10 Cara Mengatasi Alergi pada Anak dan Obat Alami untuk Meredakannya

Cara Mengatasi Alergi pada Anak

Mengatasi alergi pada anak bisa menjadi tantangan besar bagi setiap orang tua. Bayangkan, Anda harus selalu waspada terhadap makanan, debu, atau bahkan udara yang bisa memicu reaksi alergi pada si Kecil. Kondisi ini tidak hanya membuat anak merasa tidak nyaman, tetapi juga mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada berbagai cara mengatasi alergi pada anak yang dapat diterapkan secara efektif untuk meredakan gejala dan menjaga kesehatan anak.

Coba Gratis Produk Crystal of the Sea

Apa itu Alergi pada Anak?

Alergi pada anak adalah respons berlebihan dari sistem imun terhadap zat tertentu yang disebut alergen. Pada anak yang memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh mereka mengidentifikasi alergen sebagai ancaman, meskipun sebenarnya zat tersebut tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Ketika tubuh anak terpapar alergen, sistem kekebalan tubuh melepaskan histamin dan zat kimia lainnya yang menyebabkan gejala alergi.

Gejala Umum Alergi pada Anak

Gejala alergi pada anak bisa bervariasi tergantung pada jenis alergennya dan bagian tubuh yang terpengaruh. Berikut adalah beberapa gejala umum yang sering terjadi pada anak yang mengalami alergi:

  • Hidung Meler atau Tersumbat: Anak mungkin sering mengalami hidung meler, tersumbat, atau gatal.
  • Bersin-Bersin: Bersin berulang kali terutama saat pagi hari atau setelah terkena alergen tertentu.
  • Mata Berair dan Gatal: Mata anak bisa merah, gatal, dan berair.
  • Ruam Kulit atau Gatal-Gatal: Kulit anak bisa mengalami ruam, kemerahan, atau terasa gatal.
  • Batuk atau Sesak Napas: Beberapa anak mungkin mengalami batuk, sesak napas, atau mengi.
  • Gangguan Pencernaan: Alergi makanan sering kali menyebabkan gejala pencernaan seperti diare, keram perut, atau muntah.

Faktor-Faktor Pemicu Alergi pada Anak

Berbagai faktor dapat memicu alergi pada anak, dan mengetahui faktor-faktor ini dapat membantu Anda menghindari atau mengurangi paparan terhadap alergen. Berikut beberapa pemicu alergi yang umum pada anak:

  • Makanan: Makanan tertentu seperti susu, telur, kacang-kacangan, ikan, kerang, gandum, dan kedelai seringkali menjadi pemicu alergi.
  • Debu dan Tungau: Tungau debu rumah sering kali ditemukan di tempat tidur, karpet, dan perabot berlapis kain, yang dapat memicu gejala alergi.
  • Serbuk Sari: Alergi serbuk sari sering terjadi saat musim semi dan musim panas ketika banyak tanaman berbunga.
  • Bulu Binatang: Bulu, air liur, dan urine dari hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa memicu alergi.
  • Obat-Obatan: Beberapa obat seperti antibiotik dan aspirin bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa anak.
  • Jamur: Kondisi jamur yang tumbuh di tempat lembap seperti kamar mandi dan dapur bisa menjadi alergen.

10 Cara Mengatasi Alergi pada Anak

Mengatasi alergi pada anak memerlukan pendekatan yang komprehensif untuk memastikan gejalanya dapat dikendalikan dengan baik dan anak tetap dapat menjalani aktivitas sehari-harinya tanpa gangguan. Berikut adalah 10 cara yang efektif untuk mengatasi alergi pada anak:

1. Menghindari Paparan Alergen

Langkah pertama dan paling penting dalam mengatasi alergi pada anak adalah menghindari paparan alergen yang diketahui. Ini dapat dilakukan dengan:

  • Mengidentifikasi Alergen: Melakukan tes alergi untuk mengetahui zat apa saja yang memicu reaksi alergi pada anak.
  • Menjaga Kebersihan Rumah: Membersihkan rumah secara rutin untuk mengurangi debu, tungau, dan bulu hewan peliharaan.
  • Menghindari Makanan Pemicu Alergi: Jika anak memiliki alergi makanan, pastikan untuk membaca label makanan dengan cermat dan menghindari bahan makanan yang memicu alergi.

2. Menggunakan Obat Antihistamin

Antihistamin adalah obat yang digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala alergi dengan menghalangi efek histamin dalam tubuh. Antihistamin dapat membantu mengatasi gejala seperti bersin, hidung meler, dan mata gatal. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, sirup, atau semprotan hidung dan bisa didapatkan dengan resep dokter atau dijual bebas.

3. Menggunakan Obat Dekongestan

Dekongestan adalah obat yang membantu meredakan hidung tersumbat akibat alergi. Dekongestan bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah di lapisan hidung, sehingga mengurangi pembengkakan dan membuat pernapasan lebih mudah. Dekongestan dapat ditemukan dalam bentuk tablet, cairan, atau semprotan hidung.

4. Menggunakan Obat Steroid

Obat steroid, seperti kortikosteroid, digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Steroid dapat diberikan dalam bentuk semprotan hidung, inhaler, atau krim untuk mengatasi gejala alergi pada kulit, hidung, dan paru-paru. Penggunaan obat steroid harus sesuai dengan petunjuk dokter untuk menghindari efek samping.

5. Terapi Imunologi

Terapi imunologi, atau imunoterapi, adalah metode pengobatan jangka panjang yang bertujuan untuk mengurangi sensitivitas tubuh terhadap alergen. Ini dilakukan dengan memberikan suntikan alergen dalam dosis yang meningkat secara bertahap. Terapi ini dapat membantu anak menjadi lebih tahan terhadap alergen seiring waktu dan mengurangi gejala alergi.

6. Menggunakan Obat Alergi Lainnya

Selain antihistamin dan dekongestan, ada beberapa jenis obat lain yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala alergi pada anak, seperti:

  • Leukotriene Inhibitors: Obat ini membantu menghambat aksi leukotrien, zat kimia yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan.
  • Mast Cell Stabilizers: Obat ini membantu mencegah pelepasan histamin dan zat kimia lainnya dari sel mast yang memicu reaksi alergi.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas gejala alergi. Beberapa cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak termasuk:

  • Memberikan Makanan Bergizi: Pastikan anak mendapatkan asupan gizi yang seimbang, termasuk vitamin C dan D, yang penting untuk kesehatan imun.
  • Mengajak Anak Berolahraga: Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Ciri-Ciri Kekurangan Gizi yang Wajib Anda Ketahui

8. Menggunakan Metode Pengobatan Alternatif

Beberapa metode pengobatan alternatif dapat membantu meredakan gejala alergi pada anak, seperti:

  • Akupunktur: Metode ini dapat membantu mengurangi gejala alergi dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh.
  • Herbal: Beberapa herbal, seperti kunyit dan jahe, memiliki sifat antiradang dan dapat membantu meredakan gejala alergi.

9. Menggunakan Masker saat Berada di Lingkungan yang Berpotensi Alergen

Menggunakan masker dapat membantu melindungi anak dari paparan alergen di lingkungan, seperti serbuk sari, debu, dan bulu binatang. Masker bisa sangat berguna saat anak berada di luar rumah atau di tempat yang banyak mengandung alergen.

10. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat penting untuk mengurangi paparan alergen. Beberapa langkah yang bisa diambil meliputi:

  • Mandi dan Berganti Pakaian Setelah Beraktivitas di Luar: Ini dapat membantu menghilangkan alergen yang menempel di kulit dan pakaian.
  • Mencuci Tangan Secara Rutin: Kebiasaan mencuci tangan dapat membantu menghindari penyebaran alergen.
  • Membersihkan Rumah Secara Teratur: Melakukan pembersihan secara rutin, terutama di area tidur dan bermain anak, untuk mengurangi alergen di lingkungan rumah.

Obat Alergi Alami untuk Meredakan Gejala Alergi pada Anak

Selain menggunakan obat-obatan medis, ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan gejala alergi pada anak. Obat alami ini umumnya memiliki efek samping yang lebih sedikit dan dapat digunakan sebagai tambahan dalam penanganan alergi. 

Berikut adalah beberapa obat alergi alami yang bisa Anda coba:

1. Madu

Madu telah lama dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk meredakan gejala alergi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat membantu mengatasi kondisi yang dipicu oleh alergi seperti rhinitis alergi, asma, dan dermatitis. Madu mengandung sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antialergi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan reaksi alergi.

Cara penggunaan:

  • Berikan satu sendok teh madu murni setiap hari kepada anak.
  • Untuk mengatasi ruam atau iritasi kulit akibat alergi, Anda dapat mengoleskan madu langsung pada area yang terkena.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan gejala alergi pada kulit seperti ruam, gatal, dan kemerahan. Gel lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara penggunaan:

  • Ambil gel lidah buaya segar dan oleskan langsung pada area kulit yang terkena alergi.
  • Ulangi setidaknya dua kali sehari hingga keluhan mereda.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi sebagai antihistamin alami. Konsumsi yoghurt dapat membantu meredakan gejala rhinitis alergi seperti gatal-gatal, hidung meler, dan bersin.

Cara penggunaan:

  • Berikan yoghurt kepada anak sebagai camilan atau bagian dari makanan utama.
  • Pastikan memilih yoghurt yang mengandung probiotik aktif untuk mendapatkan manfaat maksimal.

4. Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gatal dan iritasi pada kulit akibat alergi. Oatmeal juga dapat membantu melembapkan kulit yang kering dan meradang.

Cara penggunaan:

  • Haluskan oatmeal tanpa rasa dan campurkan ke dalam air hangat. Biarkan anak berendam dalam campuran ini selama 15-20 menit. Pastikan air tidak terlalu panas.
  • Buat pasta dari oatmeal yang telah dihaluskan dan sedikit air, lalu oleskan pada area kulit yang terkena.

Baca juga: Rekomendasi Camilan Sehat Untuk Anak Disertai Contoh Resep

5. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga gejala alergi dapat berkurang.

Cara penggunaan:

  • Masukkan brokoli dalam menu makanan anak secara teratur.
  • Brokoli dapat dikukus, direbus, atau dimasak bersama sayuran lain.

6. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk meredakan gejala alergi. Konsumsi stroberi dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara penggunaan:

  • Stroberi dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan seperti jus, salad buah, atau campuran dalam yoghurt.
  • Pastikan untuk mencuci stroberi dengan bersih sebelum diberikan kepada anak.

Alergi pada anak merupakan masalah yang cukup umum dan dapat memengaruhi kualitas hidup mereka. Gejala alergi dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan pengelolaan yang tepat sangat penting untuk mencegah gangguan dalam aktivitas sehari-hari anak. Dengan memahami gejala, faktor pemicu, dan cara mengatasi alergi, Anda dapat membantu anak menghadapi kondisi ini dengan lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak mungkin bereaksi berbeda terhadap berbagai jenis pengobatan alergi. Konsultasikan dengan dokter anak atau ahli alergi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rencana pengelolaan yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Gabus Powder 20g

Gejala alergi pada anak juga bisa dikurangi dengan menguatkan daya tahan tubuhnya. Salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah ikan gabus, yang baik untuk memelihara sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki gizi buruk. Anda kini tidak perlu susah-susah untuk mendapatkan kandungan gizi baik dari ikan ini, sebab Crystal of the Sea menyediakan bubuk ikan gabus praktis untuk digunakan atau ditaburkan pada hidangan utama. 

Produk ini mengandung ikan gabus premium asli tanpa tambahan bahan pengawet, pewarna, gula, atau garam. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi serta zat albumin yang terdapat dalam ikan gabus memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan sistem kekebalan. Jadi, Anda bisa memilih produk ini sebagai salah satu alternatif terbaik untuk memastikan kesehatan anak dapat terjaga dengan lebih baik.

Tertarik untuk mencobanya? Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan!

Coba Produk Crystal of the Sea Sekarang Juga

Sumber referensi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/anak-alami-alergi-atasi-dengan-5-cara-ini
  • https://www.alodokter.com/kenali-gejala-alergi-pada-anak-berikut-ini
  • https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/pengobatan-alami-untuk-anak-alergi
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/orang-tua-wajib-tahu-jenis-alergi-pada-anak-dan-cara-mencegahnya
  • https://www.alodokter.com/10-obat-alergi-alami-untuk-meredakan-gejalanya
crystal sea indonesia

crystal sea indonesia

Crystal of the Sea hadir mempersembahkan yang terbaik dari alam untuk Anda, kami berkomitmen sepenuh hati untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang sehat dan lezat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

FOLLOW US

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi umum yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung …

Selama masa menyusui, kesehatan ibu sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bayi dan kesehatan dirinya …

Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat MPASI yang sehat dan bergizi …