. …

Anda sedang pusing karena anak melancarkan aksi Gerakan Tutup Mulut (GTM)? Tidak ada salahnya …